Comscore Tracker

7 Cara Kurangi Bau Amis pada Daging Kambing, Nafsu Makan Meningkat Deh

Musuh utama saat masak kambing nih

Selain alot atau keras, bau anyir alias prengus jadi tantangan besar saat mengolah daging kambing. Kalau gak diatasi dengan tepat, bisa-bisa aroma tersebut tetap mendominasi begitu dimakan. Duh, jangan sampai deh, karena bisa mengurangi selera makan!

Tujuh cara ampuh di bawah ini bisa kamu pilih atau kombinasikan untuk mengurangi bau gak sedap dari daging kambing, sebelum mengolahnya. Selain praktis, bahan-bahannya pun gampang didapat.

1. Buang lemaknya

7 Cara Kurangi Bau Amis pada Daging Kambing, Nafsu Makan Meningkat Dehseriouseats.com

Lapisan lemak yang menempel pada serat daging ternyata jadi penyumbang terbesar aroma pada daging, baik ayam, sapi, maupun kambing. Sebagian orang mungkin ada yang suka daging berlemak, apalagi untuk makanan yang dipanggang atau dibakar. Tapi buat yang anti sama bau amis daging kambing, lemaknya bisa jadi bencana besar.

Karena itu, sisihkan lemak daging sebelum mengolahnya. Tipsnya, simpan daging terlebih dahulu dalam kulkas, karena lemak lebih mudah diiris dalam keadaan beku.

2. Rendam dalam susu

7 Cara Kurangi Bau Amis pada Daging Kambing, Nafsu Makan Meningkat Dehlittlethings.com

Potong daging berukuran kecil, lalu rendam dalam susu full cream cair dan simpan dalam kulkas selama beberapa jam. Cara ini biasanya ampuh untuk mengurangi aroma tak sedap daging kambing. Selain itu, susu juga bisa membuat teksturnya menjadi lebih lembut.

3. Bungkus dengan daun pepaya

7 Cara Kurangi Bau Amis pada Daging Kambing, Nafsu Makan Meningkat Dehcaraagar.com

Di Indonesia, trik ini sudah bukan hal baru. Membungkus potongan daging dalam lembaran daun pepaya jadi cara tradisional yang ampuh mengurangi amis pada daging. Enzim yang berada dalam daun pepaya juga akan melembutkan teksturnya. Gak cuma daun pepaya, daun jati dan jambu juga punya efek serupa lho.

Baca Juga: 8 Hidangan dengan Bahan Dasar Daging Mentah, Berani Coba?

4. Baluri perasan air jeruk lemon

7 Cara Kurangi Bau Amis pada Daging Kambing, Nafsu Makan Meningkat Dehcare2.com

Buah yang mengandung asam, seperti jeruk nipis atau lemon, punya manfaat sebagai antibakteri alami untuk menghalau penyebab pembusukan. Untuk itu, lemon dan jeruk nipis jadi buah yang paling sering digunakan untuk menghilangkan bau pada daging serta ikan. Sebelum diolah, lumuri daging dengan perasan lemon terlebih dahulu, lalu simpan selama 10 menit.

5. Parutan jahe

7 Cara Kurangi Bau Amis pada Daging Kambing, Nafsu Makan Meningkat Dehsouthcoastsun.co.za

Rempah yang punya aroma khas ini gak hanya nikmat dijadikan olahan minuman yang menghangatkan tubuh. Banyak khasiat lainnya tersimpan, seperti menyingkirkan aroma amis daging kambing. Enzim proteolitik yang terkandung dalam jahe bisa memecah protein, sehingga bau tak sedap pada daging bisa berkurang dan menjadikannya lebih empuk. Cukup memarkan atau parut jahe dan balurkan ke permukaan daging.

6. Marinade dalam parutan nanas muda

7 Cara Kurangi Bau Amis pada Daging Kambing, Nafsu Makan Meningkat Dehpaleoleap.com

Selama ini, fungsi nanas terhadap daging yang paling terkenal adalah untuk melembutkan seratnya. Ternyata selain itu, nanas juga bermanfaat untuk menghilangkan bau prengus. Caranya, parut nanas muda, lalu balurkan ke daging kambing mentah dan tunggu selama 30 menit.

7. Lumuri dengan garam

7 Cara Kurangi Bau Amis pada Daging Kambing, Nafsu Makan Meningkat Dehconfessionsofafoodie.me

Gak sempat beli enam bahan di atas? Tenang, kamu masih bisa menghilangkan bau amis daging cukup dengan garam. Kalau bahan yang satu ini pasti tersedia di dapur, kan? Garam berfungsi sebagai penetralisir aroma amis darah. Balurkan pada daging yang telah dipotong-potong kecil, lalu diamkan selama satu jam sebelum dimasak.

Gimana, sudah siap berkreasi? Kuy!

Baca Juga: Tahukah Kamu 4 Masakan Idul Adha di Luar Negeri Ini?

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya