Comscore Tracker

11 Pancake Paling Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!

Bikin kamu bingung pilih yang mana, nih

Jenis pancake atau panekuk sangat beragam di seluruh dunia. Seiring berkembangnya zaman yang semakin modern, kini panekuk tersedia dalam banyak rasa, saus, dan topping.

Di beberapa negara di Amerika, panekuk jadi sajian wajib yang harus ada di meja makan untuk sarapan. Sementara di Asia, makanan ini menjadi camilan atau dessert.

Mulai dari Amerika hingga Indonesia, berikut pancake paling populer di dunia yang wajib kamu tahu. Cek, mana saja yang sudah pernah kamu cicipi.

1. Panekuk

11 Pancake Paling Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!ilustrasi panekuk Amerika (instagram.com/caffesanmarco_)

Panekuk khas Amerika biasanya terbuat dari adonan yang mengandung baking powder. Dengan begitu, pancake lebih tebal dan empuk daripada yang lain.

Di Amerika, makanan ini adalah menu wajib yang harus ada saat sarapan. Panekuk biasanya disajikan dengan topping manis, seperti sirup maple, mentega, krim kocok, atau gula bubuk

Seiring perkembangan zaman, pancake khas Amerika memiliki beragam rasa, lho. Adonan akan dicampur dengan cokelat batangan atau bluberi untuk menambah cita rasa.

2. Crêpe 

11 Pancake Paling Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!ilustrasi crêpe (instagram.com/bakerstreetsociety)

Saat berlibur ke Eropa, kalian pasti akan menemukan restoran, kafe, dan gerobak makanan yang menyajikan semua jenis crêpe. Pancake yang sangat tipis ini biasa ditemukan di Prancis, Belgia, dan Swiss.

Crêpe dibuat dengan isian manis seperti Nutella, buah, cokelat, atau selai untuk camilan atau dessertCrêpe juga tersaji dalam versi gurih dengan isian seperti ham dan keju, bayam, telur, serta daging.

3. Blini 

11 Pancake Paling Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!ilustrasi blini (instagram.com/jantar)

Lebih jauh ke timur, ada blini yang merupakan pancake khas Rusia. Panekuk tipis dan ringan ini pertama kali dianggap sebagai simbol matahari pada zaman pra-Kristen dan masih dimakan selama acara keagamaan hingga saat ini.

Blini biasanya dimakan dengan krim asam, mentega, atau kaviar. Ada juga yang identik dengan pancake tipis, lalu digulung dengan buah atau keju. Kemudian, adonan digoreng atau dipanggang.

4. Dutch baby 

11 Pancake Paling Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!ilustrasi Dutch baby (instagram.com/seventeenandfive)

Meskipun namanya dutch baby, namun pancake ini ternyata dari Jerman, lho. Dutch baby terbuat dari telur, tepung, gula, dan susu yang dipanggang dalam oven hingga mengembang dan berwarna keemasan.

Dutch baby disajikan dengan diberi taburan gula bubuk, kayu manis, selai, atau lemon di atasnya. Jenis panekuk ini biasanya banyak dijumpai di restoran yang khusus menyajikan menu sarapan di Amerika Serikat.

5. Deruny 

11 Pancake Paling Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!ilustrasi deruny (instagram.com/oliahercules)

Tepung bukan satu-satunya bahan utama di sebagian besar pancake di Eropa Timur. Mereka cenderung menambahkan kentang, sehingga dianggap sebagai hidangan pokok.

Panekuk kentang digoreng dan dibuat dengan adonan dari kentang parut, tepung, dan telur. Di Ukraina, makanan ini disebut deruny yang dikenal renyah dan gurih.

Pancake ini biasanya disajikan dengan krim asam atau saus apel. Di Eropa Timur, jenis panekuk ini dimakan untuk sarapan atau sebagai lauk makan siang dan makan malam.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Kue Hotteok, Pancake ala Korea Selatan yang Lembut

6. Injera 

11 Pancake Paling Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!ilustrasi injera (instagram.com/veganwithjoi)

Di Ethiopia dan Eritrea, injera adalah pancake yang berfungsi sebagai piring. Panekuk berbentuk bundar yang kenyal ini terbuat dari tepung teff (sejenis rumput), lalu dimasak di atas piring tanah liat besar di atas bara api.

