Comscore Tracker

Cuaca Gak Menentu, Cegah Flu dengan 6 Makanan Ini

Yuk coba yang alami untuk meredakan gejala flu kamu

Saat ini cuaca sedang tak menentu, kadang panas terik lalu tiba-tiba bisa hujan deras. Di saat cuaca seperti ini biasanya kita jadi gampang sakit, apalagi sakit flu yang ditandai dengan hidung berair, tenggorokan mulai gatal, badan lemas dan kadang disertai dengan suhu badan yang meninigkat. Yuk kita hadang flu sebelum terlambat dengan mengkonsumsi makanan di bawah ini.

1. Teh hijau

Cuaca Gak Menentu, Cegah Flu dengan 6 Makanan IniPixabay/rawpixel

Siapa yang tidak tau si hijau yang terkenal dari Tiongkok ini, kaya akan antioksidan membuat teh hijau berguna untuk melawan penyakit seperti flu. Dari hasil penelitian terbaru menunjukan bahwa meminum teh hijau 2 cangkir setiap hari dapat menjauhi orang berisiko terkena flu hingga 70 persen loh. 

2. Madu

Cuaca Gak Menentu, Cegah Flu dengan 6 Makanan IniPixabay/pexels

Si manis madu ini ternyata dapat menjadi Pereda gejala batuk alami. Madu diperkaya dengan vitamin C, D, E K dan B kompleks serta beta karoten. Cukup dengan dua sendok teh madu setiap hari mampu meringankan gejala batuk.

3. Lemon

Cuaca Gak Menentu, Cegah Flu dengan 6 Makanan IniPixabay/rawpixel

Lemon banyak mengadung Vitamin C, B Kompleks, Kalsium, Magnesium, Kalium, serat dan zat besi. Oleh karena itu jeruk lemon merupakan salah satu buah yang dapat membantu melawan sakit tenggorokan. Campurkan air lemon dengan segelas air hangat dan tambahkan juga madu untuk menghilangkan sedikit rasa asamnya, hmmm nikmat.

Baca Juga: Lawan Radikal Bebas, Ini 5 Makanan Sehat untuk Detoksifikasi Tubuhmu!

4. Jahe

Cuaca Gak Menentu, Cegah Flu dengan 6 Makanan IniPixabay/couler

Jahe bukan hanya sebagai bumbu dapur tetapi juga menjadi rempah yang memiliki banyak khasiat. Sensasi hangat dari jahe dapat melegakan pernapasan, meredakan rasa gatal di tenggorokan dan memberikan ketenangan, mengurangi lendir berlebih. Khasiat jahe tersebut didapat karena jahe memiliki sifat anti bakteri dan anti virus alami yang dapat menyembuhkan rasa sakit, iritasi dan rasa tidak nyaman dari gejala flu.

5. Bayam

Cuaca Gak Menentu, Cegah Flu dengan 6 Makanan IniPixabay/showmeyourflower

Makanan favorit Popeye ini mengandung serat, antioksidan serta vitamin C yang dapat membantu menangkal flu. Jangan lupa perhatikan saat memasak bayam ya, segera konsumsi bayam yang telah dimasak dan jangan dipanaskan kembali.

6. Bawang putih

Cuaca Gak Menentu, Cegah Flu dengan 6 Makanan IniPixabay/stevepb

Bawang putih sangat mudah didapatkan di rumah, hanya perlu mengkonsumsi satu sampai dua suing bawang putih langsung dalam keadaan mentah dapat membantu meringankan gejala flu.

Itulah enam bahan makanan yang bisa membantu meningkatkan imun tubuh di tengah-tengah musim hujan seperti ini. Yuk mulai rutin mengonsumsi!

Baca Juga: 9 Hal Ini Wajib Kamu Bersihkan Setelah Terserang Flu

Rahmawati Ayudia Photo Writer Rahmawati Ayudia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya