Comscore Tracker

6 Tips Cerdas Agar Olahan Sup Berkaldu Daging Gak Berlemak Banyak 

Dijamin jitu, deh!

Usut punya usut, sajian sup menggunakan kaldu daging sebagai kuah akan dapat membuat citarasa masakan menjadi lebih gurih. Kendati demikian, masalah yang kerap muncul saat mengolah sup berkaldu daging tersebut adalah lemak yang muncul ketika sup sudah mulai dingin. Nah, jangan resah, inilah tips yang dapat dicoba untuk mengakalinya. 

1. Saring kaldu yang baru dibuat, lalu dinginkan di kulkas selama 1 jam

6 Tips Cerdas Agar Olahan Sup Berkaldu Daging Gak Berlemak Banyak industrychronicles.com

Setelah membuat kaldu, saringlah kaldu tersebut terlebih dahulu, kemudian simpan di dalam kulkas sekitar 1 jam. Selanjutnya, keluarkan kaldu, lalu panaskan dengan api kecil. Alhasil, lemak pun akan lebih mudah mengapung saat kaldu dipanaskan. Singkirkan lemak tersebut menggunakan sendok.

2. Altenatif lain, gunakan kaldu yang sudah dibekukan

6 Tips Cerdas Agar Olahan Sup Berkaldu Daging Gak Berlemak Banyak tastelikechicken-whatsmikecooking.blogspot.com

Alternatif lain yakni menggunakan kaldu beku yang sekiranya memang sudah disimpan di dalam freezer. Cara ini akan jauh lebih efektif untuk menyingkirkan lemak. Pasalnya, lemak akan lebih mudah mengapung dalam waktu yang relatif lebih cepat dibandingkan ketika menggunakan kaldu dingin. 

3. Gunakan api sedang saat memasak sup berkaldu daging, kecilkan api jika sudah mendidih

6 Tips Cerdas Agar Olahan Sup Berkaldu Daging Gak Berlemak Banyak slovakcooking.com

Sejak awal hingga akhir proses memasak, jangan gunakan api besar saat mengolah sup menggunakan kaldu daging. Pasalnya, api besar itu malah memungkinkan lemak untuk lebih bertahan pada kuah kelak. Sebaiknya pakailah api sedang, lalu kecilkan api ketika kaldu sudah mulai mendidih.

Baca Juga: Cooking 101: Mengenal Bahan Dasar yang Digunakan Dalam Pembuatan Kaldu

4. Diamkan sup hingga lemak terkumpul di pinggir panci, lalu angkat lemak tersebut

6 Tips Cerdas Agar Olahan Sup Berkaldu Daging Gak Berlemak Banyak thekitchn.com

Biarkan sup mendidih dengan api kecil selama beberapa saat, tunggu hingga lemak tampak berkumpul di pinggir panci, lalu angkatlah lemak itu hingga bersih. Kemudian, masukkan sayur atau bahan lain ke dalam kuah yang sudah lebih jernih tersebut.

5. Rendam sendok logam dalam air es, sapukan bagian bawah sendok ke permukaan sup panas

6 Tips Cerdas Agar Olahan Sup Berkaldu Daging Gak Berlemak Banyak pixabay.com

Saat memasak tersebut, lemak-lemak agaknya masih muncul walau tak sebanyak sebelumnya. Untuk menyiasatinya, siapkan sendok logam, rendam dalam air es selama 15 menit, lalu sapukan bagian bawah sendok tersebut ke permukaan sup yang masih panas. Lemak pun akan terkumpul pada sendok, buanglah lemak tersebut.

6. Kurangi takaran garam dan penyedap rasa saat memasak sup menggunakan kaldu daging

6 Tips Cerdas Agar Olahan Sup Berkaldu Daging Gak Berlemak Banyak pishi.co.ke

Pembatasan takaran garam dan penyedap rasa tersebut bertujuan supaya cita rasa kuah kaldu tak menjadi 'terlalu berat'. Sebab, sejatinya cita rasa alami dari kaldu daging pun sudah khas. 

Semoga tips di atas dapat membantu dalam mengolah sup berkaldu daging versi kamu, ya!

Baca Juga: Kamu Vegetarian? 3 Bahan Ini Bisa Jadi Pengganti Kaldu Daging Lho

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You