Comscore Tracker

Rekomendasi 4 Kuliner Sate Khas Pulau Lombok yang Harus Kamu Coba

Cicip cicip, dijamin enak dan bikin ketagihan.

Setiap daerah di Nusantara memiliki kuliner yang khas. Ada beberapa daerah memiliki kuliner yang sama namun tetap ada perbedaannya. Nah, bagi kalian yang sedang atau akan berkunjung ke pulau Lombok tentu tidak boleh ketinggalan untuk mencoba kuliner khasnya. Ini dia rekomendasi kuliner sate yang sangat terkenal dan khas di pulau Lombok dan HARUS kamu coba. Yuk siap-siap ngilerrr...

1. Sate Bulayak

Rekomendasi 4 Kuliner Sate Khas Pulau Lombok yang Harus Kamu Cobaletsplayplanet.com

Kuliner sate yang satu ini sangat terkenal di Lombok. Bulayak adalah sejenis lontong yang dibungkus dengan daun aren  atau enau dengan bentuk memanjang seperti spiral. Sedangkan satenya terbuat dari daging sapi yang dilumuri bumbu khas sasak.

Cara makannya sangat unik, untuk membuka bulayak harus dengan gerakan memutar kemudian di cocol ke bumbu satenya. Untuk dapat menikmati sate bulayak ini, kalian bisa mengunjungi beberapa objek wisata seperti Taman Narmada, Taman Suranadi, Senggigi, dll. Harga untuk satu porsi sate bulayak ini berkisar 20-25 ribu  saja. Cukup terjangkau bukan? Dijamin rasanya juga enak dan patut untuk di coba.

2. Sate Rembige

Rekomendasi 4 Kuliner Sate Khas Pulau Lombok yang Harus Kamu Cobabenylomboktravel.com

Sate Rembiga merupakan salah satu kuliner sate khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kenikmatan sate ini sudah cukup terkenal dan hampir seluruh turis lokal maupun asing yang datang ke Lombok pasti menyempatkan diri untuk mencicipinya. Sebenarnya ada banyak yang menjual sate ini di Lombok, tapi hanya beberapa yang namanya cukup dikenal.

Salah satunya warung Sate Rembiga milik Ibu Sinnaseh yang berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Rembiga, Selaparang-Mataram. Sate yang terbuat dari daging sapi dengan bumbu khas yang sangat pedas ini cocok untuk kamu yang doyan makanan pedas. Harga untuk satu porsi (10 tusuk) sate rembige yaitu 20 ribu saja dan kamu bisa makan dengan nasi, lontong serta kerupuk ditemani minuman yang dingin dan segar. Recommended banget!

3. Sate Pusut

Rekomendasi 4 Kuliner Sate Khas Pulau Lombok yang Harus Kamu Cobaid.pinterest.com

Kuliner sate lainnya yaitu sate pusut yang merupakan salah satu makanan khas dari daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sate ini dibuat dengan melilitkan daging sapi yang sudah digiling dan dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu. Pada tusukan sate dimana ukuran tusukannya lebih besar dari tusukan sate pada umumnya. Bumbu khas yang meresap ke dalam daging sebelum dibakar membuat rasa yang begitu nikmat. Sate pusut  ini banyak dijual di beberapa tempat, seperti Rembige dan Ampenan. Buat pecinta sate, wajib untuk dicoba dan dijamin ketagihan.

4. Sate Tanjung

Rekomendasi 4 Kuliner Sate Khas Pulau Lombok yang Harus Kamu Cobaranyoga.wordpress.com

Kuliner sate khas Lombok yang terakhir yaitu sate tanjung. Sate ini berbeda dari sate sebelumnya  yang terbuat dari daging sapi. Sate ini terbuat dari ikan Cakalang atau Langoan. Rasa gurih dan pedas dari sate dengan santan dan rempah-rempah sangat terasa.  Sate tanjung sangat nikmat bila disantap dalam keadaan hangat bersama lontong atau nasi tergantung selera. Kamu bisa dapatkan sate ini di pasar Tanjung atau terminal Tanjung karena mencicipi kuliner ini lebih afdol jika langsung di daerah asalnya yaitu Tanjung daripada di tempat lain. Buat kamu yang lagi di Lombok, Sate Tanjung wajib jadi salah satu kuliner yang harus kamu coba.

Itu dia kuliner sate yang harus kamu coba ketika berada di pulau Lombok. Sangat menggugah selera bukan? sebenarnya masih ada kuliner enak lainnya khas Lombok, tapi writer bakal bahas di artikel lainnya.Termakasih sudah membaca.. Selamat Mencicipi kulinernya :)

RISA INTAN Photo Community Writer RISA INTAN

Read, Think, Write

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You