Comscore Tracker

Cicipi 7 Jajajan Unik Ini saat Wisata Kuliner di Pantai Padang

#ANGPOIN Jajanan khas Padang di Pantai Padang

Pantai Padang atau yang lebih dikenal dengan Taplau (singkatan dari Tapi Lauik/Tepi Laut) berjarak sekitar 20 km dari Bandara Internasional Minangkabau. Jika hari cerah, sunset nan indah akan nampak jelas dilihat dari tepi laut ini.

Saat bersantai di Taplau, wisata kuliner yang ditawarkan pantai ini sayang untuk dilewatkan. Jajanan khas dengan citra rasa Minang pun banyak ditemukan di sini. Berikut jajanan yang dapat kamu nikmati saat bersantai di Pantai Padang.

1. Karupuak leak

Cicipi 7 Jajajan Unik Ini saat Wisata Kuliner di Pantai Padangcookpad/lilis setiawati

Jajanan yang satu ini termasuk makanan jajanan yang paling dicari jika ke Taplau, disebut Karupuak (kerupuk) Leak karena konon katanya saat memakan makanan ini, kuah satenya akan berantakan (baleak).

Karupuak leak biasa disebut juga karupuak mie/ karupuak kuah sate. Karupuak leak biasa dihidangkan dengan kuah sate dan diberi toping bihun. Harga karupuak leak di taplau bekisar antara Rp2.000 - 5.000. Mau coba makan karupuak leak tanpa baleak hingga gigitan terakhir?

2. Pisang kapik

Cicipi 7 Jajajan Unik Ini saat Wisata Kuliner di Pantai Padangcookpad.com/biyay

Pisang kapik merupakan pisang yang dibakar di atas bara arang dari tempurung kelapa yang dijepit dengan alat khusus sehingga bentuk pisang menjadi gepeng. Pada bagian atas pisang dibubuhi topping luo atau unti (parutan kelapa yang dicampur gula merah atau gula pasir yang dicairkan).

Saat menyantapnya kamu akan merasakan kombinasi rasa manis asam dan sepat yang berpadu dengan sensasi bau arang terbakar. Pisang kapik cocok dimakan saat masih hangat sambil menikmati pemandangan Pantai Padang. Harganya berkisar antara Rp5.000 - 7.000.

3. Langkitang cucuik

Cicipi 7 Jajajan Unik Ini saat Wisata Kuliner di Pantai Padangkata-wahyu.blogspot.co.id

Langkitang termasuk dalam jenis moluska yang hidup di dalam cangkang. Berbeda dengan keong, langkitang memiliki tubuh lebih ramping dan memanjang. Biasanya Langkitang dimasak dengan kuah gulai. Cara makan nya dicucuik (diiisap) menggunakan mulut.

Tapi tidak semua orang dapat mengisap hingga si langkitang keluar. Jika tak mahir, bisa-bisa kamu hanya akan menikmati kuah gulainya saja. Ingin coba langkitang cucuik? dengan uang Rp5.000 kamu sudah dapat menikmati panganan unik ini di Taplau.

Baca Juga: 6 Kuliner Khas Minangkabau Ini Rasanya Manis, Gak Melulu Pedas!

4. Pensi

Cicipi 7 Jajajan Unik Ini saat Wisata Kuliner di Pantai Padangcookpad.com/ummi umar

Pensi bukan singkatan dari pentas seni lho ya. Jajanan satu ini merupakan makanan yang berasal dari Danau Maninjau, namun di Taplau juga banyak yang menjajakan makanan ini. Pensi merupakan sejenis kerang berukuran kecil yang biasanya ditumis beserta cangkangnya. Cara makannya lebih gampang dari langkitang, karena cangkangnya sudah terbuka saat direbus.

5. Bakso bakar

Cicipi 7 Jajajan Unik Ini saat Wisata Kuliner di Pantai Padangcookpad/fhani bersama

Bakso bakar yang dihidangkan dalam bentuk sate ini tidak kalah enak buat diajak nyantai saat berwisata di Pantai Padang. Bakso yang diberi olesan saus cabai dan kecap saat dibakar ini akan mengeluarkan aroma yang semerbak. Jika warna sudah kecokelatan, bakso ditaburi dengan bawang goreng dan siap untuk disantap.

6. Jagung bakar

Cicipi 7 Jajajan Unik Ini saat Wisata Kuliner di Pantai Padangcookpad/retno puji rahayu

Seperti pantai-pantai pada umumnya, di Pantai Padang juga terdapat penjual jagung bakar. Jagung bakar di sini tentunya dibumbui dengan ciri khas masakan Padang yang pedas. Jagung bakar dapat kamu nikmati dengan merogoh kocek cukup Rp5.000 saja.

7. Kelapa muda

Cicipi 7 Jajajan Unik Ini saat Wisata Kuliner di Pantai PadangPexels/7hust

Tak lengkap rasanya jika ke pantai tidak minum kelapa muda. Nah, setelah makan beberapa jajanan tadi, kamu bisa pesan kelapa muda di warung-warung sekitar pantai. Harganya Rp10.000 saja kok.

Bagaimana, sudah tentukan pilihan jajanan mana yang mau kamu beli saat bersantai di Pantai Padang? Cobain semuanya, karena citra rasa khas Padangnya tidak akan kamu temui di tempat lain.

Baca Juga: 5 Fakta Rendang Khas Minangkabau yang Harus Kamu Tahu

Regina Amalia Photo Verified Writer Regina Amalia

@reginaamalia.ra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You