Comscore Tracker

Dianggap Sehat, Ternyata 7 Makanan Ini Bisa Memicu Kanker Lho!

Nomor 5 dan 7 gak pernah disangka

Kanker adalah salah satu hal mengerikan yang bisa terjadi pada siapa pun. Makanya, wajar kalau saat ini makin banyak orang yang peduli terhadap pencegahan kanker. Mereka memulai dengan hidup sehat melalui makanan yang dikonsumsinya.

Namun faktanya, beberapa makanan yang dianggap sehat ternyata justru bisa memicu kanker, loh! Apa saja makanan itu? Dilansir dari eatthis.com inilah rangkuman yang sudah IDN Times siapkan untuk kamu tentang makanan-makanan yang menyebabkan kanker. Simak ya!

1. Roti

Dianggap Sehat, Ternyata 7 Makanan Ini Bisa Memicu Kanker Lho!pixabay.com

Sajian yang praktis untuk sarapan ini pada dasarnya mengandung beragam gizi, dari karbohidrat, mineral, zat besi, hingga kalsium dan folat. Kabar buruknya, telah ditemukan roti yang dicampur dengan potassium bromate. Zat kimia tambahan itu sudah diidentifikasi sejumlah organisasi kesehatan sebagai karsinogen (sesuatu yang menyebabkan kanker) potensial bagi manusia.

2. Daging Merah

Dianggap Sehat, Ternyata 7 Makanan Ini Bisa Memicu Kanker Lho!goodfreephotos.com

Tak hanya lezat di lidah, daging merah juga menjadi sumber bermacam-macam gizi. Sebut saja protein dan karbohidrat. Bahkan, kandungannya lebih tinggi daripada daging putih atau daging unggas. 

Akan tetapi, kalian perlu waspada karena daging yang berasal dari ternak besar. Misalnya seperti sapi, kambing, dan babi, karena bisa menjadi karsinogenik ketika diolah dengan tingkat panas atau asam yang tinggi.

3. Tomat Kaleng

Dianggap Sehat, Ternyata 7 Makanan Ini Bisa Memicu Kanker Lho!pexels.com

Sebagai salah satu sumber vitamin C, tomat diyakini mampu menyehatkan tubuh hingga mencegah pembentukan radikal bebas, yang diketahui dapat memicu kanker. Namun, beda cerita kalau kalian doyan makan tomat kalengan.

Pada dasarnya, makanan kaleng tak sepenuhnya sehat, apalagi tomat kalengan. Bisa lebih parah dibanding sekedar makanan kaleng. Pasalnya, tomat punya tingkat keasaman yang tinggi dan lapisan kaleng yang umumnya menggunakan bahan kimia bisphenol-A (BPA). Sehingga bisa membuat makanan ini beracun.

Baca juga: 8 Film Indonesia Tentang Penderita Kanker Ini Bikin Terharu

4. Susu

Dianggap Sehat, Ternyata 7 Makanan Ini Bisa Memicu Kanker Lho!pexels.com

Apa salahnya minum susu? Susu memang ampuh dalam menyuplai kalsium untuk tulang kita, tetapi peneliti telah menemukan hubungan asupan kalsium tinggi dengan kanker prostat. 

Alasannya, susu dan produk susu berkalsium tinggi dapat menurunkan 1,25-dihydroxyvitamin D3 (kalsitriol), yang dikenal secara aktif melindungi para pria dari kanker prostat. 

5. Ikan Salmon 

Dianggap Sehat, Ternyata 7 Makanan Ini Bisa Memicu Kanker Lho!pexels.com

Gizi yang dimiliki ikan salmon pada dasarnya tak main-main. Ada omega-3, vitamin A, protein, dan asam amino. Akan tetapi, ikan salmon yang diternakkan terbukti punya kandungan omega-3 yang lebih rendah. Tak cuma itu, ikan-ikan tersebut juga berpotensi mengandung kadar merkuri, PCB, dan dioxin yang dapat mengaktifkan sel kanker.

6. Minyak Nabati

Dianggap Sehat, Ternyata 7 Makanan Ini Bisa Memicu Kanker Lho!pixabay.com

Minyak yang didapat dari ekstrak berbagai tumbuhan ini sebenarnya punya banyak manfaat. Seperti mengandung omega-3 (dalam minyak kanola dan biji bunga matahari), serta meningkatkan metabolisme (khususnya dalam minyak zaitun). 

Yang perlu kalian tahu, vegetable oil alias hydrogenated oil ini juga memiliki omega-6, yang tak sehat dan mampu mengubah struktur sel manusia sehingga mengarah pada kanker.

7. Buah-buahan

Dianggap Sehat, Ternyata 7 Makanan Ini Bisa Memicu Kanker Lho!pexels.com

Tidak diragukan lagi, buah-buahan adalah salah satu makanan yang dibutuhkan manusia. Yang jadi masalah, buah yang terpapar atau terkontaminasi pestisida dapat menyuburkan bibit-bibit kanker. Mencuci buah sebelum dikonsumsi memang membantu menghilangkan residu tersebut, walaupun tak sepenuhnya bisa.

Demikianlah informasi mengenai makanan yang menyebabkan kanker, padahal makanan tersebut sudah dianggap sehat oleh kita. Semoga dapat menginspirasi dan bermanfaat ya!

Baca juga: Selain Serviks, 10 Kanker Ini Juga Pembunuh Ganas

yummy-banner

Topic:

Just For You