Saat disajikan, injera diletakkan di atas piring, kemudian ditambahkan dengan semur sayur dan daging yang disajikan di atasnya. Injera biasanya disajikan sebagai makanan utama di rumah orang-orang Ethiopia dan Eritrea.

7. Dosa 

11 Pancake Paling Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!ilustrasi dosa (instagram.com/myadaptedkitchen)

Pancake versi India, dosa, biasanya disajikan untuk sarapan atau camilan. Dosa terbuat dari adonan fermentasi yang terdiri dari nasi yang direndam dan urad dal, mirip dengan lentil.

Tipis dan ringan seperti crêpedosa bertekstur lebih renyah. Jenis panekuk ini enak dimakan sendiri atau dengan sambar, sejenis sup sayuran dengan kaldu asam dan chutney di sampingnya.

Dosa juga bisa digulung dan diisi dengan isian lezat seperti kentang dan sayuran yang dibumbui. Dijamin semakin nikmat dan lezat, lho.

8. Bing 

11 Pancake Paling Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!ilustrasi bing (instagram.com/forksmeetsknifevienna)

Bing adalah pancake khas China yang terbuat dari tepung terigu dan dimasak di atas wajan. Bing cukup populer dan kerap ditemui di berbagai restoran pinggir jalan di China.

Bing bisa diisi dengan daging giling, digulung dengan bebek atau babi. Bahkan, ada pula yang digoreng dengan daun bawang. Bing disajikan dengan saus hoisin untuk dicelupkan.

9. Jeon 

11 Pancake Paling Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!ilustrasi jeon (instagram.com/chefatulya)

Di Korea, ada pancake dengan beragam campuran yang dikenal dengan jeonJeon bisa dibuat dengan mencampurkan berbagai macam daging, seafood, atau sayuran ke dalam adonan, lalu digoreng.

Dimakan sebagai hidangan pembuka atau lauk, campuran kimchi atau daun bawang adalah jenis jeon yang populer di Korea. Para pencinta serial drama Korea, pasti tidak asing dengan pancake ini.

10. Okonomiyaki 

11 Pancake Paling Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!ilustrasi okonomiyaki (instagram.com/cookrepublic)

Pancake gaya Jepang, okonomiyaki, adalah kombinasi dari kata okonomi, yang berarti "apa yang Anda suka", dan yaki, yang berarti "panggangan". Singkatnya, panekuk gurih ini adalah versi panggang dari apa pun yang kalian inginkan.

Adonan okonomiyaki dibuat dari tepung, sayuran akar, kol parut, dan telur. Tergantung di mana kalian berada di Jepang, bahan-bahan lain yang dicampur ke dalam adonan atau dilapiskan akan berbeda-beda.

Apa pun campuran yang akan dipilih, kamu wajib menambahkan mayones Jepang dan saus okonomi yang aromanya bikin lapar. Topping pancake ini beragam, mulai dari cumi-cumi, sayuran, dan perut babi.

11. Serabi 

11 Pancake Paling Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!ilustrasi serabi (instagram.com/dapoermakocot)

Terbuat dari tepung beras dan santan, serta secara khas hanya dimasak di satu sisi, kebanyakan serabi dimakan dengan saus manis. Ada serabi yang ditambahkan jus daun pandan untuk memberikan aroma dan warna yang menggugah selera.

Namun, kini serabi juga tersedia dalam versi gurih dengan keju dan daging sebagai topping. Jenis pancake yang berbeda ini bisa dinikmati dan ditemui di Indonesia dengan varian rasa dan topping yang beragam.

Itulah beberapa pancake paling favorit di seluruh dunia, mulai dari Amerika Serikat, Asia, Afrika, dan Eropa yang tidak boleh untuk dilewatkan. Pencinta pancake sepertimu wajib mencicipi semuanya, nih!

Baca Juga: 5 Kreasi Pancake Gulung yang Bikin Sarapan Makin Praktis

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya