Comscore Tracker

6 Roti Klasik Ala Negara Prancis, Wajib Coba!

Mau coba?

Prancis tak hanya terkenal dengan gaya fashion dan keromantisannya saja, makanannya pun membuat orang-orang takjub akan cita rasanya. Makanan yang sangat melekat bagi orang Prancis adalah roti.

Bagi orang Prancis roti adalah salah satu jenis makanan pokok yang sangat sulit dilepaskan dari kehidupan mereka. Budaya ini pun sudah sangat lama melekat di diri mereka. Tak heran, bila jenis roti pun sangat beraneka ragam di Prancis. Berikut adalah enam jenis roti klasik ala negara Prancis yang wajib kamu coba.

1. Baguette

6 Roti Klasik Ala Negara Prancis, Wajib Coba!Schaer.com

Tak lengkap rasanya bila membahas roti Prancis bila tidak membahas tentang baguette. Dalam bahasa Prancis baguette berarti tongkat. Roti ini sangat melekat dengan masyarakat Prancis. Di Prancis, baguette memilki berat sekitar 250 gram atau sekitar 8,750 ons. Roti ini pun sering digunakan untuk membuat sandwich.

2. Ficelle

6 Roti Klasik Ala Negara Prancis, Wajib Coba!Weekendbakery.com

Roti yang berarti "tali" ini dalam bahasa Prancis memilki bentuk yang hampir mirip dengan baguette, namun tetap saja ada perbedaannya. Perbedaannya terletak di tingkat ketebalannya. Ficelle memiliki ketebalan yang lebih tipis bila dibandingkan dengan baguette. Tak hanya itu, ficelle biasanya ditaburi dengan biji wijen atau keju.

3. Fougasse

6 Roti Klasik Ala Negara Prancis, Wajib Coba!Thefeed.com

Roti ini berasal dari bagian selatan negara Prancis. Pada roti ini terdapat beberapa lubang. Lubang ini berfungsi untuk membuat roti lebih cepat terpanggang. Masyarakat Prancis biasanya mengonsumsi roti ini pada saat musim panas tiba.

Baca Juga: 8 Kebiasaan Unik Orang Prancis Saat Makan, Beda Banget Sama Indonesia

4. Brioche

6 Roti Klasik Ala Negara Prancis, Wajib Coba!Recipes.sainsburys.co.uk

Pada umumnya bahan yang digunakan untuk membuat brioche hampir sama dengan membuat roti lainnya, namun bedanya untuk membuat brioche dibutuhkan telur dan mentega yang lebih banyak.

5. Pain de complet

6 Roti Klasik Ala Negara Prancis, Wajib Coba!atelierdeschefs.fr

Nama roti ini berasal dari istilah bahasa Prancis yang berarti roti gandum. Tak heran, bila roti ini diberi nama seperti itu, karena roti ini memang terbuat dari gandum utuh. Roti ini juga kaya akan serat.

6. Pain de capagne

6 Roti Klasik Ala Negara Prancis, Wajib Coba!Cresthillbakery.com

Dalam bahasa Prancis Pain de campagne memilki arti roti negara. Roti ini biasanya terbuat dari tepung putih dan tepung gandum. Roti ini berbentuk bundar dan berukuran besar. Sanking, besarnya dahulu masyarakat Prancis akan mengonsumsi roti ini selama berhari-hari atau bahkan sampai berminggu-minggu.

Kalau kamu lagi di Prancis, jangan lupa untuk cobain roti-roti di atas untuk alternatif sarapan kamu.

Baca Juga: 7 Hidangan Lezat Roti Baguette Khas Perancis, Berkelas & Wajib Dicoba!

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya