Comscore Tracker

5 Jenis Makanan yang Asal Usulnya Masih Salah Dipahami Orang

Ingat ya, hamburger bukan berasal dari Amerika!

Berbicara soal makanan dari seluruh penjuru dunia, memang menarik. Makanan seperti hamburger, kentang goreng, spageti, pizza dan masih banyak lainnya bahkan sangat mendunia.

Tapi tahukah kamu jika beberapa makanan yang selama ini kamu pikir mereka berasal dari suatu negara, nyatanya bukan berasal dari negara tersebut. Sebut saja croissant (baca: kwa-sohn), ketika mendengar nama croissant yang pertama kali muncul di benak kamu adalah pastry asal Perancis.

Jika kamu berpikir demikian maka bisa jadi selama ini kamu salah mengerti. Nah, berikut adalah daftar makanan yang orang sering salah mengira negara asalnya.

1. Croissant

5 Jenis Makanan yang Asal Usulnya Masih Salah Dipahami Orangunsplash.com/@ostshem

Banyak orang berpikir pasty satu ini berasal dari Perancis, apalagi cara pengucapannya yang sangat kental dengan aksen Prancis. Meski namanya sangat Prancis, tapi tahukah kamu sebenarnya croissant berasal dari Austria.

Menurut berbagai sumber, roti ini terinspirasi dari kipferl Austria yaitu roti yang menggunakan banyak mentega dan berbentuk bulan sabit. Dilansir dari Baker Maison, August Zang, seorang perwira artileri pasukan Austria mendirikan toko roti Viennese Bakery, yang kemudian terkenal dengan roti sejenis kipferl yang terlihat lebih “crunchy” namun memiliki tekstur lembut di bagian dalamnya.

2. French Fries

5 Jenis Makanan yang Asal Usulnya Masih Salah Dipahami Orangpexels.com/Dzenina Lukac

Masih mengenai makanan yang kamu pikir selama ini mereka berasal dari Perancis, French fries atau kentang goreng. Apakah kamu berpikir bahwa French fries benar-benar berasal dari French? Jika benar begitu maka kamu selama ini salah sangka.

Dilansir dari Culture Trip, para pakar sejarah mengklaim makanan ini berasal dari Belgia, sebuah negara yang lebih kecil di utara Prancis. Penduduk desa di Belgia mengalami kesulitan mengolah kentang saat musim dingin tiba, itulah kenapa mereka menggunakan metode menggoreng.

Meski begitu orang Prancis tetap mengaku jika mereka mengolah kentang dengan cara tersebut sebelum orang-orang Belgia. Meski masih Perancis dan Belgia berdebat soal darimana kentang goreng berasal, satu hal yang pasti adalah makanan ini sangat lezat!

3. Hamburger

5 Jenis Makanan yang Asal Usulnya Masih Salah Dipahami Orangpexels.com/Valeria Boltneva

Hamburger memang populer sebagai makanan cepat saji asal Amerika, sebut saja McDonald’s adalah salah satu dari sekian banyak restoran cepat saji yang turut mempopulerkan hamburger ke seluruh dunia. Namun hamburger sendiri sebenarnya bukanlah dari negara Paman Sam ini, makanan ini berasal dari Hamburg, salah satu kota di Jerman.

Seorang penduduk asal Hamburg terinspirasi dari cara bangsa nomaden Tartar dalam mengkonsumsi daging. Mereka konsumsi daging cincang dengan perasan jeruk, karena orang Eropa menolak untuk makan makanan mentah, daging cincang tersebut kemudian dipanggang.

Kerusuhan politik pada abad ke-19 membuat banyak orang Jerman berimigrasi ke Amerika, dari merekalah resep daging cincang ini menyebar dan kemudian populer.

Baca Juga: Ternyata Ini 6 Fakta Makanan yang Bisa Mempercepatmu Pulih dari Cedera

4. Crab Ragoon

5 Jenis Makanan yang Asal Usulnya Masih Salah Dipahami Orangangsarap.net/Raymund

Crab ragoon merupakan makanan olahan kepiting campuran--karena tidak benar-benar menggunakan 100% daging kepiting--yang dibungkus dengan semacam kulit pangsit, kemudian digoreng dan disajikan dengan saus krim keju.

Crab ragoon sekilas memang terlihat seperti masakan China. Kamu mungkin akan benar-benar mencarinya di restoran China, tetapi sebenarnya ini adalah menu restoran Amerika-China.

Dilansir dari Culture Trip, menu ini pertama kali diperkenalkan sebagai menu di sebuah restoran bernama Trader Vics di San Fransisco. Bagaimanapun juga ada yang menganggap makanan ini terinspirasi dari hidangan Burma.

5. Saos Tomat

5 Jenis Makanan yang Asal Usulnya Masih Salah Dipahami Orangunsplash.com/@klein2

Saos tomat yang biasa kita gunakan sebagai bumbu untuk menyantap makanann ringannyatanya bukan berasal dari Amerika. Ketchup, bahasa Inggris dari saos tomat, berasal dari bahasa China Hokkien, kê-tsiap. Jauh sebelum menjadi bumbu favorit di Amerika, resep saos tomat asli tidak dibuat dari tomat.

Resep ketchup berisi ikan yang difermentasi serta bahan lain seperti jamur, tiram, kenari. Tekstur ketchup awalnya sangat cair tidak kental seperti sekarang, dan biasanya digunakan sebagai bumbu tambahan untuk sup.

Selain kelima makanan tersebut masih banyak makanan yang banyak orang salah mengerti soal darimana sebenarnya mereka berasal. Meski begitu kesalahpahaman ini membuat kita menyadari bahwa kita benar-benar hidup sebagai warga dunia, dimana semuanya berpindah termasuk makanan. We really do live in a global food world, begitu kata Julie R. Thompson, penulis huffpost.com.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Jawa Tengah yang Unik, Terjangkau, dan Rasanya Lezat

Terra Esa Photo Community Writer Terra Esa

Penikmat sego babat meski akhirnya berujung sakit tenggorokan. Karena hidup adalah tantangan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You