Comscore Tracker

Serupa Tapi Tak Sama, 5 Perbedaan Mencolok dari Matcha dan Green Tea! 

Sesuatu yang serupa ternyata belum tentu sama ya

Pada beberapa waktu lalu, tren green tea maupun matcha cukup berkembang pesat di Indonesia. Dari mulai makanan berat, minuman, bahkan hingga dessert selalu menggunakan bahan-bahan tersebut agar dapat menarik hati para konsumen. Meski berasal dari daun teh hijau, tetapi tidak berarti keduanya merupakan bahan yang serupa lho. Selalu terdapat beberapa perbedaan yang mencolok antara keduanya. 

Untuk kamu yang penasaran mengenai perbedaan antara green tea dan matcha, berikut daftarnya!

1. Proses pengolahan

Serupa Tapi Tak Sama, 5 Perbedaan Mencolok dari Matcha dan Green Tea! sci-news.com

Jika melihat ke hal yang paling dasar dari proses pengolahan antara keduanya, matcha dan green tea memiliki proses yang berbeda. Pada umumnya matcha akan disimpan dan ditutup selama 20-30 hari sebelum akhirnya dipanen dan dipetik. Sebaliknya, green tea seperti pada umumnya daun teh yang dipetik dan dikeringkan hingga kemudian siap dikonsumsi. 

2. Warna keduanya

Serupa Tapi Tak Sama, 5 Perbedaan Mencolok dari Matcha dan Green Tea! nourishedkitchen.com

Pada saat sebelum proses pengolahan, antara matcha dan green tea memiliki warna yang cukup berbeda. Terlalu lama menyimpan matcha membuat warnanya menjadi jauh lebih gelap dibanding green tea. Namun, setelah proses pengolahan, matcha terlihat lebih berwarna hijau, sementara green tea akan berwarna kekuningan seperti teh pada umumnya. 

Baca Juga: Resep Matcha Tiramisu a la IDN TV Yummy!

3. Tekstur

Serupa Tapi Tak Sama, 5 Perbedaan Mencolok dari Matcha dan Green Tea! healthyalternativespetoskey.com

Bila kamu mencoba untuk menyeduh keduanya, maka kamu akan menemukan sesuatu perbedaan yang mencolok. Pada umumnya matcha akan diolah secepat mungkin dengan tujuan untuk mempertahankan warna hijaunya dengan cara memisahkan antara batang dan urat daun, lalu menumbuk hingga benar-benar halus.

Sementara, green tea akan disajikan dengan bentuk yang kering sehingga akan menyisakan ampas. Jarang sekali ada green tea yang diolah dengan menumbuknya. 

4. Cita rasa

Serupa Tapi Tak Sama, 5 Perbedaan Mencolok dari Matcha dan Green Tea! mydietgoal.com

Meski berasal dari bahan yang serupa, namun hasil dari cita rasa keduanya pun cukup berbeda lho. Matcha pada umumnya akan memiliki rasanya yang sedikit asam, pahit, namun cukup creamy.

Berbeda halnya dengan green tea yang akan meninggalkan rasa sedikit pahit dan asam. Meski matcha memiliki rasa yang lebih bervariasi, namun tidak meninggalkan rasa apapun setelah kita mengonsumsi. 

5. Harga

Serupa Tapi Tak Sama, 5 Perbedaan Mencolok dari Matcha dan Green Tea! kindercare.com

Bila dibandingkan green tea, matcha memiliki rentang harga yang lebih mahal lho. Green tea dapat kamu peroleh dengan harga yang cukup terjangkau. Sebaliknya, matcha memiliki varian harga yang berbeda pada setiap jenisnya. Selain itu, bahkan meminum secangkir matcha diibaratkan meminum tiga cangkir green tea lho. Hal ini tentu saja karena keduanya memiliki manfaat yang berbeda. 

Nah, lima perbedaan mencolok di atas merupakan hal yang dapat kita temukan ketika membandingkan antara matcha dan green tea. Sudah tahu kan perbedaan matcha dan green tea sekarang? 

Baca Juga: Resep Starbucks Green Tea Frappuccino a la IDN TV Yummy!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya