Comscore Tracker

5 Makanan Ini Dianggap Bikin Buruk Penampilan Tapi Mudah Turunkan BB

Selama tidak dikonsumsi berlebihan, aman kok!

Sebagian dari kita tentunya sering membaca atau mendengar tentang kelebihan maupun kekurangan suatu makanan yang memiliki efek pada tubuh kita. Baik efek yang menggembirakan atau efek yang buruk.

Seperti lima makanan berikut ini yang terkadang dianggap buruk bagi penampilan namun memiliki kelebihan dalam menurunkan berat badan. Ada makanan apa saja? Yuk, simak!

1. Telur

5 Makanan Ini Dianggap Bikin Buruk Penampilan Tapi Mudah Turunkan BBpexels.com/Pixabay

Seperti yang dikutip melalui laman Her World, vitamin B12 membawa pengaruh aktivitas kimiawi pada bakteri pemicu jerawat, sehingga berdampak munculnya bintik-bintik jerawat hingga noda pada wajah. Vitamin jenis ini banyak ditemukan pada makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur. Maka dari itu, tak sedikit dari kita yang menolak telur karena dapat memperburuk penampilan terutama wajah.

Padahal, selama kita tidak mengonsumsinya berlebihan dan menjalankan syarat diet seperti yang dianjurkan oleh dokter. Mengonsumsi telur mudah untuk menurunkan berat lho!

Telur adalah makanan sehat dengan protein yang tinggi dan baik sekali dikonsumsi oleh kita yang ingin menurunkan berat badan. Karena efek dari protein pada telur dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama, meningkatkan kadar hormon yang membantu kita merasa puas setelah makan, menunda kecepatan makanan meninggalkan lambung, membantu mengurangi variasi kadar glukosa dan insulin yang bermanfaat bagi manajemen berat badan seperti dikutip dari laman Australian Eggs. 

2. Cokelat

5 Makanan Ini Dianggap Bikin Buruk Penampilan Tapi Mudah Turunkan BBpexels.com/Susanne Jutzeler

Mengonsumsi cokelat 20 menit sebelum, dan 5 menit setelah makan siang dan makan malam dapat  mengurangi nafsu makan kita hingga 50 persen. Karena itu, setelahnya perut kita merasa kenyang dan tidak tergoda untuk mencicipi makanan lagi seperti yang dikutip melalui laman Women Health.

Spesialis penurunan berat badan dan internis bersertifikat Sue Decotiis, M.D., mencatat bahwa cokelat hitam mengandung lemak sehat yang memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Itu membantu mencegah lonjakan insulin yang ditakuti, yang terkenal karena gula langsung dimasukkan ke dalam sel-sel lemak kita.

Namun, sebagian dari kita takut untuk mengonsumsi cokelat karena justru bikin berat badan bertambah dan jerawat. Hal itu benar akan terjadi jika kalian mengonsumsinya berlebihan.

Baca Juga: 6 Kandungan Makanan yang Bikin Cepat Hamil, Rata-rata dalam 1 Bulan

3. Kacang

5 Makanan Ini Dianggap Bikin Buruk Penampilan Tapi Mudah Turunkan BBpexels.com/Marta Branco

Kacang terkenal sekali sebagai makanan yang memicu munculnya jerawat. Hal itu benar namun tidak semua kacang, ya! Karena beberapa kacang mengandung vitamin E, selenium, dan magnesium yang dapat mencegah terjadinya jerawat. 

Dibalik namanya yang terkenal sebagai pemicu jerawat, kacang tidak berkontribusi terhadap kenaikan berat badan. Penelitian observasional telah menunjukkan bahwa konsumsi kacang tanah dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi risiko obesitas, seperti yang dikonsumsi melalui laman Healthline.

4. Keju

5 Makanan Ini Dianggap Bikin Buruk Penampilan Tapi Mudah Turunkan BBpexels.com/Tabitha Mort

Makanan olahan susu ini masuk dalam daftar makanan yang dapat menyebabkan wajah menjadi berminyak, sama seperti ketika kita mengonsumsi gorengan. Oleh karena itu, sebagian dari kita yang mengetahuinya terutama bagi pemilik wajah berminyak atau wajah dengan kulit kombinasi, pasti menghindari sekali memakan keju.  

Meski tidak semua, ternyata keju dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Dikutip dari laman The Center for Medical Weight Loss, ada lima jenis keju yang berguna untuk menurunkan berat badan seperti feta, low-fate cottage cheese, cheddar, swiss, dan parmesan. 

Jika tidak dikonsumsi berlebihan, keju adalah makanan yang mengandung kaya protein serta kalsium yang baik bagi tubuh kita.

5. Milkshake

5 Makanan Ini Dianggap Bikin Buruk Penampilan Tapi Mudah Turunkan BBpexels.com/PhotoMIX Ltd.

Di balik manisnya milkshake yang kini beragam kombinasi buah di setiap racikannya. Ternyata, milkshake bisa menimbulkan jerawat pada kulit bersih kalian. Karena milkshake bagian dari olahan susu. 

Namun, minuman menyegarkan ini juga bantu kalian dengan cepat menurunkan berat badan asalkan dikonsumsi selayaknya. Dikutip dari laman Fitday, milkshake adalah makanan yang mengandung protein, karbohidrat serta serat. Semua kandungan tersebut diperlukan bagi kalian yang sedang berdiet. Yang mana semuanya memberikan nutrisi pada tubuh, membuat kenyang, dan mencerna dengan baik.

Itulah tadi lima jenis makan yang dianggap buruk untuk penampilan karena dapat menyebabkan wajah berjerawat hingga berminyak, tapi mudah untuk menurunkan berat badan. Selama kalian mengonsumsinya tidak berlebihan dan sesuai dengan syarat dari kebutuhan diet, kalian akan dapati tubuh ideal sesuai harapan.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Makanan Khas Hanoi, Vietnam yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya