Comscore Tracker

Daebak, 8 Street Food Ini Wajib Kamu Cicipi Ketika Berlibur Ke Busan

#MasakItuGampang Enak banget!

Busan adalah kota terbesar kedua di Korea Selatan setelah Seoul. Terletak di antara laut dan gunung, nggak heran kalau kota Busan punya segudang tempat-tempat wisata menarik yang indah dan menakjubkan. Nggak hanya destinasi wisatanya aja yang menarik, berbagai streets food lezat di Busan juga harus kamu lirik.

Buat kamu yang berencana berlibur ke Busan, berikut adalah 8 rekomendasi street food yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Tteokbokki

Daebak, 8 Street Food Ini Wajib Kamu Cicipi Ketika Berlibur Ke Busan Futuredish.com

Kamu pasti udah gak asing lagi dong sama makanan yang satu ini. Bagi kamu yang belum tahu, tteokbokki adalah jajanan Korea yang terbuat dari tepung beras kemudian dimasak dalam bumbu yang pedas dan manis. Jajanan ini mudah ditemukan di seluruh Korea Selatan, salah satunya di Busan. 

2. Eomuk

Daebak, 8 Street Food Ini Wajib Kamu Cicipi Ketika Berlibur Ke Busan Charliedistracted.com

Eomuk atau fish cake khas Busan dikenal sangat lezat karena kualitas ikan laut di Busan yang bagus. Eomuk dibuat dengan daging ikan yang dihaluskan lalu dicampur tepung terigu dan beberapa bumbu. Kemudian ditusuk dengan tusuk sate dan direbus dengan kaldu ikan.

3. Ssiat hotteok

Daebak, 8 Street Food Ini Wajib Kamu Cicipi Ketika Berlibur Ke Busan Static1.squarespace.com

Ssiat hotteok adalah panekuk khas Busan yang berbeda dari hotteok atau panekuk Korea Selatan lainnya. Buat kamu yang belum tahu, Ssiat hotteok adalah panekuk manis dengan biji-bijian. Nah biji-bijian inilah yang membuat hotteok Busan berbeda dengan hotteok lainnya. Jajanan ini terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan campuran manis dari gula, sirup, kacang-kacangan, serta biji-bijian. 

4. Twigim

Daebak, 8 Street Food Ini Wajib Kamu Cicipi Ketika Berlibur Ke Busan Lonelyplanet.com

Hampir mirip tempura, jajanan yang satu terdiri dari berbagai sayuran dan aneka seafood yang telah dicelupkan ke dalam adonan lalu digoreng. Biasanya twigim dimakan dengan kecap. Twigim khas Busan mempunyai beberapa varian rasa seperti labu, udang, dan telur Korea yang manis. Kalau kamu seorang vegetarian dan tidak memakan seafood, ada juga varian rasa dangmyeon (sejenis mie beras korea). 

5. Buchimgae

Daebak, 8 Street Food Ini Wajib Kamu Cicipi Ketika Berlibur Ke Busan En.wikipedia.org

Buchimgae adalah istilah umum untuk pancake Korea. Buchimgae yang paling banyak terlihat di Busan adalah yang berwarna hijau dan merah. Pancake hijau diisi dengan sayuran, sedangkan yang merah adalah pancake kimchi. Jajanan ini terbuat dari adonan tebal yang kemudian digoreng. Buchimgae disajikan dengan cara dipotong kecil-kecil dan dicelupkan ke dalam saus kedelai. 

6. Dakkochi

Daebak, 8 Street Food Ini Wajib Kamu Cicipi Ketika Berlibur Ke Busan Seonkyounglongest.com

Dakkochi adalah sate ayam tanpa kulit yang dilumuri saus pedas atau asam manis. Selain ayam, Dakkochi khas Busan juga mempunyai varian isi lain yakni hot dog. Hot dog ini akan dipotong kecil-kecil dan diletakkan di tusuk sate dan dipanggang sempurna bersama daging ayam lainnya. 

7. Mandu

Daebak, 8 Street Food Ini Wajib Kamu Cicipi Ketika Berlibur Ke Busan Droolsg.com

Mandu adalah pangsit ala Korea, biasanya diisi dengan sayuran dan daging cincang halus, bisa dikukus, direbus atau digoreng. Mereka menyajikan jajanan yang satu ini bersama saus kedelai dan cabe untuk dicelupkan. 

8. Kimbap

Daebak, 8 Street Food Ini Wajib Kamu Cicipi Ketika Berlibur Ke Busan Minaoh.com

Hampir mirip sushi, kimbap adalah jajanan Korea yang terbuat dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Isinya biasanya terdiri dari sumber protein seperti fish cake, telur, atau daging sapi dan sayuran (mentimun, bayam, wortel, atau acar lobak). 

Untuk mendapatkan jajanan Busan tersebut, kamu bisa mengunjungi alun-alun Busan International Film Festival (BIFF), Pasar Haeundae atau di daerah Seomyeon.

 

Nah, itu dia 8 street food yang wajib kamu cicipi ketika berlibur ke Busan. Semoga bermanfaat!

Syifaul Qulubil Asna Photo Community Writer Syifaul Qulubil Asna

Saya adalah orang yang mudah terinspirasi oleh orang-orang di sekeliling saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You