Comscore Tracker

Awas Auto Lapar, 6 Kuliner Jawa Timur Ini Lezatnya Gak Ketulungan!

#HaloJatim Enak-enak, lho bro dan sis!

Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terluas yang letaknya ada di paling timur dari Pulau Jawa dan memiliki berbagai macam kebudayaan serta seni yang khas dan masih lestari.

Untuk masalah kuliner di Jawa Timur, ada beberapa kuliner khas yang harus kamu coba sekarang juga dari berbagai daerah di provinsi tersebut. Apa saja itu? Check it out!

1. Ayam Lodho, Tulungagung

Awas Auto Lapar, 6 Kuliner Jawa Timur Ini Lezatnya Gak Ketulungan!instagram.com/dorogepakprasmanan

Ayam Lodho dan kari ayam hampir mirip, namun berbeda cara pengolahannya. Ayam Lodho dibakar terlebih dahulu kemudian baru dimasukkan dan dimasak bersama bumbu santan, berbeda dengan kari ayam yang langsung dimasukkan tanpa dibakar.

Tekstur daging ayamnya juga akan semakin lembut dan tanpa "perlawanan", sesuai arti dari kata Lodho yang berarti mudah lepas setelah diolah lumayan lama. Dijamin, rasa dari bumbu rempahnya sangat terasa gurih dan pedasnya mantap, karena sangat meresap!

Dulu, olahan ini hanya disajikan untuk acara selamatan dan syukuran saja. Tapi, sekarang setiap hari kamu bisa menemuinya jika ke Tulungagung, karena banyak yang berjualan kuliner yang satu ini.

2. Bonggolan, Gresik

Awas Auto Lapar, 6 Kuliner Jawa Timur Ini Lezatnya Gak Ketulungan!instagram.com/bonggolan_cakgendos

Berbentuk lonjong dan sekilas mirip cireng, Bonggolan terbuat dari olahan ikan laut yang dicampur bersama tepung kanji, terigu dan bumbu-bumbu sederhana kemudian dibungkus daun pisang lalu dikukus. Dan rasanya, pasti berbeda jauh dengan cireng meskipun sekilas mirip.

Untuk menikmatinya, setelah dikukus bisa langsung dimakan atau diiris tipis-tipis dulu kemudian dijemur dan digoreng. Untuk yang digoreng, lebih nikmat jika dicocol dengan saus atau sambal.

Baca Juga: Ke Jawa Timur, Pantang Deh Melewatkan 7 Kuliner Mak Nyuss Ini!

3. Jenang Syabun, Tulungagung

Awas Auto Lapar, 6 Kuliner Jawa Timur Ini Lezatnya Gak Ketulungan!instagram.com/tulungagungtourism

Sekilas dari namanya akan berpikiran terbuat dari sabun, nyatanya bukan. Jenang ini terbuat dari beras ketan yang dicampur gula jawa dan pasir serta bahan-bahan lainnya. Tekstur jenang syabun ini kenyal, lembut tapi gak lengket. Karena hal itu, orang luar negeri banyak yang pesan.

Makanan ini dinamakan "Jenang Syabun" karena menurut cerita dari masyarakat lokal, jenang ini dulu dijajakan oleh seorang nenek. Nama neneknya bernama Mbah Saubun, tapi seringnya disapa Mbah Sabun. Akhirnya, jenang yang dijajakan oleh nenek tersebut, populer dengan nama Jenang Sabun.

4. Kare Rajungan, Tuban

Awas Auto Lapar, 6 Kuliner Jawa Timur Ini Lezatnya Gak Ketulungan!instagram.com/yongyen88

Rajungan yang masih bersaudara dengan kepiting, cangkangnya ada bentolan berwarna putih dan dagingnya juga lebih empuk serta manis dari kepiting. Nah, di Tuban, Rajungan yang terkenal nggak bisa diternak karena cuman bisa hidup di air laut, dijadikan kuliner bernama Kare Rajungan. Kare Rajungan Tuban yang sangat terkenal ada di Manunggal Jaya.

Rasanya bagaimana? Tentu saja sangat enak dan pedasnya "sadis"! Karena terbuat dari bergai macam rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, daun jeruk purut, daun sereh, jahe, kemiri, kencur, ketumbar, kunyit, lengkuas dan tentunya kelapa.

5. Nasi Lethok, Ngawi

Awas Auto Lapar, 6 Kuliner Jawa Timur Ini Lezatnya Gak Ketulungan!instagram.com/imanueljeff

Dikenal juga dengan sebutan Sambal Tumpang, adalah sebuah kuliner yang terbuat dari bahan utama bernama tempe semangit, yaitu tempe hasil fermentasi. Kemudian dicampur untuk diolah lagi dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, daun jeruk, garam, kencur, lengkuas, racikan bumbu cabai dan santan.

Di dalam Lethok, ada berbagai macam isian, misalnya seperti petai, rambak dan tahu. Untuk menyantapnya, lazim menggunakan nasi, sehingga disebut Nasi Lethok.

Lebih enak jika ditemani dengan ayam goreng, empal, ikan goreng, rempeyek, tahu goreng, telur ceplok, tempe goreng dan sebagainya.

6. Sego Becek, Nganjuk

Awas Auto Lapar, 6 Kuliner Jawa Timur Ini Lezatnya Gak Ketulungan!instagram.com/pejalan_lokal

Sego Becek (Bahasa Indonesia: Nasi Becek), adalah hidangan khas dari Nganjuk yang rupanya mirip kari kambing. Ternyata, kuliner khas ini sudah ada sejak zaman Belanda, yaitu sekitar tahun 1915-1920. Bahasa Belandanya Sego Becek adalah De Trieste Rijst. Meskipun menyerupai kari kambing, isiannya hampir sama dengan soto babat.

Mulai bingung? Jangan bingung! Karena, namanya tetap Sego Becek yang menggunakan daging kambing dan dipotong seukuran sate serta ditambah irisan bawang bombay atau merah untuk menambah kelezatan rasanya yang manis. Hal itu menjadikannya berbeda dengan hidangan lain di Jawa Timur yang cenderung asin.

Dinamakan Sego Becek, karena disajikan bersamaan dengan nasi hangat yang di atas nasinya ditaburi kecambah, irisan kobis dan seledri.

Siap untuk menggoyangkan lidah?

Baca Juga: Menjajal Kenikmatan Sega Nyangku, Kuliner Khas Lereng Gunung Slamet

Riyan Sumarno Photo Community Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You