Comscore Tracker

Anti Gosong & Keras, Ini 5 Pantangan Saat Memasak Telur Goreng

Bisa bikin skill memasakmu jadi naik level, deh

Telur merupakan salah satu sumber protein yang difavoritkan oleh beragam kalangan. Pengolahan telur menjadi suatu hidangan pun terbilang praktis. Kendati demikian, tak jarang pula menggoreng telur menjadi hal yang tricky. Pasalnya, telur tersebut malah terlalu matang atau bahkan lengket di wajan. Yuk, patuhi pantangan dari laman Foodbeast berikut supaya telur gorengmu tak lagi gosong dan keras!

1. Jangan memecahkan telur di pinggir wajan

Anti Gosong & Keras, Ini 5 Pantangan Saat Memasak Telur Gorengbhg.com.au

Nyaris semua orang melakukan kebiasaan ini karena dirasa praktis, serta bagian pinggir wajan yang datar tersebut tampak cocok dijadikan tempat memecahkan telur. Padahal, memecahkan telur pada bagian tersebut justru menimbulkan retakan halus pada kulit telur. Imbasnya, serpihan kulit telur tersebut dapat ikut masuk dan tergoreng bersama telur.

2. Jangan sembarangan menggunakan wajan

Anti Gosong & Keras, Ini 5 Pantangan Saat Memasak Telur Gorengeggs.org.nz

Pastikan wajan yang digunakan untuk menggoreng telur adalah jenis wajan yang anti lengket. Selain membuat tampilan telur menjadi lebih rapi, wajan anti lengket tersebut juga berguna untuk menghindarkan bentuk telur yang menjadi rusak saat diangkat nanti.

3. Jangan langsung menaburkan garam

Anti Gosong & Keras, Ini 5 Pantangan Saat Memasak Telur Gorengpurewow.com

Jangan langsung menaburkan garam sesaat telur menyentuh wajan. Tunggulah hingga beberapa saat. Selain itu, jangan lupa pula untuk menakar jumlah garam yang tepat untuk dibubuhkan pada telur, supaya telur goreng tersebut tak malah keasinan.  

Baca Juga: 3 Resep dan Cara Membuat Telur Orak-Arik yang Mudah dan Cepat

4. Jangan menggunakan api yang besar

Anti Gosong & Keras, Ini 5 Pantangan Saat Memasak Telur Gorengruntastic.com

Telur termasuk bahan yang cepat matang. Api yang terlalu besar akan membuat telur menjadi terlalu masak, keras, dan bertekstur kering saat disantap. Nah, gunakanlah api sedang saat menggoreng telur. Sesekali kecilkan api untuk memeriksa kematangan telur secara merata.

5. Jangan membiarkan telur di wajan pasca menggoreng

Anti Gosong & Keras, Ini 5 Pantangan Saat Memasak Telur Gorengmarthastewart.com

Walaupun api sudah dimatikan, telur goreng yang dibiarkan di atas wajan dengan sisa minyak yang masih panas akan membuat telur tersebut tetap berada dalam proses pemasakan. Langsung saja angkat telur goreng tersebut, dan pindahkan ke wadah pengering minyak ataupun ke piring makanan yang sudah disediakan.

Wah, ternyata menggoreng telur itu susah-susah gampanga, ya.

Baca Juga: Gak Hanya Enak Dimakan, Ini 6 Manfaat Telur buat Masker Wajah!

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

27
MEI
2019
22 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You