Comscore Tracker

5 Rekomendasi Mi Dingin khas Korea yang Bikin Segar Saat Cuaca Panas!

#IDNTimesFood Ada yang manis, gurih, hingga pedas

Cold noodles alias mi yang disajikan dingin merupakan hidangan yang umum di Korea Selatan. Pasalnya, ada beberapa variasi mi dingin yang unik dengan ciri khasnya masing-masing. Nah, di bawah ini merupakan beberapa rekomendasi kreasi mi dingin ala Korea yang bikin segar saat disantap ketika cuaca panas. Kamu mau yang mana, nih?

1. Naengmyeon

5 Rekomendasi Mi Dingin khas Korea yang Bikin Segar Saat Cuaca Panas!Naengmyeon (ko.wikipedia.org)

Naengmyeon agaknya adalah sajian mi dingin yang paling populer di dalam maupun di luar Korea. Naengmyeon terdiri dari dua jenis. Pertama, mul-naengmyeon yang khas dengan kaldu sapi dan dongchimi (sejenis kimchi), kedua yakni bibim-naengmyeon yang khas dengan penggunaan gochujang (pasta cabai khas Korea).

2. Kongguksu

5 Rekomendasi Mi Dingin khas Korea yang Bikin Segar Saat Cuaca Panas!instagram.com/made_by_jehee

Secara etimologi, kongguksu berasal dari kata 'kong' yang berarti 'kacang' dan kata 'guksu' yang merujuk pada 'mi'. Pasalnya, hidangan ini memang berbahan baku mi dan susu kedelai tepatnya kedelai putih yang dihaluskan. Cold soy milk noodle tersebut bercita rasa manis sekaligus gurih.

Baca Juga: Resep Mayak Eggs, Telur ala Korea dengan Perpaduan Rasa yang Unik

3. Jat-guksu

5 Rekomendasi Mi Dingin khas Korea yang Bikin Segar Saat Cuaca Panas!Jat-guksu (girlmeetsradish.com)

Jat-guksu disebut juga sebagai pine nut noodles. Pasalnya, mi kacang pinus ini memang terdiri dari mi yang diberi kuah berupa sari kacang pinus. Jat-guksu berasal dari daerah Gapyeong di provinsi Gyeonggi. Sekilas tampak seperti kongguksu, tetapi jat-guksu memiliki tekstur yang lebih creamy serta cita rasa yang lebih gurih.

4. Jjolmyeon

5 Rekomendasi Mi Dingin khas Korea yang Bikin Segar Saat Cuaca Panas!Jjolmyeon (kyongbuk.co.kr)

Jjolmyeon alias mi kenyal menyuguhkan paduan cita rasa berupa pedas, asam, dan manis. Mi untuk jjolmyeon dibuat dari campuran pati dan tepung terigu. Korean spicy chewy noodles tersebut tak cuma mi saja, namun juga dilengkapi tauge, sayuran, gochujang (pasta cabai khas Korea), bahkan rumput laut panggang.

5. Milmyeon

5 Rekomendasi Mi Dingin khas Korea yang Bikin Segar Saat Cuaca Panas!Milmyeon (ddanzi.com)

Mi pada milmyeon diolah dari kentang, ubi, dan tepung. Cita rasa yang menonjol dari hidangan mi khas Busan ini adalah gurih (dari kaldu sapi), pedas (dari gochujang (pasta cabai khas Korea)), dan sedikit asam (dari tambahan ragam bahan). Sekilas, milmyeon tampak seperti naengmeyon tapi milmyeon memiliki cita rasa pedas yang lebih kuat.

Diantara pilihan hidangan mi dingin tersebut, mana nih yang paling menggugah seleramu? 

Baca Juga: 5 Sajian Korea Berbahan Ikan, Ada Camilan hingga Lauk Pauk

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, postgraduate student in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya