Comscore Tracker

5 Tips 'Blanching', Teknik Pengolahan Bahan Pangan yang Multifungsi

Terutama untuk sayur dan buah, nih

Dunia kuliner, tepatnya masak-memasak, memiliki ragam teknik yang digunakan untuk mengakali ataupun memaksimalkan fungsi bahan masakan. Misalnya saja, teknik blanching yang dapat diterapkan pada sayuran dan buah. Yuk, ketahui lebih banyak tentang teknik memasak yang satu ini!

1. Blanching merupakan salah satu teknik pengolahan bahan pangan seperti sayur dan buah

5 Tips 'Blanching', Teknik Pengolahan Bahan Pangan yang Multifungsiseriouseats.com

Blanching merupakan teknik pengolahan bahan pangan (lazimnya sayur dan buah) dengan cara memasukkan bahan pangan tersebut ke dalam air mendidih (75-95 derajat Celcius) untuk waktu yang singkat (1-10 menit).

Kemudian, bahan pangan tadi dipindahkan secara cepat ke dalam air es atau air dingin guna menghentikan proses pemasakan akibat panas yang masih tersisa di bahan pangan pasca direndam dalam air mendidih.

2. Fungsi dari blanching terbilang agak beragam tergantung dari tujuan dan bahan pangan

5 Tips 'Blanching', Teknik Pengolahan Bahan Pangan yang Multifungsiyoutube.com

Mulai dari membuat tampilan warna dari sayuran hijau menjadi lebih menarik sebab dilepaskannya gas di dalam bahan pangan yang menyebabkan warna kehijauan memudar, meningkatkan citarasa pada sayuran tertentu (seperti brokoli) dengan cara melepaskan asam pahit di dalam struktur selular bahan pangan tersebut, mempermudah pengupasan kulit pada buah dan kacang-kacangan, serta membantu mendeaktivasi enzim penyebab pembusukan bahkan membunuh bakteri.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Kerang Agar Tidak Berbau Lumpur dan Amis Saat Disantap

3. Peralatan pendukung untuk menerapkan teknik blanching pun terdiri atas beberapa variasi

5 Tips 'Blanching', Teknik Pengolahan Bahan Pangan yang Multifungsinnyliving.com

Dalam praktiknya, blanching pun terdiri atas beberapa variasi peralatan pendukung yang umumnya digunakan di dalam industri makanan. Misalnya, Water Blanching, Microwave Blanching, Hot Gas Blanching, dan Steam Blanching. Masing-masing peralatan tersebut memiliki spesifikasinya sendiri terhadap bahan pangan dan hasil yang diharapkan.

4. Terdapat beberapa parameter guna menakar hasil akhir pasca menerapkan teknik blanching

5 Tips 'Blanching', Teknik Pengolahan Bahan Pangan yang Multifungsi177milkstreet.com

Dalam menerapkan teknik blanching, ada beberapa poin yang dijadikan parameter untuk menakar hasil akhir pada bahan pangan.

Mulai dari (1) citarasa, karena dapat menonaktifkan enzim tertentu yang mempengaruhi citarasa asli dari bahan pangan, (2) tekstur, karena mengakibatkan softening maupun firming pada bahan pangan, (3) warna, karena mempengaruhi warna dasar dari bahan pangan, dan (4) nilai gizi, karena berpotensi menghilangkan beberapa vitamin tertentu dalam bahan pangan bersangkutan.

5. Durasi waktu yang digunakan untuk teknik blanching sangat berpengaruh terhadap hasil akhir

5 Tips 'Blanching', Teknik Pengolahan Bahan Pangan yang Multifungsidish.allrecipes.com

Durasi waktu yang digunakan dan ukuran serta jenis bahan pangan sangat menentukan hasil akhir dari penerapan teknik blanching. Pasalnya, durasi waktu yang keliru justri menyebabkan underblanching (durasi waktu terlalu singkat sehingga aktivasi enzim tak sempurna seolah tak diterapkannya teknik blanching pada bahan pangan tersebut) dan overblanching (durasi waktu terlalu lama sehingga bahan pangan malah sangat kehilangan citarasa otentik, tekstur dan warna yang terkesan layu, dan nilai gizi yang jauh menurun).

Nah, semoga informasi di atas dapat menambah wawasanmu soal ilmu dapur, ya!

Baca Juga: 7 Teknik Memasak Basah yang Wajib Kamu Ketahui

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You