Comscore Tracker

9 Kuliner Lokal Serba Ikan yang Cocok untuk Makanan Ringan Keluarga

Enak dan bergizi!

Tak seperti daging merah, ikan merupakan bahan makanan yang dapat diolah apa pun. Bisa disajikan sebagai lauk untuk makan berat. Atau, dapat pula dinikmati sebagai makanan ringan untuk camilan.

Di Indonesia, makanan ringan berbahan dasar dari ikan cukup banyak lho! Bahkan bisa bikin kamu bingung untuk memilih. Dan berikut, sembilan rekomendasi kuliner lokal serba ikan yang dapat disajikan untuk keluarga. Catat, ya!

1. Otak-otak

9 Kuliner Lokal Serba Ikan yang Cocok untuk Makanan Ringan Keluargainstagram.com/otakotaknyelly

Otak-otak umumnya berbahan dasar ikan tenggiri dan tepung sagu. Makanan ringan ini dibungkus memanjang dengan menggunakan daun pisang, dan diolah dengan cara dibakar. Otak-otak dilengkapi juga dengan bumbu kacang, yang menambah sensasi rasanya saat dikunyah.

2. Tahu tuna

9 Kuliner Lokal Serba Ikan yang Cocok untuk Makanan Ringan Keluargainstagram.com/tahutunapacitan

Sesuai dengan namanya, tahu tuna berbahan dasar dari ikan tuna. Untuk membuat tahu tuna, kamu memerlukan tahu kopong yang kemudian diisi dengan adonan tuna lalu dikukus. Proses penyajian tahu tuna dapat dilakukan tergantung selera. Tahu tuna dapat langsung dimakan usai dikukus, atau digoreng setelah matang dikukus.

3. Siomay

9 Kuliner Lokal Serba Ikan yang Cocok untuk Makanan Ringan Keluargainstagram.com/siomaylim

Selain otak-otak, siomay termasuk jenis dumpling yang terbuat dari ikan dan tepung. Siomay makin nikmat dan sempurna mana kala disajikan bersama pelengkap seperti kentang, pare, kol, dan tahu putih, yang semuanya telah dikukus. Jangan lupakan bumbu kacang, saus, dan jeruk limau ya!

4. Gogos ikan

9 Kuliner Lokal Serba Ikan yang Cocok untuk Makanan Ringan Keluargainstagram.com/foodstudio_mks

Gogos ikan serupa dengan lemper karena sama-sama berbahan beras ketan. Hanya saja, usai dikukus, gogos ikan akan dipanggang terlebih dahulu sebelum disajikan. Gogos ikan juga memiliki isian wajib yakni ikan suwir yang ditumis.

Baca Juga: 7 Kuliner Ikan Kuah Khas Sumatera, Ada yang dari Ikan Hiu Lho

5. Panada

9 Kuliner Lokal Serba Ikan yang Cocok untuk Makanan Ringan Keluargainstagram.com/panadaomalondo

Panada tak lain adalah roti goreng yang memiliki bentuk seperti kue pastel. Namun, punya ukuran sedikit besar. Panada memiliki isian berupa tumis ikan suwir yang mempunyai rasa pedas gurih.

6. Pempek panggang

9 Kuliner Lokal Serba Ikan yang Cocok untuk Makanan Ringan Keluargainstagram.com/pempek.panggang.syeis

Pempek panggang dibuat dengan bahan sama pada umumnya pempek. Usai dikukus, pempek dipanggang hingga tekstur luarnya mulai nampak kering. Selain diberi cuko, pempek panggang umumnya disajikan dengan cara dibelah pada bagian tengahnya, kemudian diberi campuran ebi sangrai, cabai dan kecap.

7. Celimpungan

9 Kuliner Lokal Serba Ikan yang Cocok untuk Makanan Ringan Keluargainstagram.com/the1o1palembang

Celimpungan merupakan makanan ringan berkuah santan yang dimasak dengan rempah berupa kunyit, kemiri, daun serai, dan lainnya. Bola-bola celimpungan terbuat dari ikan yang dicampur dengan tepung, kemudian direbus pada air mendidih.

8. Bakso ikan bakar

9 Kuliner Lokal Serba Ikan yang Cocok untuk Makanan Ringan Keluargainstagram.com/bakaranganyar

Bakso ikan bakar juga enak disajikan untuk keluarga. Tusukkan beberapa bakso sesuai selera, kemudian dipanggang hingga matang. Setelah matang, kucuri bakso dengan saus atau mayones. Bisa juga memanggang bakso bakar dengan bumbu lokal seperti kecap dan merica.

9. Bakso ikan

9 Kuliner Lokal Serba Ikan yang Cocok untuk Makanan Ringan Keluargainstagram.com/machiavelli.kitchen

Selain dibakar, kamu juga bisa menghidangkan bakso ikan dengan kuah. Enggak perlu ribet! Kuah bakso ikan bisa menggunakan bumbu yang ada di dapur seperti kaldu, garam, dan merica bubuk.

Piihan kuliner serba ikan di atas cukup beragam, bukan? Kira-kira, kamu akan menyajikan makanan ringan berbahan ikan yang mana untuk keluarga? Pastikan membuat dengan porsi yang tepat, ya, supaya semua anggota keluarga kebagian.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Ikan Tuna yang Rasanya Bikin Lidah Goyang, Wajib Dicoba

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya