Comscore Tracker

5 Trivia Ssamjang, Saus Pedas Kental Khas Korea yang Sedap untuk BBQ 

BBQ kurang lengkap tanpa saus yang satu ini, deh

Bagi penggemar drama seri Korea Selatan, pastinya sudah tak asing dengan adegan dimana pemainnya menikmati hidangan BBQ. Tak hanya daging, BBQ ala Korea juga dilengkapi bahan-bahan lain serta saus khas yang lantas dibungkus dengan dedaunan. 

Nah, salah satu saus yang paling umum digunakan adalah ssamjang. Kamu sudah tahu belum tentang saus yang satu ini?

1. Ssamjang memiliki makna 'saus pembungkus' yang berkaitan dengan perannya dalam makanan

5 Trivia Ssamjang, Saus Pedas Kental Khas Korea yang Sedap untuk BBQ Ssamjang (instagram.com/sister_yori)

Usut punya usut, kata 'ssam' dalam bahasa Korea memiliki arti membungkus. Sedangkan 'ssamjang' merujuk pada makna saus pembungkus. Pasalnya, saus ini memang digunakan sebagai bahan pelengkap untuk membungkus daging BBQ (serta bahan-bahan lain) menggunakan sayuran ataupun dedaunan.

2. Ssamjang diolah dari campuran gochujang, doenjang, tiga jenis bawang, dan minyak wijen

5 Trivia Ssamjang, Saus Pedas Kental Khas Korea yang Sedap untuk BBQ Ssamjang (instagram.com/kavka.diy)

Ssamjang merupakan jenis saus yang sangat lazim digunakan oleh masyarakat Korea dalam kuliner tradisionalnya. Bahan-bahan pembuatan dan proses pengolahan ssamjang terbilang cukup sederhana. Saus ini dibuat dari campuran gochujang (pasta cabai khas Korea), doenjang (pasta kedelai fermentasi khas Korea), bawang merah, bawang putih, bawang bombai, dan minyak wijen.

Baca Juga: 5 Keunikan Jat-guksu, Sempat Viral sebab Muncul di Drama Korea

3. Ssamjang memiliki cita rasa yang terbilang kaya yakni paduan pedas, asin, gurih, dan manis

5 Trivia Ssamjang, Saus Pedas Kental Khas Korea yang Sedap untuk BBQ Ssamjang (instagram.com/yez_222)

Cita rasa ssamjang merupakan paduan pedas, asin, gurih, dan juga manis. Kendati demikian, cita rasa yang lebih dominan agaknya adalah pedas yang berasal dari penggunaan gochujang (pasta cabai khas Korea). Selain itu, cita rasa gurih dari doenjang (pasta kedelai fermentasi) pun cukup menonjol.

4. Ssamjang mempunyai tekstur yang cenderung kental dan warna yang kemerahan

5 Trivia Ssamjang, Saus Pedas Kental Khas Korea yang Sedap untuk BBQ Ssamjang (instagram.com/gun.food)

Untuk tampilannya, ssamjang yang juga dikenal dengan nama Korean spicy dipping sauce ini mempunyai tekstur yang cenderung kental (tak encer). Warna dari saus khas Korea tersebut adalah kemerahan. Hal ini ditengarai berasal dari salah satu bahannya yakni gochujang (pasta cabai khas Korea).  

5. Ssamjang dikonsumsi dengan cara dipadukan dengan bahan-bahan lain saat santap BBQ

5 Trivia Ssamjang, Saus Pedas Kental Khas Korea yang Sedap untuk BBQ Ssamjang (instagram.com/yuumiskitchen)

Ssamjang kerap disajikan saat menyantap hidangan BBQ. Cara mengkonsumsinya dimulai dari mengambil selembar sayur (daun) atau daun perila ataupun daun sangchu, lalu meletakkan nasi, daging panggang, kimchi, dan ssamjang diatasnya. Daun yang berisikan bahan-bahan tadi lantas dibungkus dan dilahap dalam sekali suap.

Wah, ternyata saus atau pasta khas Korea tak hanya doenjang dan gochujang. Ada pula ssamjang yang tak kalah lezat dijadikan paduan untuk makanan utama. Bagi kamu yang menggemari sensasi pedas, ssamjang harus banget dicoba nih!

Baca Juga: 5 Resep Gorengan ala Korean Street Food, Camilan Pas Saat Gabut

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, postgraduate student in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya