Comscore Tracker

9 Sambal Khas Indonesia yang Gak Pernah Tergantikan sama Apapun

Cemen kalau kamu belum pernah cobain semuanya!

Makanan Indonesia itu sangatlah beragam. Enggak akan ada habisnya deh kamu untuk mencoba makanan nusantara. Orang luar negeri aja takjub lho sama keanekaragaman makanan yang kita punya. Tetapi, meskipun makanan kita berbeda-beda, tapi pelengkapnya tetaplah satu. Apa itu? Itu adalah sambal, saudara-saudara. Sambal yang kita punya juga enggak hanya satu macam saja, lho. Ada beragam jenis sambal di Indonesia. Nih 9 diantaranya. Sudah cobain semua?

1. Sambal terasi

9 Sambal Khas Indonesia yang Gak Pernah Tergantikan sama Apapuntrevorhotel.com

Siapa yang belum pernah cobain sambal ini? Rasanya nagih abis, deh. Dicocol pakai tahu atau tempe hangat pasti menjadi sebuah kenikmatan tiada tara. belum lagi aroma dan rasa terasi yang menggugah selera makanmu. Nikmat banget! 

2. Sambal bawang

9 Sambal Khas Indonesia yang Gak Pernah Tergantikan sama Apapunresepmasakanalternatif.blogspot.co.idl

Sambal favorit banyak orang, nih. Biasanya dijadikan teman makan ayam geprek di cafe kekinian. Isinya cabai rawit merah, bawang merah dan bawang putih. Aromanya nendang, rasanya nagih! Sudah coba belum?

3. Sambal cabe ijo

9 Sambal Khas Indonesia yang Gak Pernah Tergantikan sama Apapunresepkakak.com

Disebut sambal hijau karena selain warnanya hijau, sambal ini juga memakai cabai hijau di dalamnya! No cabe merah, only cabe hijau plus sedikit irisan bawang untuk penyedap. Rasanya? Duh. bayangin aja pedasnya cabai yang warnanya masih hijau. Numero Uno!

4. Sambal mangga/sambal pencit

9 Sambal Khas Indonesia yang Gak Pernah Tergantikan sama Apapunvebma.com

Paling cocok dijadikan teman makan ayam goreng, nih. Kamu bisa merasakan perpaduan pedas, kecut dan sedikit asam dari pencit atau mangga mudanya. Nagih deh pokoknya sambal ini. Bentuknya beda dari sambal yang lain.

5. Sambal Matah

9 Sambal Khas Indonesia yang Gak Pernah Tergantikan sama Apapunindoindians.com

Sambal khas bali yang akhir-akhir ini ngetren jadi sambal kekinian di beberapa cafe. Biasanya disandingkan dengan ayam geprek, nih. Ada yang pernah cobain? Rasanya segar dan nikmat. Perpaduan yang sempurna deh buat kenikmatan saat menyantap makanan.

6. Sambal dabu-dabu

9 Sambal Khas Indonesia yang Gak Pernah Tergantikan sama Apapunberitahati.com

Kali ini ada sambal khas Manado. Yup, sambal dabu-dabu ini punya ciri khas, yaitu ada irisan tomat, bawang merah dan cabai rawit. Biasanya sambal ini dijadikan pelengkap makanan laut alias seafood. Aromanya pun segar dan wangi karena biasanya ditambahkan kemangi. Mau coba?

7. Sambal kecap

9 Sambal Khas Indonesia yang Gak Pernah Tergantikan sama Apapunterserahajjah.wordpress.com

Cara bikinnya so gampang banget. Kamu cuma tinggal menambahkan potongan cabai dan bawang ke dalam kecap. Atur deh tingkat kepedasan sesukamu. Kalau malas repot, sekarang kan sudah ada sambal kecap yang tinggal tuang, jadi deh! Rasanya? Perpaduan manis dan pedas. Enak sekali buat dicocol ke gorengan. 

8. Sambal pete

9 Sambal Khas Indonesia yang Gak Pernah Tergantikan sama Apapunkhimyan.com

Kamu suka pete? Kamu juga suka sambal? Ah pas sekali kalau begitu. Kamu wajib cobain sambal pete ini! Enggak usah khawatir bau, deh. Urusan bau nanti aja. Yang penting rasakan kenikmatan perpaduan 'maut' ini. Yummy!

9. Sambal bajak

9 Sambal Khas Indonesia yang Gak Pernah Tergantikan sama Apapunyoutube.com

Hampir sama kayak sambal terasi, ya? Tapi ada bedanya, lho. Bedanya adalah kalau sambal bajak terdapat lengkuas, serai, daun salam dan ditumis deh semuanya. Tambahin jeruk nipis makin mantap rasanya. Perpaduan rasa pedas dan segar jadi satu!

Sudah cobain semua belum? Kalau belum, ah cemen kamu.

Putri Aisya Pahlawani Photo Verified Writer Putri Aisya Pahlawani

20% princess, 80% ordinary human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya