Comscore Tracker

5 Makanan Khas Ternate yang Unik dan Enak, Pasti Bikin Nagih!

Mana favoritmu?

Selain menjelajahi tempat wisata, saat berkunjung ke Ternate kurang lengkap rasanya apabila kamu tidak mencicipi ragam kuliner khasnya yang terkenal seperti berikut ini.

Rasanya yang enak dan nikmat pasti akan membuatmu ketagihan. Pantas saja jika Ternate disebut juga sebagai salah satu pusatnya kuliner di Indonesia, ya. 

1. Gohu ikan

5 Makanan Khas Ternate yang Unik dan Enak, Pasti Bikin Nagih!instagram.com/beta.makan.terus

Jika diperhatikan, gohu ikan khas Ternate ini sekilas mirip dengan masakan dari Jepang. Bahan utama untuk membuat gohu ikan adalah ikan tuna mentah atau bisa juga menggunakan ikan cakalang.

Rasa gohu ikan sangat unik, yaitu perpaduan antara rasa manis, asam, pedas dan gurih. Tidak sulit mencari penjual gohu ikan di Ternate karena hampir seluruh tempat makan seafood menyediakan kuliner lezat yang satu ini.

2. Ikan Komu Asar

5 Makanan Khas Ternate yang Unik dan Enak, Pasti Bikin Nagih!instagram.com/_yona27

Ikan komu asar adalah kuliner Ternate yang paling favorit di kalangan wisatawan. Sebenarnya ikan komu asar merupakan ikan cakalang yang telah diasapi selama beberapa waktu dan telah diberi aneka macam bumbu rempah-rempah hingga rasanya menjadi semakin nikmat. Ikan komu asar semakin lezat saat disajikan bersama dengan sambal colo-colo.

Baca Juga: 5 Wisata Alam di Ternate yang Kece Abis, Siap Dikunjungi saat Liburan!

3. Air Guraka

5 Makanan Khas Ternate yang Unik dan Enak, Pasti Bikin Nagih!instagram.com/okd_kuliner_kuidaore

Guraka merupakan minuman asli Ternate yang memiliki rasa manis dan pedas. Guraka terbuat dari jahe yang telah diparut dan dicampur gula aren untuk kemudian direbus dalam air yang mendidih.

Setelah siap, guraka ditambahkan dengan kenari.Guraka banyak dijual di warung-warung dengan harga sangat terjangkau, yaitu Rp5.000 untuk satu gelas. Guraka biasanya dihidangkan saat masih hangat bersama dengan pisang goreng.

4. Bagea

5 Makanan Khas Ternate yang Unik dan Enak, Pasti Bikin Nagih!instagram.com/udeveline

Salah satu kue khas Ternate yang bernama bagea ini memiliki rasa yang manis, gurih dan renyah. Bagea terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan gula merah, kayu manis dan pala. Setelah itu, adonan tersebut dibungkus dengan daun enau atau daun lontar hingga kering. Bagea cocok dijadikan teman untuk minum kopi atau teh bersama keluarga dan teman-teman.

5. Sayur Lilin

5 Makanan Khas Ternate yang Unik dan Enak, Pasti Bikin Nagih!instagram.com/wangxiujing168

Sayur lilin adalah kuliner khas Ternate yang terbuat dari terubuk atau tebu telur. Eits, jangan salah. Meskipun mirip, tapi tebu telur itu berbeda dengan tebu yang biasa airnya kamu minum.

Selain diolah menjadi sayuran dengan kuah santan, sayur lilin juga bisa digoreng dengan balutan telur seperti tempura. Jika ingin menikmati kuliner unik yang satu ini, kamu bisa mencarinya di pasar-pasar tradisional di sana.

Itulah lima kuliner yang harus kalian cicipi saat berkunjung ke Ternate. Tertarik untuk mencobanya, guys

Baca Juga: Bukan Lontong, Ini 5 Kuliner Khas Nusantara Pengganti Ketupat

Sinta Listiyana Photo Community Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You