Comscore Tracker

Mengenal Tteokbokki, Hidangan Para Raja yang Kini Merakyat

Si pedas yang bikin nagih

Selalu muncul di drama-drama Korea, tteokbokki menjadi camilan yang cukup populer di negeri ginseng. Terbuat dari tepung beras dan memiliki rasa pedas, ternyata dahulu tteokbokki ialah hidangan para raja lho!

Kenapa sekarang semua kalangan dapat menikmati camilan ini ya? Yuk, kenal lebih dekat awal mula tteokbokki yang kini merakyat.

1. Awal kemunculannya tteokbokki ialah hidangan para raja dan tidak memiliki rasa pedas

Mengenal Tteokbokki, Hidangan Para Raja yang Kini Merakyatangsarap.net

Dahulu, tteokbokki dimasak bersama daging sapi yang direndam dengan saus berbasis kedelai dan sayuran. Mengenai rasa, tteokbokki pada zaman dahulu tidak memiliki rasa pedas karena memang disajikan untuk para raja. Tepatnya pada bulan Januari, para raja dari Dinasti Joseon menyantap tteokbokki yang hangat dalam rangka menyambut awal tahun.

2. Tteokbokki versi pedas mulai berkembang pada tahun 1953

Mengenal Tteokbokki, Hidangan Para Raja yang Kini Merakyatkoreanbapsang.com

Perkembangan zaman membuat camilan satu ini mengalami perubahan pada rasa menjadi pedas tepatnya pada tahun 1953 atau setelah Perang Korea berakhir. Dikutip melalui laman koreanbapsang.com, seorang wanita bernama Ma Bok-rim mengolah kembali tteobkokki dengan rasa pedas yang berasal dari saus gochujang. Tteokbokki dengan versi pedas ini pun menjadi begitu popular dan diminati oleh banyak masyarakat Korea.

3. Sindang-dong, pusat perbelanjaan yang terkenal sebagai rumah tteokbokki

Mengenal Tteokbokki, Hidangan Para Raja yang Kini Merakyatfuturedish.com

Buka 24 jam, Sindang-dong adalah tempat terbaik di Korea Selatan untuk menikmati tteokbokki. Perkampungan sekaligus pusat perbelanjaan yang terletak di wilayah Seoul ini, tak lain ialah tempat tinggal dari Ma Bok-rim, pelopor tteokbokki versi pedas. Oleh sebab itu, setiap wisatawan yang berkunjung ke Seoul tidak akan melawatkan nikmatnya seporsi tteokbokki di sini.

Baca Juga: 7 Makanan Korea Mirip dengan Hidangan Indonesia, Susah Bedainnya

4. Meski camilan sederhana, tteokbokki memiliki banyak manfaat

Mengenal Tteokbokki, Hidangan Para Raja yang Kini Merakyatkorcan50years.com

Meski kini tteokbokki merakyat, ternyata camilan sederhana ini memiliki banyak manfaat lho bagi tubuh. Dikutip melalui drhealthbenefits.com, mengkonsumsi tteokbokki dapat meningkatkan energi pada tubuh, membantu memenuhi protein pada tubuh, mencegah masalah pencernaan seperti sembelit dan kembung, menyediakan sumber zat besi, menyeimbangkan cairan tubuh, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Nah, itulah tadi sejarah singkat seputar tteokbokki yang kini dapat dinikmati oleh semua kalangan. Meski memiliki banyak manfaat, jangan mengkonsumsi tteokbokki berlebihan ya! Karena yang berlebihan juga tidak baik untuk tubuh.

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Serupa, 5 Makanan Korea & Jepang Ini Punya Rasa yang Berbeda

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya