Comscore Tracker

7 Kuliner Ikan Laut Asia yang Sedapnya Membangkitkan Selera Makan

Digoreng, direbus, dikukus, atau dipanggang, semuanya ada!

Jepang adalah negara di kawasan Asia yang terkenal sekali dengan kuliner ikan laut yang dimasak segar, lezat, dan bergizi seperti contoh sashimi atau sushi.

Selain Negara Sakura tersebut, tujuh negara di Asia ini juga punya kuliner ikan laut yang lezat lho! Bahkan rasa lezatnya bisa bikin kalian nambah berulang kali. Ada apa saja? Icip, yuk!

1. Pampis cakalang

7 Kuliner Ikan Laut Asia yang Sedapnya Membangkitkan Selera Makaninstagram.com/xanderskitchen

Sering dijadikan sebagai isian panada, kuliner ikan laut asal Manado ini nikmat pula disantap dengan nasi putih hangat beserta irisan timun, yang membuat rasanya makin membangkitkan selera makan. 

Pampis cakalang sendiri terbuat dari ikan cakalang yang dimasak bersama bumbu rempah-rempah dengan tambahan cabai. Sebelum diolah bersama, ikan cakalang disuwir-suwir terlebih dahulu.

2. Hongeojjim

7 Kuliner Ikan Laut Asia yang Sedapnya Membangkitkan Selera Makankoreanbapsang.com

Selain godeungeo gui, hongeojjim termasuk kuliner ikan laut nan lezat yang menjadi favorit masyarakat Korea Selatan. Hongeojjim sendiri terbuat dari ikan skate, sejenis ikan laut yang masih satu spesies dengan ikan pari.

Kuliner ikan laut ini disajikan dengan cara dikukus bersama racikan bumbu serta tambahan gochugaru yang membuat rasanya kian mantap. Tak lupa, taburan irisan daun bawang usai disajikan.

3. Ginataang galunggong

7 Kuliner Ikan Laut Asia yang Sedapnya Membangkitkan Selera Makanyummy.ph

Berasal dari Filipina, galunggong punya arti ikan makarel. Berkuah putih nan gurih, ginataang galunggong dimasak dengan cara direbus bersama kuah santan dan bumbu hingga matang. 

Di Filipina, kuliner ikan laut ini sering dijadikan sebagai lauk sehari-hari dan menjadi pilihan lain ketika bosan dengan olahan daging babi atau daging ayam.

Baca Juga: 7 Kuliner Ikan Kuah Khas Sumatera, Ada yang dari Ikan Hiu Lho

4. Samke harra

7 Kuliner Ikan Laut Asia yang Sedapnya Membangkitkan Selera Makantheeleganteconomist.com

Kuliner ikan laut asal Lebanon ini memiliki dua tahap pembuatannya supaya jadi kuliner lezat. Menggunakan ikan kakap sebagai bahan utamanya. Setelah dibersihkan, ikan diolesi dengan garam dan minyak goreng kemudian dipanggang hingga matang.

Usai matang, ikan kakap panggang diguyur dengan racikan saus bumbu yang terbuat dari tumisan daun peterseli dengan ketumbar, bawang putih, perasan lemon, kapsikum, dan irisan cabai. 

Di negara asalnya, samke harra sering disantap bersama nasi merah atau roti datar.

5. Muranga tholhi kiru garudhiya

7 Kuliner Ikan Laut Asia yang Sedapnya Membangkitkan Selera Makanmaldivescook.com

Penampakannya hampir serupa dengan opor, kuliner ikan laut ini berasal dari Maladewa. Nikmat disantap dengan nasi putih hangat, muranga tholhi kiru garudhiya terbuat dari ikan tuna yang dimasak bersama santan serta bumbu.

Muranga tholhi kiru garudhiya punya perpaduan rasa gurih dan sedikit pedas segar, serta aroma sedap yang berasal dari potongan daun serai.

6. Shimu yu

7 Kuliner Ikan Laut Asia yang Sedapnya Membangkitkan Selera Makanworldfood.guide

Menggunakan daging pada perut ikan bandeng, shimu yu atau sup ikan bandeng ini kuliner ikan laut yang populer di Taiwan dan Tiongkok. Menjadi sajian hangat kala musim dingin tiba, shimu yu punya racikan kuah kaldu dashi nan gurih yang dicampur dengan potongan cabai serta tambahan segarnya jahe. 

Begitu menyeruput kuahnya, dijamin lezatnya meresap di lidah. Belum lagi daging ikan bandeng yang empuk, bikin kalian tidak berhenti mengunyah. 

7. Tod mun pla

7 Kuliner Ikan Laut Asia yang Sedapnya Membangkitkan Selera Makanlionbrand.com.au

Baik dinikmati bersama saus sambal atau dijadikan sebagai pendamping nasi goreng. Kelezatan tod mun pla tak bisa terbantahkan lagi. Hampir serupa dengan perkedel, tod mun pla terbuat dari adonan yang terdiri dari daging ikan laut giling, pasta kari, bumbu, irisan daun jeruk, serta telur yang dibentuk menjadi lingkaran pipih kemudian digoreng.  

Karena cara membuatnya cukup sederhana, kalian juga dapat menjadikan kuliner ikan laut asal Thailand ini sebagai lauk sehari-hari.  

Itu tadi tujuh kuliner ikan laut dari berbagai negara di kawasan Asia. Dapat diolah beraneka ragam mulai dari direbus, dikukus, digoreng, serta dipanggang. Jika kalian disuruh pilih untuk mencoba resepnya, kira-kira mau masak yang mana dulu nih? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Wajib Coba, Ini 5 Masakan Khas dari Olahan Ikan Tenggiri

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya