Comscore Tracker

Jangan Dibuang! 5 Hidangan Ini Bisa Dibuat dengan Air Rebusan Daging

Manfaatkan sekalian menjadi hidangan yang lezat

Sebelum diolah menjadi suatu hidangan yang lezat. Daging melalui tahap perebusan terlebih dahulu supaya empuk. Air rebusan daging ini disebut juga dengan kaldu, yang mana dapat berfungsi sebagai pemberi rasa gurih dan menonjolkan cita rasa pada suatu hidangan.

Lima hidangan ini bisa dibuat dengan air rebusan daging alias kaldu. Ada apa saja?

1. Sup dan soto 

Jangan Dibuang! 5 Hidangan Ini Bisa Dibuat dengan Air Rebusan Daging.sbs.com.au

Kaldu daging tak luput dari makanan berkuah ini. Meski nantinya bertemu dengan bumbu, cita rasa kaldu mudah dikenali oleh lidah. Sebab itu, terasa hambar jika membuat sup maupun soto tanpa menggunakan kaldu.

Tak perlu menyontek kuliner mancanegara karena banyak sup dan soto khas Nusantara yang wajib menggunakan kaldu seperti sup konro, sup tunjang, dan lainnya. Bahkan soto berkuah santan sekali pun menambahkan kaldu supaya gurihnya nendang.

2. Bubur nasi 

Jangan Dibuang! 5 Hidangan Ini Bisa Dibuat dengan Air Rebusan Dagingchristinebailey.co.uk

Air rebusan daging memiliki manfaat salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh. Karena itulah bubur nasi menjadi makanan wajib dikonsumsi ketika seseorang merasa kurang fit atau sedang sakit.

Bubur nasi dari berbagai negara, tak pernah ketinggalan menambahkan kaldu. Contoh seperti bubur ayam khas Nusantara, congee dari Tiongkok, dan okayu di Jepang.

Baca Juga: 7 Hidangan Ulang Tahun dari Berbagai Negara, Sudah Pernah Coba?

3. Casserole 

Jangan Dibuang! 5 Hidangan Ini Bisa Dibuat dengan Air Rebusan Dagingsouthernliving.com

Dapat dibikin dengan daging, sayuran maupun pasta. Casserole termasuk hidangan yang membutuhkan kehadiran kaldu supaya gurih dan membuat teksturnya menjadi kental karena semua bahan nantinya merekat menjadi satu pada suatu wadah.

Hidangan terbilang mengenyangkan ini dimasak dengan cara dipanggang dan biasanya disajikan untuk makanan keluarga.

4. Stuffing food 

Jangan Dibuang! 5 Hidangan Ini Bisa Dibuat dengan Air Rebusan Daging.foodandwine.com

Cornbread mealt, pear bacon, herbed rice brown dan mushroom leek, beberapa contoh stuffing food. Lalu, apa sih stuffing food? Makanan yang digunakan sebagai isian. 

Racikan stuffing food umumnya juga diberi tambahan air rebusan daging atau kaldu supaya gurih.

5. Hidangan tumis 

Jangan Dibuang! 5 Hidangan Ini Bisa Dibuat dengan Air Rebusan Dagingfoodnetwork.com

Meski mengandalkan kekuatan rasa dari beragam saus, masakan yang ditumis juga bisa diberi tambahan air rebusan daging karena nantinya akan bercampur dengan tepung jagung supaya teksturnya sedikit kental. Tentunya, supaya memiliki rasa lebih gurih lagi.

Nah, itu tadi lima hidangan yang bisa dibuat dengan menggunakan air rebusan daging. Daripada dibuang, mending diolah menjadi sajian enak mengenyangkan untuk keluarga.

Terlebih, air rebusan daging mempunyai beragam manfaat baik bagi tubuh selain meningkatkan imun yaitu membantu mengurangi peradangan seperti dikutip dari laman Medical News Today.

Download aplikasi memasak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 6 Resep Hidangan dari Bunga Telang, Warnanya Cantik dan Rasanya Lezat!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya