Comscore Tracker

5 Sajian Lauk Pauk Khas Sulawesi Tengah, Inspirasi Menu Sehari-hari

Khas suku Kaili, lho!

Bosan, gak sama menu sehari-hari yang itu-itu aja? Ikan atau sayur yang diolah dengan resep yang sama setiap hari tentu bikin kita gak semangat makan, ya? Tenang, kamu bisa mencoba berbagai olahan makanan dari Sulawesi Tengah, lho.

Apa saja? Nah, beberapa menu lauk pauk dari Sulawesi Tengah berikut ini bisa jadi inspirasi kamu untuk makan siang atau makan malam. 

1. Uta dada

5 Sajian Lauk Pauk Khas Sulawesi Tengah, Inspirasi Menu Sehari-hariinstagram.com/dayasundari

Uta dada merupakan sejenis makanan kuah santan yang baham dasarnya bisa menggunakan ayam atau ikan cakalang. Uta dada memilili cita rasa yang pedas dan gurih. 

Bumbu yang dipakai sangat sederhana, yaitu cabai hijau, santan, bawang merah, jahe, dan garam. Uta dada bisa dinikmati bersama nasi tapi sering disajikan dengan ketupat. 

2. Uta kelo

5 Sajian Lauk Pauk Khas Sulawesi Tengah, Inspirasi Menu Sehari-hariinstagram.com/nithanovita10

Uta dalam bahasa kaili berarti sayur. Nah, uta kelo sendiri berarti sayur kelor. Hal yang membedakan sayur kelor di Sulawesi Tengah dengan daerah lain adalah penggunaan santan yang membuat kuahnya lebih kental dan gurih. 

Uta kelo sering ditambahkan terong dan pisang muda dalam pembuatannya. Sayur ini mudah dijumpai di berbagai warung di Kota Palu dan sering dikonsumsi bersama nasi jagung. 

Baca Juga: 5 Sambal Pedas Nikmat Khas Pulau Sulawesi, Berani Coba Sensasinya?

3. Duo sale

5 Sajian Lauk Pauk Khas Sulawesi Tengah, Inspirasi Menu Sehari-hariinstagram.com/surabaya_eatery

Meski sering disebut sebagai sambal khas Sulawesi Tengah, tapi duo sale juga sering dikonsumsi bersama nasi dan sayur kelor. Kombinasi keduanya sudah populer dan menjadi ciri khas makanan suku Kaili. 

Duo sale terbuat dari ikan duo yaitu sejenis ikan teri yang kemudian ditumis bersama bumbu berupa cabai dan tomat. Lauk satu ini bercita rasa pedas manis dan asin sehingga bikin nafsu makan jadi meningkat!

4. Wempoy

5 Sajian Lauk Pauk Khas Sulawesi Tengah, Inspirasi Menu Sehari-harihaipedia.com

Menu satu ini merupakan sayur khas suku kaili berupa sejenis sayur asam. Bahan-bahannya cukup unik karena menggunakan buah kelor, jantung pisang, dan labu siam. 

Semua bahan diiris dan dimasukkan ke dalam air perasan asam jawa. Rasa asam dari sayur ini benar-benar bikin ketagihan, lho. 

5. Palumara

5 Sajian Lauk Pauk Khas Sulawesi Tengah, Inspirasi Menu Sehari-hariinstagram/helen_ranap

Palumara adalah sejenis sup ikan yang menggunakan kuah perasan asam jawa. Ikan yang digunakan pun beragam, namun warga Sulawesi Tengah lebih banyak menggunakan ikan laut, bukan air tawar. 

Bahannya cukup simpel, yaitu asam jawa, kunyit bubuk, garam, irisan bawang merah, minyak goreng, dan cabai. Semua bahan hanya perlu dimasak sampai ikan benar-benar matang dan bumbunya meresap.

Itulah beberapa lauk pauk khas Sulawesi Tengah yang bisa kamu jadikan inspirasi menu sehari-hari. Ada yang sudah pernah kamu coba?

Baca Juga: 7 Camilan Khas Sulawesi Tengah yang Menggugah Selera, Wajib Coba!

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya