Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Iga Sapi yang Tepat dan Benar, Gak Bakal Alot!

Dipadukan dengan aneka rempah semakin memanjakan lidah

Iga adalah salah satu bagian tubuh sapi yang sangat digemari oleh semua orang. Berisikan beberapa potong daging yang masih terbalut tulang, biasanya olahan iga sangat memanjakan lidah dengan teksturnya yang lembut.

Belum lagi, bila dipadukan dengan aneka rempah yang membuatnya semakin memanjakan lidah. Namun, proses pengolahannya harus tepat agar hasilnya juga benar. 

Untuk kamu yang penasaran bagaimana tips mengolah iga sapi, berikut lima daftarnya. 

1. Memilih iga yang tepat 

5 Tips Mengolah Iga Sapi yang Tepat dan Benar, Gak Bakal Alot!snakeriverfarms.com

Disarankan untukmu menggunakan iga sapi muda karena memiliki tekstur yang lebih cepat lembut bila dibandingkan iga sapi tua. Selain itu, pilihlah yang memiliki warna putih susu bila dibandingkan dengan kuning tua. Pastikan bahwa iga pilihanmu memiliki kualitas daging yang baik. 

2. Membersihkan iga sapi terlebih dahulu

5 Tips Mengolah Iga Sapi yang Tepat dan Benar, Gak Bakal Alot!Youtube/BarbecueTricks

Jika akan mulai mengolah iga sapi, kamu dapat mulai membersihkan bagian iga dengan benar. Bersihkan bagian lemak-lemak yang menempel di sekelilingnya dengan menggunakan air mengalir. Namun, bila kamu menggunakan iga sapi beku, maka kamu dapat memindahkannya ke bagian bawah kulkas terlebih dahulu agar lebih mencair. 

Baca Juga: 7 Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Steak, Mana Favoritmu? 

3. Merebus dengan panci biasa

5 Tips Mengolah Iga Sapi yang Tepat dan Benar, Gak Bakal Alot!maangchi.com

Bila kamu hanya memiliki panci biasa di rumah, jangan khawatir sebab kamu tetap dapat menggunakannya. Gunakan api kecil dan biarkan air hingga mendidih. Setelah itu, masukan lah iga sapi dan biarkan selama kurang lebih 2 jam hingga memiliki tekstur yang lunak dan empuk.

Kamu dapat mengangkatnya dan memberikan rempah atau pun langsung memberikan bumbu di dalamnya, namun pastikan air tetap bersih dari kotoran, ya. 

4. Menggunakan panci bertekanan

5 Tips Mengolah Iga Sapi yang Tepat dan Benar, Gak Bakal Alot!cookindineout.com

Bila menggunakan panci bertekanan, maka durasinya dapat lebih dipercepat lagi. Kamu cukup hanya merebusnya selama kurang lebih 30 menit saja hingga olahan igamu dapat lembut dan lunak. Selanjutnya, kamu dapat memulai langkah untuk mengolahnya dengan aneka rempah yang ada. 

5. Sajikan selagi hangat 

5 Tips Mengolah Iga Sapi yang Tepat dan Benar, Gak Bakal Alot!homesicktexan.com

Olahan iga yang masih hangat cenderung juga masih mempertahankan tekstur yang sangat bagus dan lunak. Selain itu, olahan iga yang masih hangat juga memiliki cita rasa yang masih terjaga secara utuh. Sajikan lah selagi hangat agar memiliki rasa yang maksimal. 

Nah, beberapa tips mengolah iga sapi di atas semoga dapat membantumu dalam mengolahnya. Sangat mudah, bukan?

Download aplikasi ide resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Kenali 6 Perbedaan Daging Sapi Asli dan Daging Oplosan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya