Comscore Tracker

5 Cara Mengupas Telur Puyuh Lebih Cepat & Efisien

Sudah siap berburu telur puyuh, guys?

Nutrisi yang dikandung oleh telur puyuh membuatnya pas diolah menjadi santap sedap. Kendati demikian, telur yang dihasilkan oleh burung puyuh, berukuran kecil, serta cangkang yang bercorak ini kadang sulit dikupas dan malah hancur. Alhasil, tampilannya pun menjadi kurang atraktif saat dihidangkan kelak.

Nah, supaya dapat lebih mudah dikupas, rupanya telur puyuh yang diolah menjadi Hard Boiled Quail Egg pun harus direbus dengan tepat. Yuk, ikuti kiat-kiat berikut!

1. Masukkan telur puyuh ke dalam wadah berisi air, pilih telur puyuh yang tenggelam

5 Cara Mengupas Telur Puyuh Lebih Cepat & Efisienvvsupremo.com

Pastikan telur puyuh yang akan direbus tersebut masih segar dan berkualitas baik. Caranya, masukkanlan telur puyuh ke dalam mangkuk berisi air, lalu amati hasilnya. Jika telur puyuh mengapung, artinya telur tersebut sudah busuk. Sebaliknya, apabila telur puyuh itu malah tenggelam, maka telur puyuh masih layak pakai.

2. Didihkan air, rebus telur puyuh selama 5 menit, aduk sesekali

5 Cara Mengupas Telur Puyuh Lebih Cepat & Efisiencookpad.com

Didihkan air, tambahkan sedikit garam guna membantu mempermudah proses pengelupan kelak. Kemudian, masukkan telur puyuh, rebus sekitar 5 menit untuk mendapatkan Hard Boiled Quail Egg alias telur puyuh yang bagian putihnya sudah mengeras dan kuningnya sudah matang sempurna.

Pastikan pula seluruh bagian telur puyuh terendam di dalam air rebusan. Selain itu, sesekali aduklah perlahan supaya bagian kuning telur tetap berada di tengah (ataupun cenderung ke tengah). Ini juga bertujuan supaya bagian kuning tersebut tak malah menempel pada bagian kulit sehingga rentan robek ketika telur puyuh itu dikupas.

3. Angkat, tiriskan, rendam dalam air es

5 Cara Mengupas Telur Puyuh Lebih Cepat & Efisiendeliciousmagazine.co.uk

Ketika sudah matang, angkat, dan tiriskanlah telur puyuh tersebut. Kemudian, lekas siram dengan air dingin atau merendamnya dalam wadah berisi air es (ataupun disimpan sejenak di dalam kulkas) untuk menurunkan suhunya supaya lekas dingin.

Pasalnya, telur puyuh tersebut sejatinya akan terus berada dalam proses memasak jika masih dalam kondisi bersuhu panas. Selain itu, semakin dingin telur puyuh pasca direbus, maka akan semakin mudah pula untuk dikupas kelak.

Baca Juga: 7 Manfaat Telur Puyuh yang Jarang Diketahui

4. Retakkan cangkang telur puyuh, cari bagian yang berongga, kupas dalam air dingin

5 Cara Mengupas Telur Puyuh Lebih Cepat & Efisiencookingupclean.com

Selanjutnya, ketuk permukaan cangkangnya dengan lembut, lakukan hingga retak. Kemudian, cari bagian yang lebih memiliki rongga dari retakan tersebut, sebab pada area itu terdapat kantong udara yang memungkinkan untuk menyelipkan jari di bawah cangkang.

Alhasil, proses pengupasan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Kupaslah dengan perlahan agar bentuk asli dari telur puyuh itu dapat tetap terjaga. Jika cangkangnya tetap sulit lepas, cobalah untuk mengupasnya di dalam rendalam air dingin.

5. Telur puyuh dengan bentuk utuh pun siap diolah ke dalam ragam masakan

5 Cara Mengupas Telur Puyuh Lebih Cepat & Efisiengreatbritishchefs.com

Akhirnya, telur puyuh yang sudah direbus dan dikupas pun siap untuk diolah menjadi sajian sedap. Bentuknya yang utuh tentu membuat masakan menjadi lebih menarik. Mulai dari telur puyuh balado, semur telur puyuh, ataupun dijadikan pelengkap hidangan sup hingga sayur lodeh, bahkan sate telur puyuh.

Nah, sudah siap untuk berburu telur puyuh, guys?

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Telur Asin Supaya Tetap Masir dan Lebih Awet

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You