Comscore Tracker

5 Bagian Daging Sapi yang Tak Kalah Lezat untuk Dikonsumsi

Gak melulu tenderloin atau sirloin

Daging sapi memiliki bagian-bagian yang memang biasa dikonsumsi oleh banyak orang. Meskipun biasanya bagian daging sapi yang populer adalah sirloin dan tenderloin, namun ada pula beragam bagian daging sapi yang jarang diketahui dan tentunya tetap lezat. Kira-kira apa saja bagian-bagian daging tersebut?

Untuk kamu yang penasaran apa saja bagian daging sapi tersebut, berikut lima daftarnya. 

1. Chuck

5 Bagian Daging Sapi yang Tak Kalah Lezat untuk Dikonsumsiriverwatchbeef.com

Bagian daging yang satu ini biasa disebut sebagai daging sampil. Umumnya bagian ini merupakan daging yang terdapat pada bagian bahu, paha atas, dan juga punuk sapi. Pada umumnya bagian ini memiliki jaringan ikat yang memiliki aroma khas saat dimasak. Selain itu, ketebalan daging ini juga sekitar 2-3 sentimeter.

2. Rump

5 Bagian Daging Sapi yang Tak Kalah Lezat untuk Dikonsumsicountryfoodservices.co.uk

Bila kamu sedang mencari bagian daging sapi yang lunak, maka untuk bagian rump dapat menjadi pilihanmu. Bagian ini juga biasa disebut sebagai daging tanjung. Teksturnya juga cenderung lunak karena memiliki lemak yang tebal.

Baca Juga: 6 Jenis Sapi Unik dari Berbagai Belahan Dunia, Ada yang Berotot!

3. Oxtail

5 Bagian Daging Sapi yang Tak Kalah Lezat untuk Dikonsumsirumbameats.com

Sesuatu namanya, bagian ini merupakan buntut sapi. Tentunya bagian ini secara otomatis memiliki tekstur yang kenyal dan lembut tentunya. Bila tak mengolahnya secara tepat, maka teksturnya akan mudah keras. 

4. Shank

5 Bagian Daging Sapi yang Tak Kalah Lezat untuk Dikonsumsimeat-online.co.za

Untuk bagian yang satu ini memerlukan proses pemasakan yang relatif lebih lama karena bagian kolagennya yang cukup tinggi. Selain itu, bagian ini juga biasa disebut dengan nama daging sengkel. Dengan tekstur yang relatif kenyal karena berasal dari atas lutut sapi, tak heran bila memang sangat cocok diolah menjadi beragam menu.

5. Topside

5 Bagian Daging Sapi yang Tak Kalah Lezat untuk Dikonsumsiwildmeat.co.uk

Bagian ini sering juga disebut sebagai daging gandik. Daging ini berasal dari bagus terluar dari paha belakang sapi. Namun, biasanya daging gundik tak memiliki banyak lemak, sehingga teksturnya juga cenderung lebih padat dan butuh pemasakan dalam waktu lama.

Nah, itu lah beberapa bagian sapi yang lezat, namun jarang diketahui. Mana bagian favoritmu?

Baca Juga: 5 Tips Marinasi Daging Sapi Agar Bumbu Meresap Sempurna & Daging Empuk

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya