Comscore Tracker

5 Tips Agar Makanan Tak Terlalu Berminyak Setelah Digoreng, Catat Ya!

Makanan pun jadi bebas dari minyak yang membandel

Menggoreng merupakan salah satu teknik yang banyak yang digunakan selama memasak. Sesuai namanya, teknik menggoreng sudah tentu menggunakan minyak sebagai bahannya. Kadang kala memang minyak tersebut banyak yang menepel pada makanan sehingga terasa tak nyaman saat dikonsumsi. 

Bila kamu tertarik untuk mengetahui apa saja tips agar makanan tak terlalu berminyak, berikut lima daftarnya. 

1. Celupkan makanan saat minyak benar-benar panas

5 Tips Agar Makanan Tak Terlalu Berminyak Setelah Digoreng, Catat Ya!insider.com

Ketika memulai teknik penggorengan, hal yang perlu kamu perhatikan adalah panas minyaknya. Celupkan bahan makanan saat minyak sudah benar-benar panas. Selain agar prosesnya lebih cepat matang, tentunya minyak yang belum panas dapat membuat bahan makanan mudah menyerap. 

2. Menggunakan api kecil

5 Tips Agar Makanan Tak Terlalu Berminyak Setelah Digoreng, Catat Ya!thespruceeats.com

Pada saat proses penggorengan, pastikan bahwa kamu menggunakan api kecil. Hal ini akan membantu kematangan dari bahan makanan semakin merata. Selain itu, menggunakan api yang terlalu besar justru akan membuat beberapa bagian mudah gosong dan banyak minyak yang terserap oleh makanan. 

3. Tiriskan hingga benar-benar kering

5 Tips Agar Makanan Tak Terlalu Berminyak Setelah Digoreng, Catat Ya!chowhound.com

Pada proses pengangkatan setelah menggoreng, kamu dapat meniriskannya sesaat hingga bahan makanan benar-benar kering. Cara tersebut akan membantu bahan makanan untuk terhindar dari minyak berlebih. Setelah itu, barulah makanan dapat disajikan. 

Baca Juga: 5 Resep Sambal untuk Ayam Goreng, Rasanya Kawin Banget

4. Letakan tisu dapur saat menyimpan makanan

5 Tips Agar Makanan Tak Terlalu Berminyak Setelah Digoreng, Catat Ya!thedailymeal.com

Selain meniriskannya hingga kering, kamu juga dapat meletakan tisu kering pada bagian wadahnya. Tisu dapur akan membantu menyerap sisa-sisa minyak pada makanan. Tentunya dengan begitu, maka tak akan ada lagi kelebihan minyak membandel di dalamnya. 

5. Menggoreng sedikit demi sedikit

5 Tips Agar Makanan Tak Terlalu Berminyak Setelah Digoreng, Catat Ya!tastecooking.com

Seperti yang diketahui bahwa lebih baik menggoreng ketika api sudah cukup panas. Hal ini juga senada dengan alasan mengapa menggoreng harus lah sedikit demi sedikit. Bahan makanan yang digoreng terlalu lama justru hanya akan membuatnya seakan berebut suhu panas, sehingga suhunya pun akan menurun. Bila begitu, maka sudah jelas bahan makanan akan mudah menyerap minyak bila panas api rendah.

Nah, beberapa tips di atas semoga saja dapat membantumu dalam mengurangi kadar minyak dalam makanan selepas menggoreng. Makanan jadi bebas dari minyak, deh! 

Baca Juga: 6 Trik Mudah Menjernihkan Kembali Minyak Goreng Bekas

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya