Comscore Tracker

5 Olahan Keju Asal Eropa Tengah yang Bikin Jatuh Hati Sekali Coba

Aromanya menggugah selera!

Olahan keju begitu populer di daratan Eropa, terutama di Eropa Tengah. Terdapat banyak makanan berbahan dasar keju yang terkenal akan kelezatannya. Makanan berbahan keju diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan menu hidangan yang menggugah selera.

Olahan keju ini juga dapat dijadikan camilan hingga hidangan utama. Berikut 5 olahan keju asal Eropa Tengah yang bikin jatuh hati sekali coba!

1. Sir i Vrhnje

5 Olahan Keju Asal Eropa Tengah yang Bikin Jatuh Hati Sekali Cobasir i vrhnje (Instagram.com/vilicomkrozhrvatsku)

Sir i vrhnje adalah hidangan favorit banyak orang Kroasia. Makanan ini dibuat hanya dengan mencampur keju cottage segar dengan krim asam. Terdapat banyak variasi dalam makanan ini, jadi ada yang suka menambahkan bubuk paprika asap, garam, merica, atau bawang putih cincang agar rasanya lebih lezat.

Makanan ini umumnya dihidangkan untuk sarapan atau sebagai makanan pembuka ringan, yang dapat dipasangkan dengan sosis buatan sendiri, bacon, irisan bawang bombay, atau tomat. 

2. Obazda

5 Olahan Keju Asal Eropa Tengah yang Bikin Jatuh Hati Sekali Cobaobazda (Instagram.com/soniaperonaci)

Obazda merupakan hidangan yang berasal dari Jerman. Makanan ini terbuat dari kombinasi krim mentega, paprika, dan camembert dan brie. Menu ini juga bisa diberi bahan tambahan seperti romadur, limburger, dan kadang-kadang bahkan keju cottage.

Saat ini, menu ini menjadi salah satu makanan pokok yang disajikan di banyak restoran dan pub.

3. Smažený Sýr

5 Olahan Keju Asal Eropa Tengah yang Bikin Jatuh Hati Sekali Cobasmažený sýr (Instagram.com/lokalcz)

Smažený sýr merupakan hidangan yang berasal dari Republik Ceko. Menu ini umumnya terdiri dari blok keju yang biasanya menggunakan edam, lalu dilapisi telur, remah roti, dan tepung. Selanjutnya kombinasi bahan tersebut digoreng hingga garing.

Walaupun dapat dinikmati sebagai makanan pembuka ataupun camilan yang nikmat, namun makanan ini biasanya dianggap sebagai hidangan utama tanpa daging karena ukurannya yang cukup besar. Menu ini juga umumnya disantap bersama dengan kentang.

Baca Juga: 5 Street Food dengan Bahan Terekstrem di Dunia, Ada Keju dari Belatung

4. Raclette

5 Olahan Keju Asal Eropa Tengah yang Bikin Jatuh Hati Sekali Cobaraclette (Instagram.com/bakedcheesehaus)

Raclette merupakan makanan nasional yang berasal dari Swiss. Makanan ini terbuat dari susu sapi. Hidangan ini dapat ditambahkan ke berbagai makanan, mulai dari roti, pasta, hot dog, hingga sandwich. Menu ini sangat populer di kawasan ski Valais dan bagian lain dari Pegunungan Alpen Swiss

Raclette ditemukan oleh para gembala gunung Swiss yang biasa berkumpul di sekitar api unggun sambil memanggang kentang.

5. Käsespätzle

5 Olahan Keju Asal Eropa Tengah yang Bikin Jatuh Hati Sekali Cobakäsespätzle (Instagram.com/__kochen__mit__liebe__)

Käsespätzle adalah hidangan yang berasal dari Jerman. Menu ini adalah hidangan pasta sederhana yang menggabungkan pasta spätzle dengan campuran krim keju cair. Pasta atau mi dibuat dengan telur, tepung, susu atau air, dan bumbu seperti garam, merica, dan pala.

Sementara itu, käse mengacu pada campuran keju yang meleleh, yang biasanya dibuat dari kombinasi dua atau lebih jenis keju seperti keju edam, gouda, fontina, gruyère, appenzeller, atau emmental.

Olahan keju asal Eropa Tengah ini mampu membuat siapa pun jatuh cinta sekali coba. Aromanya juga sangatlah menggoda.

Baca Juga: Resep Sandwich Keju Kambing, Gak Kalah Lezat dari Keju Biasanya!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya