Comscore Tracker

5 Trivia Dongchimi, Kimchi Berkuah yang Ada Saat Musim Dingin

#IDNTimesFood Unik dibandingkan variasi kimchi lainnya, lho

Di balik semakin majunya berbagai sektor di Korea Selatan, negeri ginseng ini agaknya tetap tak melupakan warisan budaya seperti kuliner tradisional. Salah satu kuliner lokalnya yang lazim dikenal oleh publik adalah kimchi.

Usut punya usut, kimchi rupanya memiliki beragam variasi. Salah satunya adalah dongchimi. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Dongchimi berasal dari kata dong (musim dingin) dan chimi (merujuk pada kimchi)

5 Trivia Dongchimi, Kimchi Berkuah yang Ada Saat Musim DinginDongchimi (10000recipe.com)

Secara etimologi, dongchimi berasal dari dua kata. Pertama, kata dong yang berarti musim dingin. Kedua, kata chimi yang merujuk pada istilah klasik untuk kimchi. Usut punya usut, penamaan ini terkait dengan dongchimi yang memang biasanya dinikmati saat musim dingin.

2. Dongchimi dibuat dari daikon serta bahan-bahan lain yang direndam di dalam air asin

5 Trivia Dongchimi, Kimchi Berkuah yang Ada Saat Musim DinginDongchimi (m.post.naver.co)

Dongchimi dibuat dari bahan-bahan seperti daikon (sejenis lobak musim dingin yang sering dipakai dalam masakan Asia), cabai hijau, sawi, jahe, daun bawang, dan bae. Selain itu, dongchimi memiliki keunikan dibandingkan jenis kimchi pada umumnya. Pasalnya, dongchimi merupakan jenis kimchi yang direndam (dan disajikan) dalam air asin. 

Baca Juga: Kenapa Orang Korea Selatan Suka Kimchi? 9 Alasan Ini Jawabannya!  

3. Dongchimi biasanya disantap bersama nasi, dan dapat dijadikan kuah untuk dongchimi guksu

5 Trivia Dongchimi, Kimchi Berkuah yang Ada Saat Musim DinginDongchimi (koreanbapsang.com)

Dongchimi juga dikenal dengan nama internasional berupa radish water kimchi. Sajian ini termasuk dalam kategori banchan (hidangan pendamping) dan biasanya disantap bersama nasi. Selain itu, dongchimi juga dapat dikreasikan sebagai kuah untuk dongchimi guksu.

4. Dongchimi memiliki cita rasa segar sebab memang tak menggunakan gochugaru/gochujang

5 Trivia Dongchimi, Kimchi Berkuah yang Ada Saat Musim Dingindongchimi (11st.co.kr)

Alih-alih pedas seperti kimchi pada umumnya, cita rasa khas yang disuguhkan oleh dongchimi justru adalah sensasi segar. Hal ini dikarenakan dongchimi memang tak menggunakan gochugaru (bubuk cabai khas Korea) maupun gochujang (pasta cabai khas Korea). Selain itu, aromanya pun terbilang unik.

5. Dongchimi difermentasi dengan singkat, dan cocok untuk pesakit ataupun lansia

5 Trivia Dongchimi, Kimchi Berkuah yang Ada Saat Musim DinginDongchimi (seonkyounglongest.com)

Oleh sebab cita rasanya yang tak pedas tersebut, dongchimi agaknya cocok dihidangkan untuk orang sakit ataupun lansia yang berhalangan memakan masakan pedas. Proses pembuatan dongchimi pun terbilang tak terlampau lama dibandingkan jenis kimchi kebanyakan. Dongchimi cukup difermentasi selama 2-3 hari saja.

Hm, ternyata kimchi juga punya beberapa variasi. Kalau kamu lebih suka kimchi jenis apa?

Baca Juga: 5 Tips Membuat Kimchi Berbahan Sawi Putih di Rumah, Mudah dan Efektif!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, postgraduate student in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya