Comscore Tracker

8 Kudapan Isian Khas Indonesia Ini Gurihnya Luar Dalam!

Kamu suka yang mana?

Yang gurih, emang suka bikin nagih begitu gigitan pertama dimulai. Ketika mulai nagih, mencicipi satu saja sepertinya lidah kurang ikhlas dan berusaha menambahnya lagi dan lagi.

Seperti delapan kudapan isian khas Indonesia ini yang gurihnya luar dalam. Gak cuma bikin nagih, melahapnya cukup meredakan rasa lapar. Dari kudapan berikut ini, mana nih yang kalian suka? 

1. Semar Mendem

8 Kudapan Isian Khas Indonesia Ini Gurihnya Luar Dalam!instagram.com/jajansolo

Masih saudaraan dengan lemper, semar mendem salah satu kudapan gurih yang terbuat dari ketan dengan isian daging ayam cincang, lalu dibungkus dengan telur dadar. Gurihnya luar dalam, semar mendem sering disandingkan dengan kue manis seperti pai buah atau nagasari sebagai hidangan yang ada dalam snack box.

2. Sosis Solo

8 Kudapan Isian Khas Indonesia Ini Gurihnya Luar Dalam!instagram.com/ezcookingbaking

Daging sapi atau ayam giling menjadi isian sosis Solo. Dibalut dengan kulit luar yang tebuat dari telur dadar, kudapan khas Solo ini dapat dinikmati dengan dua pilihan yaitu digoreng atau dikukus yang biasa disebut sosis basah. Secangkir teh hangat, teman terbaik untuk menikmati gurihnya sosis Solo.

3. Gogos

8 Kudapan Isian Khas Indonesia Ini Gurihnya Luar Dalam!instagram.com/foodstudio_mks

Sekilas mirip lemper, karena bahan pembuatannya pun sama. Perbedaannya terletak pada isian dan cara membuatnya. Si gurih yang terkenal di daerah timur Indonesia ini memiliki isian berupa suwiran ikan tuna atau tongkol.

Tahap akhir pembuatan gogos ialah dipanggang di bara api. Dari segi bentuk, gogos lebih panjang ketimbang lemper. Wah! Bikin kenyang sekali lahap nih.

4. Panada

8 Kudapan Isian Khas Indonesia Ini Gurihnya Luar Dalam!instagram.com/susie.agung

Masih dengan isian ikan, kudapan asal Manado warisan bangsa Spanyol ini gak hanya gurih luar dalam tapi juga mengenyangkan. Sering dikira pastel, panada tidak memiliki campuran sayuran pada isiannya. Agar menikmati panada kian mantap, cocol ke sambal atau tambahkan banyak cabai pada saat membumbui isi panada.

Baca Juga: 7 Camilan ala Chef Profesional yang Seru Dimakan Ramai-Ramai

5. Lemper

8 Kudapan Isian Khas Indonesia Ini Gurihnya Luar Dalam!instagram.com/haru_ixoraa

Dahulu, lemper hanya sebatas dikukus lalu dibungkus daun pisang. Seiring berkembangnya zaman, lemper yang identik dengan isian suwiran daging ayam ini usai dibungkus daun pisang lalu dipanggang. Hampir serupa dan sama nikmatnya dengan gogos, lemper cocok dinikmati di segala waktu.

6. Lumpia

8 Kudapan Isian Khas Indonesia Ini Gurihnya Luar Dalam!instagram.com/dapoersikoko

Sekilas mirip sosis Solo, lumpia memiliki penampakan lebih ramping. Kudapan gurih berdarah Tionghoa ini punya isian berupa rebung atau suwiran daging ayam. Ketika digigit, kulit lumpia goreng terasa sedikit kriuk ketimbang sosis Solo.

Gak hanya digoreng, terdapat lumpia basah juga lho. Mau yang kriuk atau lembut, semuanya mantap begitu sampai di lidah.

7. Tahu Baso

8 Kudapan Isian Khas Indonesia Ini Gurihnya Luar Dalam!instagram.com/yuliafoods

Punya isian baso yang terbuat dari daging sapi giling, tahu baso salah satu kudapan yang gak hanya gurih tapi juga bikin kita gak berhenti melahapnya begitu menyantap yang pertama. Dicolek ke saus sambal atau dengan dikunyah bersama cabai rawit, gurihnya tahu baso tetap mantap dinikmati.

8. Kroket

8 Kudapan Isian Khas Indonesia Ini Gurihnya Luar Dalam!instagram.com/waroengmama01

Kudapan blasteran Perancis ini berbahan dasar kentang dan punya isian berupa daging cincang yang dicampur dengan sayuran. Sebelum digoreng, adonan kentang ini sebelumnya dibentuk bulat atau lonjong dilumuri telur dan taburan tepung panir. Jangan tanya soal rasa! Gurihnya sampai gigitan terakhir.

Kudapan di atas bikin ngiler, ya! Dari delapan kudapan isian tersebut, mana nih yang menggoda lidahmu? Tulis di kolom komentar, ya.

Baca Juga: 15 Camilan Khas Sumatera Barat yang Wajib Kamu Coba, Pasti Doyan!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You