Comscore Tracker

Kelezatannya Mendunia, 5 Jenis Roti Jerman Ini Bikin Laper Berat!

#MasakItuGampang Jerman punya jenis roti terbanyak lho!

Roti adalah makanan yang kaya akan karbohidrat sebagai pengganti nasi terbuat dari tepung terigu dan air. Beberapa bahan lainnya yang ditambahkan untuk membuat roti adalah mentega, telur, susu, garam, minyak, dan sebagainya. Sehingga, roti memiliki rasa yang khas dan enak dengan beberapa bahan tersebut.

Di Jerman sendiri seperti dilansir dalam German Food Guide, roti lebih dari sekedar makanan melainkan telah menjadi bagian budaya Bangsa Jerman. Terdapat beragam jenis roti di Jerman yaitu lebih dari 300 jenis roti putih dan hitam sementara itu untuk roti mini dan rolls lebih dari 1200 jenis. Berikut ini adalah 5 jenis roti di Jerman yang sebenarnya sudah mendunia.

1. Pretzel

Kelezatannya Mendunia, 5 Jenis Roti Jerman Ini Bikin Laper Berat!theoriginaldish.com

Siapa yang menyangka Pretzel sebenarnya tercipta dari kesalahan seorang baker Jerman? Ketika baker tersebut ingin membuat pretzel mans dengan gula namun justru menambahkan sodium hidroksida di atasnya. Lalu, ia tetap membuat pretzel dengan menaruhnya di dalam oven namun ternyata hasilnya mengejutkan karena justru muncul roti dengan crust kecoklatan, tengah yang lembut, dan rasa lezat.

2. Pumpernickel

Kelezatannya Mendunia, 5 Jenis Roti Jerman Ini Bikin Laper Berat!breadman.co.nz

Roti tradisional ini terbuat dari gandum dengan campuran tepung gandum hitam halus dan kasar. Resep asli Jerman menunjukkan cara membuatnya dari tepung gandum yang direbus selama beberapa jam untuk melembutkan.

Setelah itu, adonan dituangkan dalam cetakan roti berbentuk persegi yang dikukus dengan suhu 395 derajat fahrenheit lalu dipanggang kembali. Sehingga, memberikan rasa manis yang ringan dari roti tanpa berlebihan.

3. Bread Rolls

Kelezatannya Mendunia, 5 Jenis Roti Jerman Ini Bikin Laper Berat!viajejet.com

Untuk roti ini terbuat dari gandum ringan yang disajikan polos atau dihiasi dengan biji wijen, biji bunga matahari, atau poppy. Sementara itu, untuk ukuran yang ada biasanya cenderung kecil sehingga dapat langsung dimakan atau dipotong-potong. Bread Rolls biasanya disajikan dengan mentega atau dibuat sandwich.

4. Milk Roll

Kelezatannya Mendunia, 5 Jenis Roti Jerman Ini Bikin Laper Berat!emmi-kaltbach.com

Untuk kamu yang suka dengan roti manis, maka Milk Roll atau Milchbrötchen cocok untuk jadi santapanmu. Milk Roll terbuat dari adonan putih halus yang diberikan sedikit susu dan kismis atau bahkan keping cokelat di dalamnya. Sementara itu, di Jerman sendiri roti ini lebih digemari oleh anak-anak dibandingkan orang dewasa.

5. Berliner atau donat tanpa lubang

Kelezatannya Mendunia, 5 Jenis Roti Jerman Ini Bikin Laper Berat!huffingtonpost.com

Terdapat cerita di balik roti donat ini yaitu ditemukan sekitar abad ke-18 oleh baker dari Berlin yang bekerja di tempat militer. Berliner biasanya dinikmati di festival tahun baru maupun karnaval yang diberikan taburan gula dan diisi dengan selai. Donat tanpa lubang ini sudah banyak ditemukan di berbagai belahan dunia khususnya Indonesia, bukan?

Mana roti yang paling bikin kamu ngiler?

Prila Sherly Photo Verified Writer Prila Sherly

@prilasher

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya