Comscore Tracker

Diremehkan, 5 Kuliner Ikan Tawar Ini Bisa Bikin Lidah Kepincut Rasanya

#IDNTimesFood Selain enak, ikan tawar ini juga bergizi lho

Indonesia tidak hanya memiliki kuliner olahan ikan laut saja. Banyak sekali kuliner yang kenikmatannya berasal dari ikan air tawar. Saking banyaknya, beberapa di antaranya masuk kategori underrated atau diremehkan.

Padahal mempunyai kenikmatan tersendiri yang bikin lidah kepincut. Mau tahu, apa saja kuliner dari ikan tawar tersebut? Yuk, intip dan cobain satu per satu!

1. Ikan wader goreng

Diremehkan, 5 Kuliner Ikan Tawar Ini Bisa Bikin Lidah Kepincut RasanyaIkan wader goreng (instagram.com/daerahistimewayogyakarta)

Meski ukurannya kecil, kenikmatan dari ikan wader goreng tak pernah mengecewakan lidah penikmatnya. Kuliner yang sering diremehkan ini populer sekali di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Biasanya, ikan wader goreng disajikan bersama nasi putih dan sambal. Ada pula yang menjadikanannya sebagai lauk tambahan pendamping nasi campur hingga nasi pecel seperti pada gambar di atas.

2. Ikan uceng goreng

Diremehkan, 5 Kuliner Ikan Tawar Ini Bisa Bikin Lidah Kepincut RasanyaIkan uceng goreng (instagram.com/sellaen4)

Ikan uceng juga ikan tawar yang ukurannya kecil. Lebih kecil ketimbang ikan wader. Kesamaan ikan uceng dan ikan wader yakni sama-sama banyak dikonsumsi oleh masyarakat yang bermukim di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Ikan uceng sendiri sebenarnya dapat diolah menjadi makanan apapun, tapi paling sering digoreng dengan tepung. Saat matang, ikan uceng goreng disajikan bersama lalapan dan sambal, dijadikan sebagai pendamping nasi putih.

Baca Juga: 7 Kuliner Ikan Kuah Khas Sumatera, Ada yang dari Ikan Hiu Lho

3. Ikan peletuk bumbu kuning

Diremehkan, 5 Kuliner Ikan Tawar Ini Bisa Bikin Lidah Kepincut RasanyaIkan pletuk bumbu kuning (instagram.com/f_nopisa)

Jika dua kuliner olahan ikan tawar sebelumnya populer di tanah Jawa. Ikan peletuk bumbu kuning merupakan kuliner ikan sungai favorit masyarakat Kalimantan, khususnya Pontianak. 

Tak ada ikan sungai tertentu untuk membuat kuliner lezat ini. Penikmatnya bisa memilih ikan sesuai selera. Bisa ikan mas, gurame, hingga ikan nila yang nantinya dimasak dengan bumbu kuning.

4. Ikan salai

Diremehkan, 5 Kuliner Ikan Tawar Ini Bisa Bikin Lidah Kepincut RasanyaIkan salai (instagram.com/ henikupik_alziyashop)

Berasal dari Sumatera Selatan, ikan salai adalah ikan yang diolah dengan cara diasapi. Ikan tersebut terdiri dari ikan tawar seperti ikan lais, gabus, baung, dan seluang. Di daerah asalnya ikan salai biasanya jadi lauk pendamping ketika menikmati lembutnya bubur nasi atau diolah kembali menjadi pindang, gulai, hingga sambal ikan salai.

5. Ikan bilih balado

Diremehkan, 5 Kuliner Ikan Tawar Ini Bisa Bikin Lidah Kepincut RasanyaIkan bilih balado (instagram.com/dapoer_sampingan)

Ikan bilih merupakan ikan tawar yang hidup di Danau Maninjau dan Danau Singkarak. Di Sumatera Barat, ikan dengan ukuran kecil ini sering diolah menjadi ikan bilih balado. Olahan ikan dengan cita rasa gurih dan pedas.

Karena telah diracik dengan cita rasa pedas, ikan bilih balado tinggal dihidangkan bersama nasi putih hangat dan lalapan.

Itu tadi lima kuliner dari ikan air tawar di Indonesia yang sering diremehkan padahal kelezatannya mampu bikin lidah kepincut. Kamu mesti banget mencoba salah satu atau mungkin semua kuliner yang telah disebutkan tadi, minimal sekali dalam seumur hidup. Supaya punya pengalaman baru dalam kulineran!

Baca Juga: Gak Bisa Disepelekan! Ini 6 Nutrisi Penting dalam Ikan Teri  

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya