Comscore Tracker

Nikmat dan Wangi, Ini 6 Jenis Teh Asal Indonesia yang Mendunia

#MasakItuGampang Teh Indonesia memang gak ada tandingannya!

Siapa yang tidak suka dengan teh? Indonesia dikenal dengan sumber daya alamnya yang melimpah salah satunya adalah daun teh ini. Siapa sangka Indonesia merupakan negara penghasil teh terbesar ke-7 di dunia.

Pusat perkebunan teh di Indonesia beragam, ada yang di jawa barat, Sumatera, dan Jawa tengah. Target pasarnya pun berbeda seperti pedagang lokal dan bahkan lebih dari setengah hasil produksi Indonesia sudah di ekspor ke luar negeri seperti di Rusia dan Pakistan.

Mau tahu teh apa saja yang sudah mendunia? Simak di bawah ini ya.

1. Teh melati

Nikmat dan Wangi, Ini 6 Jenis Teh Asal Indonesia yang MenduniaPexels/rawpixel.com

Siapa yang tidak suka teh melati? Aromanya yang nikmat dan menyegarkan ini merupakan salah satu teh yang disukai penduduk Indonesia. Perlu diketahui, sebenarnya teh ini berasal dari China lho. Selain nikmat teh melati ini dipercaya mampu mengurangi stress, dan menenangkan pikiran.

2. Teh hitam

Nikmat dan Wangi, Ini 6 Jenis Teh Asal Indonesia yang MenduniaPexels/freestocks.org

Teh hitam atau yang biasa disebut teh merah adalah teh dengan warna gelap kemerahan yang banyak sekali di produksi di Indonesia. Untuk menghasilkan teh hitam ini, daun teh dibiarkan menjadi kecokelatan melalui proses oksidasi yang akan menciptakan warna dan rasa yang khas. Tingkat kafein dalam teh hitam ini cukup tinggi juga lho.

3. Teh kayu aro

Nikmat dan Wangi, Ini 6 Jenis Teh Asal Indonesia yang MenduniaPexels/Nihat

Siapa yang pernah mendengar teh kayu aro ini? Teh kayu aro ini merupakan salah satu teh hitam yang diproduksi di Perkebunan Kayu Aro, Jambi. Dahulu teh ini merupakan teh favorit bangsa Eropa. Penggemar teh ini salah satunya adalah Ratu Beatrix dari Belanda dan Ratu Elizabeth dari Inggris. Hebat ya!

4. Teh putih

Nikmat dan Wangi, Ini 6 Jenis Teh Asal Indonesia yang MenduniaPexels/Breakingpic

Buat kalian yang belum mengetahui tentang teh putih, teh putih merupakan salah satu produksi teh Indonesia yang ringan dan tidak terlalu banyak dalam segi pemrosesan. Teh ini dipanen sebelum daun tanaman teh terbuka penuh, jadi tunasnya masih ditutupi rambut-rambut halus sehingga teh ini dinamakan teh putih.

Dari segi warna teh putih cenderung lebih tidak bewarna daripada teh-teh yang lainnya. Di pasaran, teh putih disebut juga teh termahal di Indonesia karena jumlah produksi yang terbatas, khasiat kesehatannya yang baik, serta kandungan kafeinnya yang sedikit.

5. Teh Oolong

Nikmat dan Wangi, Ini 6 Jenis Teh Asal Indonesia yang MenduniaPixabay/Daria-Yakovleva

Teh Oolong mungkin tidak asing lagi di telinga kalian apalagi kalau kalian termasuk salah satu pecinta teh. Sebenarnya apa sih teh oolong itu? Teh oolog adalah the hijau yang mengalami proses oksidasi, tetapi belum menjadi berubah menjadi teh hitam. Bagi kalian yang belum pernah mencicipi teh oolong pada saat kalian meminum teh oolong mungkin akan terasa pahit

6. Teh hijau

Nikmat dan Wangi, Ini 6 Jenis Teh Asal Indonesia yang MenduniaPixabay/dungthuyvunguyen

Teh hijau atau yang sering dikenal green tea, mungkin sudah tidak asing di telinga. Sama seperti teh pada umumnya teh hijau juga dipetik dari tanaman teh dan mengalami proses pemanasan. Teh ini lumayan lebih mahal dibandingkan dengan teh hitam, karena antioksidannya yang cukup tinggi dan bahkan teh ini cocok banget untuk wanita yang sedang dalam proses diet.

Banyak sekali bukan jenis teh Indonesia yang mendunia. Tidak hanya aromanya dari segi kenikamatan Indonesia juga nggak kalah. Kalau menurutmu teh mana nih yang menjadi favoritmu?

Putri Kartikasari Photo Verified Writer Putri Kartikasari

Penulis pemula yang long life learning :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya