Comscore Tracker

9 Tips Ampuh untuk Anak Kost, Tetap Kenyang di Akhir Bulan

Hemat gak harus menyiksa

Begitu banyak lika-liku menjadi seorang anak kost. Mendekati akhir bulan, seringkali kita menghadapi masa-masa dompet mulai kritis, bahkan kering. Kalau sudah begini, kamu pasti lebih memilih mie instan sepanjang hari, ya kan? Padahal gak sehat lho, Guys!

Supaya tak begitu menyedihkan di akhir bulan, IDN Times akan memberi tips untuk tetap sehat dan makan enak. Simak ya!

1. Paling penting adalah mengutamakan air mineral

9 Tips Ampuh untuk Anak Kost, Tetap Kenyang di Akhir Bulanmedicalnewstoday.com

Pada umumnya, fisik manusia bisa menahan haus hingga maksimal 3-5 hari. Sementara untuk menahan lapar, manusia bisa bertahan hingga delapan pekan. Air mineral bisa menetralkan rasa pahit di lidah agar tidak cepat lapar. Kalau mau lebih hemat lagi, air mineral ini bisa kamu masak sendiri ataupun siapkan dalam galon di kamarmu. 

2. Untuk menambah energi dalam tubuh, belilah susu bubuk agar lebih hemat

9 Tips Ampuh untuk Anak Kost, Tetap Kenyang di Akhir Bulanhswstatic.com

Hemat sih boleh-boleh saja, asalkan gak menyiksa perut. Agar energimu tetap terjaga, belilah susu sebagai persiapan sepekan atau bahkan sebulan.

Dibandingkan beli susu kotak, lebih baik susu bubuk, karena bakal lebih hemat. Minumlah teratur tiap pagi atau malam, agar tubuhmu lebih bugar dan tidak terlalu lapar.

3. Lebih hemat lagi kalau kamu masak nasi sendiri

9 Tips Ampuh untuk Anak Kost, Tetap Kenyang di Akhir Bulansafeclimate.net

Membeli lauk tanpa nasi memang terasa lebih hemat. Dengan memasak nasi, kamu bisa menentukan banyak tidaknya porsi yang diinginkan. Kamu jadi bisa lebih hemat, deh!

4. Sediakan oatmeal supaya lebih cepat kenyang

9 Tips Ampuh untuk Anak Kost, Tetap Kenyang di Akhir Bulanblackwhitevivid.com

Oatmeal merupakan makanan bergandum pengganti nasi. Pas banget nih untuk sarapan! Makanan ini bisa membantumu lebih hemat tiap pagi atau siang, karena sudah sarapan terlebih dahulu.

Oatmeal bisa membuat kenyang dan tidak mudah lapar. Bagus pula untuk keseimbangan tubuh, karena gandum mengandung karbohidrat. Asyiknya lagi, oatmeal rendah lemak lho.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Mengatur Uang Jajan untuk Anak Kost, Gak Takut Tanggal Tua

5. Sediakan cokelat untuk persediaan sepekan

9 Tips Ampuh untuk Anak Kost, Tetap Kenyang di Akhir Bulanmedicalnewstoday.com

Mau hemat, tapi tetap ingin jajan di luar? Dibandingkan jajan sembarangan, kamu bisa stok cokelat untuk mengganjal perut. Selain enak karena rasanya manis, cokelat ternyata cepat bikin kenyang. Makanlah cokelat di siang hari, biar tidak mengeluarkan uang lagi untuk ngemil.

6. Gak suka cokelat? Ganti dengan biskuit

9 Tips Ampuh untuk Anak Kost, Tetap Kenyang di Akhir Bulanmarkhewitson.photography

Sama halnya seperti biskuit bayi yang penuh gizi, kamu perlu menyediakannya selama sepekan. Belilah biskuit yang harganya terjangkau tapi memenuhi kebutuhan gizimu. Makanlah ini jika perutmu mulai keroncongan dan butuh makanan ringan.

7. Lauk andalan saat kritis nih!

9 Tips Ampuh untuk Anak Kost, Tetap Kenyang di Akhir Bulanrd.com

Telur merupakan senjata rahasia untuk bisa kenyang lama. Kamu bisa mengonsumsinya tiga kali seminggu dengan nasi yang kamu masak sendiri. Telur kaya akan protein, tentunya keseimbangan tubuhmu lebih terjamin. Jika kamu tidak memiliki kompor, kamu bisa kok memasaknya dengan menggunakan rice cooker.

8. Buah juga harus dipersiapkan lho, terutama pisang atau pepaya

9 Tips Ampuh untuk Anak Kost, Tetap Kenyang di Akhir BulanPixels.com

Buah sangat penting agar serat dalam tubuh lancar. Tetapi biasanya orang mengatakan bahwa buah itu mahal. Kamu tidak perlu khawatir soal itu, karena kamu cukup memakan pisang atau pepaya yang harganya lebih terjangkau. Pisang merupakan buah pengganti nasi dan pepaya juga tinggi serat, sehingga kamu akan kenyang lebih cepat.

9. Istirahat yang cukup

9 Tips Ampuh untuk Anak Kost, Tetap Kenyang di Akhir BulanInKefalonia.gr

Salah satu kebiasaan menjadi anak kost adalah kurangnya istirahat, karena sering lupa waktu. Dengan tidur cepat, kamu bisa melewatkan hari dengan cepat. Istirahat akan membuat sistem pencernaan bekerja dengan baik. Sebaliknya, begadang akan memacumu untuk lapar terus.

Nah, gimana, siap mempraktikkannya? Jangan sampai akhir bulan, gaya hidup jadi gak sehat ya!

Baca Juga: 6 Manfaat Ngekost yang Jarang Disadari Mahasiswa

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya