Comscore Tracker

Keren, Festival Kuliner Prancis Terbesar di Dunia Hadir di Surabaya!

Hanya ada di 11 restoran terpilih saja, lho!

Gastronomi Prancis atau budaya makan ala Prancis memang istimewa dan tak jarang dijadikan kiblat kuliner dunia. Bahkan UNESCO menetapkannya sebagai Warisan Budaya Tak Benda pada tahun 2010 lalu. 

Untuk memberi penghormatan terhadap kuliner Prancis dan nilai kebersamaannya, sejak tahun 2015 diadakanlah festival Goût de France atau Good France yang berarti cita rasa Prancis. Sebagai acara pembuka untuk menyambut event utamanya nanti, pengenalan event-nya diadakan di Reka Rasa, Universitas Kristen Petra, diselenggarakan oleh Konpress Institute Francais Indonesia (IFI) pada hari Selasa, 19 Maret 2019. Yuk, intip keseruan acara pengenalannya di sini!

1. Acara makan malam terbesar di dunia

Keren, Festival Kuliner Prancis Terbesar di Dunia Hadir di Surabaya!IDN Times/Putriana Cahya

Festival Goût de France digagas oleh chef terkemuka asal Prancis, Alain Ducasse, dan juga Kementerian Luar Negeri Prancis. Ini merupakan acara makan malam terbesar yang dilakukan serentak pada tanggal 21 Maret 2019 mendatang di 5 benua, 152 negara, dan 5000 restoran di dunia. 

Direktur IFI Surabaya, Benoit Bavouset, mengatakan acara makan malam dapat menjadi momen berbagi bersama di seputar meja makan.

"Hal ini membuktikan hal yang dapat menyatukan kita adalah salah satunya berkaitan dengan budaya kuliner atau gastronomi," ujar Benoit Bavouset, Direktur IFI Surabaya.

2. Indonesia salah satu negara dengan peserta terbanyak di dunia

Keren, Festival Kuliner Prancis Terbesar di Dunia Hadir di Surabaya!IDN Times/Putriana Cahya

Indonesia adalah salah satu negara peserta dengan partisipan terbanyak yakni 60 restoran. Restoran tersebut tersebar di 6 kota besar Indonesia termasuk Surabaya.

Hingga tahun 2018 hanya ada 4 restoran yang bergabung dalam festival Goût de France di Kota Pahlawan, namun tahun ini mengalami peningkatan hingga 11 restoran yang termasuk dalam empat kategori. Yaitu fine dining, bistro, modern cuisine, dan creperie.

Baca Juga: 10 Pasta Khas Italia yang Belum Populer di Indonesia, Unik Banget

3. Hidangan ala Provence jadi tema tahun ini

Keren, Festival Kuliner Prancis Terbesar di Dunia Hadir di Surabaya!IDN Times/Putriana Cahya

Kuliner khas Provence dan masakan ramah lingkungan menjadi tema tahun ini, karena wilayah tersebut dicanangkan menjadi wisata gastronomi dunia pada 2019. Kawasan Provence berada dekat dengan laut Mediterania dan menghasilkan kuliner dengan beragam bahan segar dari makanan laut, sayur-sayuran, herba serta buah-buahan.

4. Kamu bisa menikmatinya di 11 restoran terpilih di Surabaya

Keren, Festival Kuliner Prancis Terbesar di Dunia Hadir di Surabaya!IDN Times/Putriana Cahya

Pertama ada empat restoran kategori fine dining yakni Citrus Lee, The Consulate, Indigo-Hotel Majapahit Surabaya, dan Janggala-Hotel Novotel Surabaya.

Selanjutnya lima restoran kategori bistro dan ice cream yakni Libreria Eatery, Madame Tartine, Le Cafe Gourmand, dan Zangrandi Ice Cream. Satu restoran dan creperie yakni Rendez-vous Crepes & Co., satu restoran modern cuisine yakni Domicile, dan terakhir ada satu sekolah yakni restaurant business milik Universitas Kristen Petra Surabaya.

Rata-rata restoran tersebut menjual menu spesial pada 21-24 Maret 2019 mendatang. Ada beragam menu yang bisa kamu temukan di sana mulai dari keju khas Prancis, olahan laut seperti ikan dan lobster, aneka wine, dan masih banyak lagi. Kamu bisa melihat menu spesial mereka lewat masing-masing media sosial atau di website IFI.

Baca Juga: Bukan Hama, 5 Olahan Bekicot Ini Jadi Makanan Super Enak Lho!

yummy-banner

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You