Comscore Tracker

7 Dessert Basah Khas Asia yang Manjakan Lidah Penikmatnya

Bikin perut jadi kenyang juga, lho!

Saat sedang santai, menikmati legitnya dessert basah yang memanjakan lidah bikin suasana hati berubah menjadi lebih baik. Dessert basah ialah hidangan penutup yang dimasak dengan cara dikukus atau rebus. Sehingga menghasilkan tekstur yang legit saat disantap.

Tidak hanya kue, dessert basah juga berbentuk puding. Dan berikut ini, ada tujuh dessert basah khas Asia yang manjakan lidah penikmatnya.

1. Kue cantik manis

7 Dessert Basah Khas Asia yang Manjakan Lidah Penikmatnyadiahdidi.com

Dessert legit basah khas Betawi, ini tidak hanya penampilannya saja yang cukup menggoda mata. Rasa manisnya juga ambyar di lidah begitu kalian mengunyahnya.

Kue cantik manis terbuat dari tepung hunkwe, santan, sagu mutiara, beserta bahan lainnya yang dimasak dengan cara merebus bahan. Ketika adonan matang kue cantik manis matang, dan sedikit dingin. Biasanya dituang pada plastik makanan atau cetakan hingga teksturnya padat atau mengental dengan sendirinya.

2. Banh bo

7 Dessert Basah Khas Asia yang Manjakan Lidah Penikmatnyanauankhongkho.vn

Terbuat dari tepung beras, banh bo adalah dessert legit basah asal Vietnam yang nikmat sekali dihidangkan bersama secangkir kopi. 

Banh bo dimasak dengan cara dikukus. Di Indonesia, banh bo kembaran dari kue apam kukus yang disajikan dengan beragam warna sehingga menggugah selera makan.

3. Gyeongdan

7 Dessert Basah Khas Asia yang Manjakan Lidah Penikmatnyablog.inspiremekorea.com

Identik berbentuk bulat mungil dengan selimut beragam taburan yang menyempurnakan rasa. Gyeongdan berasal dari Korea Selatan, dan terbuat dari tepung beras beserta bahan lainnya yang dimasak dengan cara direbus.

Gyeondan memiliki isian berupa pasta kacang merah. Taburan yang menyelimuti gyeongdan juga cukup beragam. Mulai dari bubuk wijen hitam, kedelai panggang, bubuk mugwort, hingga kelapa parut.

Baca Juga: Lezatnya 5 Dessert dari Kanada, Wajib Dicoba untuk Kamu Penyuka Manis!

4. Yokan

7 Dessert Basah Khas Asia yang Manjakan Lidah Penikmatnyajpninfo.com

Yokan terbuat dari pasta kacang merah yang diolah bersama agar dan gula. Dessert legit basah ini cukup populer sebagai makanan penutup di Jepang dan Tiongkok, yang manjakan lidah penikmatnya.

Biar makin nikmat, tak jarang masyarakat Jepang menambahkan adonan yokan dengan kacang atau potongan buah non manis seperti stroberi.

5. Kek lumut

7 Dessert Basah Khas Asia yang Manjakan Lidah Penikmatnyaexpactinmalaysia.wordpress.com

Meski namanya bikin setiap orang ragu untuk memakannya. Kalian perlu banget cobain legitnya kek lumut, dessert legit basah asal Sarawak, Malaysia.

Identik memiliki warna hijau, kek lumut terbuat dari tepung dan bahan lainnya dengan tambahan wajib berupa pasta pandan, yang dimasak dengan cara dikukus.

6. Wattalapam

7 Dessert Basah Khas Asia yang Manjakan Lidah Penikmatnyamatadornetwork.com

Sering dijadikan sebagai kudapan untuk berbuka puasa umat muslim di Sri Lanka, wattalapam tak lain ialah puding yang terbuat dari santan, jaggery, susu kental manis, serta bahan lainnya yang biasa dilengkapi kacang almond sebagai topping.

7. Firni

7 Dessert Basah Khas Asia yang Manjakan Lidah Penikmatnyatarasmulticulturaltable.com

Jika di Palestina, dessert khas Pakistan ini memiliki panggilan roz bil laban. Apa pun namanya, puding nasi nan manis ini terkenal sekali sebagai hidangan buka puasa di Timur Tengah.

Tidak sekadar makanan penutup, firni juga cukup bikin perut kenyang. Bahan pembuatannya terdiri dari nasi, susu, gula, pala, kayu manis, dan air. Firni memiliki topping bebas tergantung selera. Ada yang memilih kacang pistacio atau kismis.

Itu tadi tujuh dessert legit basah khas Asia yang memanjakan lidah penikmatnya. Bisa nih salah satunya dijadikan sebagai camilan selama di rumah aja!

Baca Juga: 10 Dessert Enak Ini Bikin Anak Betah di Rumah Selama #DiRumahAja

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya