Comscore Tracker

Ayam Geprek, Ayam Penyet, dan Ayam Gepuk, Apa Sih Bedanya?

Sambal adalah kunci!

Ayam geprek menjadi jenis makanan yang kini paling laris manis diburu pecinta olahan sambal pedas. Renyahnya ayam dan gurihnya sambal bikin orang rela mengantre panjang. Meski lagi hits, banyak orang masih sering keliru dan menyebut semua ayam yang dilumuri sambal sebagai ayam geprek. Padahal beda banget, lho!

Selain ayam geprek, olahan yang mirip tapi sebetulnya tak sama adalah ayam gepuk dan ayam penyet. Kira-kira apa bedanya ya?

1. Ayam geprek

Ayam Geprek, Ayam Penyet, dan Ayam Gepuk, Apa Sih Bedanya?IDN Times/Reza Iqbal

Ketiga jenis makanan ini punya persamaan, yakni ayam goreng yang diulek di atas cobek dan dilumuri sambal. Bedanya, ayam geprek biasanya menggunakan ayam boneless krispi yang dibalut tepung bumbu, lalu digoreng kering.

Setelah itu, ayam digeprek atau dipukul-pukul hingga hancur bersama sambalnya. Sehingga kita gak perlu lagi memotong ayam dengan sendok ketika makan. Ini jadi salah satu keunggulan ayam geprek, karena cara makannya yang praktis tanpa repot-repot menyisihkan tulang ayam.

Mayoritas ayam geprek disajikan dengan sambal bawang yang pedas gurih. Namun, seiring berkembangnya tren, variannya pun makin banyak. Seperti ayam geprek dengan lelehan keju mozzarella atau ayam geprek saus telur asin.

Baca juga: Asyiknya Dinner Bernuansa Laut di Surabaya, Gak Perlu ke Maldives!

2. Ayam penyet

Ayam Geprek, Ayam Penyet, dan Ayam Gepuk, Apa Sih Bedanya?localefood.wixsite.com

Sebelum digoreng dan dipenyet, ayam biasanya diungkep terlebih dahulu dengan bumbu kuning hingga meresap. Sehingga rasa daging ayam penyet biasanya lebih sedap dari ayam geprek.

Salah satu makanan khas Jawa Timur ini menggunakan ayam dengan potongan utuh, seperti dada, paha, hingga ayam yang tulangnya masih menempel. Perbedaan lainnya, daging ayam hanya dipenyet di atas cobek berisi sambal tomat atau sambal terasi. Hasilnya daging menjadi agak pipih, tapi tak sampai hancur.

Makin ke sini, sambal yang digunakan untuk ayam penyet makin bervariasi. Ada yang menyajikannya bersama sambal hijau, sambal korek, hingga sambal bawang.

3. Ayam gepuk

Ayam Geprek, Ayam Penyet, dan Ayam Gepuk, Apa Sih Bedanya?jatenglive.com

Ayam gepuk bisa dibilang gabungan antara ayam geprek dan ayam penyet. Sebelum ayam geprek jadi booming dan kekinian, ayam gepuk sudah muncul terlebih dahulu. Pada 2013, berdiri sebuah gerai bernama Ayam Gepuk Pak Gembus di Jakarta.

Kini gerai tersebut jadi fenomenal dengan puluhan cabangnya tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia. Di antaranya Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, hingga Makassar.

Ayam gepuk Pak Gembus menggunakan ayam ungkep yang gurih. Setelah digoreng kering, ayam dipenyet bersama sambal bawang putih yang nendang abis. Gerai ayam ini terkenal dengan sambalnya yang bikin bibir dower saking pedasnya.

Ayam di sini tak dihancurkan layaknya ayam geprek, tapi hanya dipukul-pukul atau digepuk menggunakan ulekan hingga pipih mirip ayam penyet.

Nah, sekarang sudah tahu bedanya, kan? Kira-kira dari ketiga jenis ayam goreng di atas, mana yang jadi favorit kamu?

Baca Juga: 8 Kebiasaan Unik Orang Prancis Saat Makan, Beda Banget Sama Indonesia

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You