Comscore Tracker

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Kamu Cobain, Enak dan Bikin Nagih

Gak cuma kepiting Cak Gundul, lho

Kuliner khas Pasuruan yang langsung terbesit di pikiran kita mungkin hanya Kepiting Cak Gundul 1992. Berada di daerah perbatasan, Kabupaten Pasuruan punya banyak makanan khas yang sangat lezat. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kupang kraton

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Kamu Cobain, Enak dan Bikin Nagihinstagram.com/sbykulinerinfo

Pasuruan punya kupang kraton yang cara penyajiannya dicampur dengan bumbu bawang putih, petis, jeruk nipis, irisan lento, dan lontong. Kamu bisa menemukannya di sepanjang Jalan Ir. Juanda, Pasuruan, dengan mudah. Bakal makin nikmat kalau dimakan bareng es degan dan sate kerang.

2. Nasi punel

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Kamu Cobain, Enak dan Bikin NagihIDN TImes/Reza Iqbal

Inilah nasi campur khas Pasuruan yang terdiri dari beragam lauk pauk. Kamu bisa memilih ayam, daging, paru, jeroan, sate kerang, dan sebagainya. Makan satu porsi saja sudah bisa bikin kamu kenyang banget.

3. Jamu kebonagung

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Kamu Cobain, Enak dan Bikin Nagihinstagram.com/pakbreng_psrn

Jamu khas Pasuruan ini tidak terlalu pahit. Bahan utamanya menggunakan bunga pala, lada, kayu manis, kapulaga, cengkeh, cabai, serai, dan gula Jawa. Rasanya makin nikmat kalau disajikan dengan es batu.

4. Klepon

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Kamu Cobain, Enak dan Bikin Nagihinstagram.com/umimamoto

Klepon memang mudah ditemukan di berbagai daerah. Namun, Klepon Pasuruan punya sensasi unik saat dimakan. Rasanya kenyal dan manis, perpaduan kelapa parut dan gula merahnya pas. Sekali gigit, bakal lumer di lidah.

5. Botok tempe

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Kamu Cobain, Enak dan Bikin Nagihinstagram.com/bubu.elgazanio

Makanan tradisional satu ini cukup mudah ditemukan di Pasuruan. Tempe dikukus dengan daun pisang, sehingga membuat aromanya menggoda. Ada banyak variasi yang bisa kamu pilih, seperti dipadukan dengan kerang, teri lamtoro, daun singkong, udang, pete, hingga daun sembukan.

6. Rawon sate komoh

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Kamu Cobain, Enak dan Bikin Nagihinstagram.com/kokojoehan

Rawon di Pasuruan, sekilas tampak seperti daerah lainnya di Indonesia. Bedanya ada pada kuahnya yang hitam pekat. Komposisinya terdiri dari bawang merah, bawang putih, daun jeruk purut, serai, laos, dan jinten. 

Sebagai pelengkap, rawon di Pasuruan selalu disertai sate komoh. Sate daging berukuran besar yang empuk.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Kediri yang Enak & Bikin Nagih, Sudah Coba yang Mana?

7. Bipang jangkar

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Kamu Cobain, Enak dan Bikin Nagihbipangjangkar.com

Jajanan legendaris ini masih eksis sejak 1949. Biasanya bipang jangkar dilirik sebagai buah tangan, karena rasanya bervariasi. DIbuat dari beras ketan, kini rasanya ada kopi, mangga, stroberi, susu vanila, kelapa, dan sebagainya.

8. Permen jahe

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Kamu Cobain, Enak dan Bikin Nagihinstagram.com/sasmitaedo

Kamu pasti tak asing dengan permen jahe ini, kan? Perpaduan rasa pedas dan manisnya bikin banyak orang ketagihan dibuatnya. Kemasan kertasnya yang masih terjaga menjadi ciri khasnya.

9. Cenil

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Kamu Cobain, Enak dan Bikin Nagihagrowindo.com

Terbuat dari tepung tapioka, cenil khas Pasuruan punya bentuk memanjang dan warna-warni. Supaya rasanya lebih lezat, terdapat parutan kelapa di atasnya. Biasanya, cenil mudah ditemukan di kawasan Apollo hingga Gempol.

10. Soto

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Kamu Cobain, Enak dan Bikin Nagihinstagram.com/luckyluck23

Selain rawon, Pasuruan juga punya soto yang tak kalah enak. Soto gondrong namanya. Makanan ini unik karena perpaduan rempah-rempahnya.

Tersedia aneka lauk tambahan, seperti tempe, telur, sate, dan aneka gorengan. Harganya yang relatif terjangkau juga menjadi alasan kepopuleran soto gondrong.

Nah, itulah beberapa kuliner lezat yang bisa kamu coba di Kabupaten Pasuruan. Bisa menjadi pilihan "isi bensin" selepas liburan dari Bromo, Taman Safari, Kebun Raya Purwodadi, air terjun Kakek Bodo, dan lainnya, nih!

Baca Juga: 10 Makanan Khas Madura yang Enak, Semuanya Bikin Ngiler

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You