Comscore Tracker

Stasiun di 11 Kota Ini Serempak Bagikan Kopi Gratis, Ada Apa Ya?

Ada lombanya juga lho

Kegiatan yang diselenggarakan komunitas Kopi Nusantara ini berbasis di Yogyakarta. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan jenis-jenis kopi lokal unggulan kepada masyarakat.

1. Ada 50 ribu cup kopi yang dibagikan gratis

Stasiun di 11 Kota Ini Serempak Bagikan Kopi Gratis, Ada Apa Ya?Instagram.com/komunitaskopinusantara

Sekitar 50 ribu gelas kopi dibagikan  gratis kepada penumpang kereta api di 11 kota di Pulau Jawa, yang terdiri dari 13 stasiun kereta api. Di antaranya Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Purwokerto, Solo, Semarang, Cirebon, Tegal, Jember, Malang, dan Surabaya.

Acara bertajuk "Ngopi Bareng KAI" ini diadakan pada 30-31 Januari 2018 dan sukses menarik antusias warga sekitar. Terbukti, sejak dibuka pada pukul 10 pagi, kawasan stasiun langsung dipadati orang dan tak berhenti hingga pukul 10 malam.

"Komunitas ini isinya dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari petani sampai pecinta kopi. Kami ingin mengedukasi masyarakat soal kualitas biji kopi nusantara. PT KAI memfasilitasi kita lewat acara ini, mereka mendukung sekali," ujar Anggi Dita, founder Komunitas Kopi Nusantara.

Baca juga: 10 Kopi Starbucks dengan Kafein Tertinggi, Kamu Suka yang Mana?

2. Ada 200 orang barista dan lebih dari 300 booth

Stasiun di 11 Kota Ini Serempak Bagikan Kopi Gratis, Ada Apa Ya?Instagram.com/komunitaskopinusantara

Selain menyediakan 50 ribu kopi gratis, ada pula booth yang menjual berbagai racikan kopi. Dari 11 kota, total ada 200 barista dan 300 lebih booth yang digandeng PT. KAI demi mensukseskan acara ini.

Tak hanya berjualan, para barista juga memperkenalkan teknik brewing kopi kepada pengunjung. Mereka tak segan berbagi ilmu, mulai dari cara pemilihan bijih kopi yang baik, hingga cara menyeduh yang benar.

3. Akan menjadi acara tahunan

Stasiun di 11 Kota Ini Serempak Bagikan Kopi Gratis, Ada Apa Ya?Instagram.com/komunitaskopinusantara

Melihat penerimaan masyarakat yang baik, Angga selaku founder komunitas, berencana mengadakan acara serupa tiap tahunnya. Ia berharap akan banyak lagi masyarakat yang bisa mengapresiasi hasil petani kopi dan mengakui kualitas produk dalam negeri.

"Penginnya tahun depan ada lagi. Kita juga dalam rangka memperluas jaringan serta keanggotaan komunitas. Sekarang anggota komunitas kita sudah tersebar rata di seluruh Indonesia. Bahkan ada juga di Aceh," ujar Angga.

Agar semakin semarak, lomba fotografi  juga digelar secara terbuka untuk umum. Gambar yang diambil harus di area stasiun. Nantinya akan ada tiga orang pemenang yang berhak mendapatkan hadiah total hingga jutaan rupiah.

Kamu sudah ikutan, belum?

Baca juga: Intip Proses Pembuatan Kopi Luwak, Wajar Kalau Masuk Daftar Kopi Termahal!

 

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya