Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Makan Berlebihan Saat Buka Puasa, Hindari Ya!

Berbuka dengan yang manis dan sewajarnya saja

Saat sedang melaksanakan ibadah puasa. Berbuka adalah salah satu momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua orang. Apalagi jika menu berbuka merupakan makanan yang kamu suka dan ditemani orang-orang yang kamu cintai. Lengkap sudah momen bahagia saat berbuka.

Namun, tidak sedikit orang berlebihan makan saat berbuka puasa. Semua menu yang ada di meja makan dicicipi, karena penasaran dengan rasa dari makanan tersebut. Selain itu, beberapa orang menjadikan berbuka puasa, sebagai momen untuk balas dendam, setelah seharian berpuasa.

Makan berlebihan saat berbuka puasa dapat mengganggu kesehatan dan ibadah kamu. Lalu apa dampak buruk lainnya akibat makan berlebihan saat berbuka puasa? Lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

1. Mengakibatkan berat badan naik dengan mudah

5 Dampak Buruk Makan Berlebihan Saat Buka Puasa, Hindari Ya!unsplash.com/@yunmai

Sadar gak sih kalau selama bulan Ramadhan ini, berat badan kamu mudah sekali naik? Salah satu penyebabnya mungkin karena kamu tidak bisa menjaga pola makan saat berbuka puasa. Pola makan yang berlebihan, tentunya dapat membuat berat badan kamu dengan mudah sekali naik.

Apalagi jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi. Tanpa kamu sadari, berat badan akan sangat mudah naik daripada bulan-bulan biasanya.

2. Mendatangkan kantuk dan malas untuk melakukan kegiatan lainnya

5 Dampak Buruk Makan Berlebihan Saat Buka Puasa, Hindari Ya!unsplash.com/@maiq

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi juga bisa membuat kamu menjadi lebih mudah mengantuk dan lemas. Pasti kamu akan malas untuk melakukan kegiatan yang lain, selain dari tidur atau sekadar menonton televisi.

Kalau rasa ngantuk dan malas sudah hinggap pada tubuh kamu. Lalu kapan kamu akan melakukan salat tarawih dan ibadah lainya? Makannya jangan makan berlebihan.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa Ramadan, Jangan Sampai Kurang Air

3. Munculnya rasa mual dan ingin muntah

5 Dampak Buruk Makan Berlebihan Saat Buka Puasa, Hindari Ya!unsplash.com/@candidbcolette

Tidak ketinggalan, rasa mual dan muntah juga akan kamu rasakan, setelah makan berlebihan. Hal ini terjadi karena lambung kamu mengalami peregangan, sehingga menghasilkan rasa mual dan muntah. Hal ini tentu akan membuat kamu tidak nyaman dan menjadi menyesal makan berlebihan.

4. Membuat kamu menjadi susah tidur

5 Dampak Buruk Makan Berlebihan Saat Buka Puasa, Hindari Ya!unsplash.com/@matthew_t_rader

Meskipun kamu sudah melaksanakan salat tarawih dan ibadah-ibadah yang lainnya. Bukan berarti kamu boleh makan dengan porsi yang cukup banyak. Karena hal ini akan membuat kamu menjadi susah tidur alias insomnia.

Apalgi jika kamu juga mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein. Pasti kamu akan lebih sulit tidur dengan cepat. Ingat, besok kamu harus bangun untuk masak dan sahur.

5. Mengalami gangguan pencernaan

5 Dampak Buruk Makan Berlebihan Saat Buka Puasa, Hindari Ya!unsplash.com/@rexpickar

Perut kamu pastinya akan kaget, jika kamu langsung mengkonsumsi makanan yang berat dan dengan porsi yang banyak. Makanya saat berbuka puasa, minumlah air putih terlebih dahulu dan kurma. Kalau pun tidak ada kurma, kamu bisa memakan  buah-buahan yang manis dan menyehatkan. Jangan langsung memakan makanan yang berat-berat dengan porsi banyak.

Hal yang kurang baik selama bulan Ramadhan, harus kamu buang dari sekarang. Yuk ubah kebiasan kurang baik dengan kebiasaan-kebiasaan yang lebih baik lagi.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

sandinugraha Photo Community Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You