Comscore Tracker

5 Keunikan Yubuchobap, Tahu Isi ala Korea yang Lezat dan Bikin Kenyang

Cocok banget dijadikan bekal untuk piknik, nih

Secara sekilas, kuliner-kuliner di benua Asia tampak saling mirip satu sama lain. Misalnya, jika Indonesia ada tahu isi maka Korea Selatan punya makanan serupa yang disebut yubuchobap. Nah, apa sih keunikan tahu isi ala Korea ini? Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

1. Yujuchobap dikenal juga dengan sebutan fried tofu stuffed with seasoned rice

5 Keunikan Yubuchobap, Tahu Isi ala Korea yang Lezat dan Bikin Kenyangilustrasi yubuchobap (instagram.com/honey_genie_yummy)

Secara etimologi, yubuchobap berasal dari kata yubu yang merujuk pada tahu (bean curd) dan kata chobap yang berarti nasi sushi (sushi rice). Yubuchobap dikenal dengan julukan fried tofu stuffed with seasoned rice sebagai penamaan internasionalnya. Pasalnya, hidangan ini memang menggunakan tahu dan nasi yang telah dibumbui.

2. Yubuchobap memadukan tahu goreng dengan nasi berbumbu (serta sayuran dan bahan hewani)

5 Keunikan Yubuchobap, Tahu Isi ala Korea yang Lezat dan Bikin Kenyangilustrasi yubuchobap (instagram.com/masisdda)

Untuk yubuchobap, bagian tahu yang digunakan adalah kulitnya. Tepatnya, kulit tahu itu digoreng hingga renyah. Sensasi manis dan juicy yang alami dari tahu sangat pas dipadukan dengan nasi berbumbu. Tak hanya itu, nasi berbumbu tersebut pun bahkan turut pula dilengkapi aneka sayuran hingga bahan hewani.

Baca Juga: 9 Fakta Gukhwappang, Kue Manis di Musim Dingin Khas Korea

3. Yubuchobap diolah dengan proses yang terbilang tak rumit dan bahan yang sederhana

5 Keunikan Yubuchobap, Tahu Isi ala Korea yang Lezat dan Bikin Kenyangilustrasi yubuchobap (instagram.com/everydaytomuch)

Proses pengolahan yubuchobap terbilang tak rumit. Mulanya, bagian dalam tahu akan dikeluarkan. Selanjutnya, nasi yang telah dibumbui beserta bahan pelengkapnya lantas dimasukkan ke dalamnya. Bahan pelengkap itu dapat berupa bahan nabati seperti aneka sayuran dan bahan hewani seperti daging sapi, tuna, ataupun telur.

4. Yubuchobap lazim disantap sebagai menu makan siang, kudapan berat, dan bekal

5 Keunikan Yubuchobap, Tahu Isi ala Korea yang Lezat dan Bikin Kenyangilustrasi yubuchobap (instagram.com/meok.ggae.bi)

Agaknya, berdasarkan bahan-bahan yang digunakan sudah dapat ditakar kandungan gizi dan level mengenyangkan dari kuliner ini. Hal ini tak mengherankan mengapa yubuchobap kerap disantap sebagai menu makan siang ataupun kudapan berat. Selain itu, tahu isi ala Korea ini rupanya juga umum dijadikan bekal.

5. Yubu untuk yubuchobap sudah umum tersedia dalam bentuk frozen food secara komersil

5 Keunikan Yubuchobap, Tahu Isi ala Korea yang Lezat dan Bikin Kenyangilustrasi yubuchobap (instagram.com/so_daeng)

Usut punya usut, yubu alias bean curd untuk membuat yubuchobap ini telah umum dikomersilkan, lho. Biasanya yubu tersebut dijual dalam bentuk makanan beku (frozen food) berupa kulit tahu yang siap untuk digoreng tanpa perlu mengeluarkan isinya terlebih dahulu. Hal ini tentu saja membuat yubuchobap semakin praktis dibuat sendiri di rumah.

Wah, jadi ngiler ya setelah mengetahui sajian tahu isi ala Korea ini? Coba buat sendiri, yuk!

Baca Juga: 5 Gorengan Kaki Lima Renyah Khas Korea Selatan, Pernah Coba? 

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, postgraduate student in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya