Comscore Tracker

5 Olahan yang Semakin Lezat dengan Tambahan Serai di Dalamnya, Sedap!

Bikin penasaran ingin cicipi cita rasanya

Serai merupakan salah satu bumbu dapur yang sudah cukup populer eksistensinya. Ciri khas utama dari serai adalah bentuknya yang memanjang dan umumnya berwarna hijau apabila masih segar. Biasanya serai banyak dijadikan bahan untuk rebusan atau menanak nasi agar aroma dan cita rasanya semakin lezat. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja olahan yang semakin mantap dengan tambahan serai di dalamnya, berikut lima daftarnya. 

1. Vietnamese grilled lemongrass chicken

5 Olahan yang Semakin Lezat dengan Tambahan Serai di Dalamnya, Sedap!allrecipes.com

Menu ayam rempah yang satu ini menggunakan teknik pembakaran untuk mencapai kematangan yang merata. Olahan khas Vietnam ini juga tak lupa menggunakan aneka rempah yang salah satunya adalah serai agar cita rasa dan aromanya lebih menggugah selera. Hal ini tentu saja didukung dengan bahan-bahan lainnya yang membuat sensasi rasa pada olahan ayam ini meresap hingga ke dalam-dalam. 

2. Vietnamese lemongrass chicken salad

5 Olahan yang Semakin Lezat dengan Tambahan Serai di Dalamnya, Sedap!taste.com.au

Masih dengan olahan khas Vietnam dan ayam sebagai bahannya, olahan ini juga tak kalah menggugah selera. Menu ini bisa disebut dengan salad karena menggunakan beberapa sayuran segar di dalamnya. Meski segar, namun olahan ayam dan dan mi yang digunakan telah ditambah dengan serai agar aroma dan cita rasanya semakin harum, serta lezat. 

Baca Juga: 5 Perbedaan Serai Wangi dan Serai Dapur, Fungsinya Gak Sama Lho!

3. Lemongrass turmeric curry paste

5 Olahan yang Semakin Lezat dengan Tambahan Serai di Dalamnya, Sedap!101cookbooks.com

Olahan yang satu ini lebih cocok disajikan pilihan kuah untuk menu kari buatan rumah. Meski begitu, olahan kari yang digunakan jelas berbeda dari pada kari-kari pada umumnya. Terdapat tambahan kunyit dan serai pada olahan ini sehingga memberikan sensasi rasa dan aroma tersendiri. 

4. Herbed lemongrass broth with shrimp

5 Olahan yang Semakin Lezat dengan Tambahan Serai di Dalamnya, Sedap!foodandwine.com

Pilihan menu yang satu ini sekilas tampak seperti sup dengan kuah yang digunakan. Kuah tersebut sebenarnya merupakan kombinasi antara kaldu yang diberi tambahan serai di dalamnya. Selain itu, terdapat pula potongan jamur, udang utuh, kacang polong, dan beberapa bahan lain sebagai isian dari sup kaldu tersebut. 

5. Ginger-lemongrass choux pastry

5 Olahan yang Semakin Lezat dengan Tambahan Serai di Dalamnya, Sedap!seriouseats.com

Jika biasanya olahan berbahan serai hanya lah menu utama saja, maka menu yang satu ini justru termasuk olahan penutup. Menu ini adalah pastry renyah yang juga disebut sebagai choux. Olahan ini memang renyah di luar, namun lembut di dalam dengan kombinasi rasa khas rempah dari perpaduan serai dan jahe. 

Nah, aneka olahan berbahan serai di atas semoga dapat menjadi rekomendasi menarik untukmu agar semakin tertarik mencicipinya. Mana yang menjadi pilihanmu? 

Baca Juga: Resep Tumis Ayam Serai ala Yummy, Sajian Lezat untuk Makan Malam

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya