Comscore Tracker

5 Serba-Serbi Karupuak Mie, Kudapan Khas Minang yang Ramah di Kantong

Mudah dibuat dan lezat menggoyang lidah #LokalIDN

Kuliner khas dari ranah Minang tak hanya berkutat dengan makanan berat seperti rendang, namun juga tersedia ragam kudapan sederhana seperti karupuak mie alias kerupuk mi. Panganan yang satu ini tak hanya mudah dibuat, namun juga ekonomis dan tentunya sanggup memanjakan lidah. Yuk, kenali lebih banyak tentang kudapan Minang yang satu ini!

1. Karupuak mie memiliki nama lain yakni karupuak leak dan karupuak sate

5 Serba-Serbi Karupuak Mie, Kudapan Khas Minang yang Ramah di Kantongtwitter.com/dragonohalim

Karupuak mie memiliki nama lain berupa karupuak leak. Pasalnya, mie dan kuah satainya bahkan kerupuk itu sendiri memang rentan tumpah atau berantakan (baleak dalam bahasa Minang) saat menyantap penganan ini. Selain itu, karupuak mie juga dikenal dengan sebutan karupuak sate sebab menggunakan kuah sate sebagai olesan pada permukaan kerupuk tersebut.

2. Karupuak mie terdiri dari bahan utama berupa kerupuk ubi, bihun ataupun mi kuning, dan kuah sate

5 Serba-Serbi Karupuak Mie, Kudapan Khas Minang yang Ramah di Kantongrentalmobilpadang.co.id

Karupuak mie diolah dari bahan-bahan yang terbilang sederhana. Kudapan ini terdiri atas kerupuk ubi berukuran lebar (sekitar ukuran telapak tangan orang dewasa) yang telah digoreng, lalu dioleskan dengan kuah satai kuning khas Padang, kemudian ditambahkan bihun ataupun mi kuning (yang sudah digoreng dan dibumbui) di atasnya.

Selain itu, kadang taburan bawang goreng pun turut ditaburkan untuk lebih memperkaya cita rasa, serta saus cabai ala Minang agar cita rasa pedasnya lebih kentara.

Baca Juga: 5 Fakta Gulai Gajeboh, Masakan Langka Khas Minang yang Pedas Gurih

3. Karupuak mie memiliki paduan cita rasa renyah, gurih, dan agak pedas

5 Serba-Serbi Karupuak Mie, Kudapan Khas Minang yang Ramah di Kantongioflife.com

Kendati sederhana, karupuak mie agaknya memiliki cita rasa yang tak kalah kaya. Ada perpaduan rasa renyah (yang berasal dari kerupuk ubi) dan gurih serta agak pedas (yang berasal dari kuah sate dan bihun atau mie kuning yang memang telah diolah sebelum ditaburkan pada kerupuk tersebut).

4. Cara menyantap karupuak mie yakni dengan menempatkannya langsung pada tangan maupun pada piring kecil

5 Serba-Serbi Karupuak Mie, Kudapan Khas Minang yang Ramah di Kantongkidalnarsis.com

Karupuak mie dapat disantap langsung dengan menempatkannya pada tangan, lalu menggigit bagian tepinya sedikit demi sedikit. Namun, proses menyantap ini hendaknya dilakukan dengan hati-hati agar mi ataupun kuah tak malah tumpah. Cara lain yakni meletakkan karupuak mie tersebut di piring kecil untuk dinikmati perlahan. 

5. Karupuak mie dapat diolah sendiri di rumah, dan juga kerap dijajakan di tempat wisata

5 Serba-Serbi Karupuak Mie, Kudapan Khas Minang yang Ramah di Kantongtwitter.com/beyubaystory

Sajian karupuak mie dapat diolah sendiri di rumah sebab bahannya yang terbilang tak sulit dijumpai serta harganya yang ramah di saku. Selain itu, penganan ini juga kerap dijajakan di kawasan wisata seperti pantai. Satu porsi karupuak mie dibanderol dengan harga yang sangat ekonomis yakni beberapa ribu rupiah saja. 

Wah, tampaknya penganan yang satu ini memang menggiurkan, ya! Selain bahannya yang mudah ditemui, harganya pun sangat ramah di kantong. Tak heran penikmat karupuak mie terdiri dari beragam kalangan. Apakah kamu juga termasuk?

Baca Juga: Resep Bikin Itiak Lado Mudo, Kuliner Khas Minang yang Pedasnya Nampol

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, postgraduate student in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya