Comscore Tracker

5 Kesalahan Baking Ini Bikin Kue Kempes saat Keluar Oven, Catat!

Pemula wajib pahami, ya! 

Belajar baking tak selalu harus ikut kursus mahal, karena kamu bisa mempelajarinya secara otodidak dari rumah, lho. Cukup bermodalkan internet, kamu langsung bisa mendapatkan banyak referensi untuk belajar baking

Namun, tak jarang banyak pemula yang kerap kali gagal saat mulai belajar baking. Umumnya kendala yang dihadapi adalah kue yang susah mengembang. Kira-kira apa saja faktor yang menyebabkan kue kempes saat baru keluar oven? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Kualitas bahan dan takaran tidak sesuai

5 Kesalahan Baking Ini Bikin Kue Kempes saat Keluar Oven, Catat!ilustrasi bahan untuk adonan kue (pexels.com/Los Muertos Crew)

Saat kamu belajar baking dari internet, usahakan untuk selalu teliti dalam menyiapkan bahan yang diperlukan. Pilihlah bahan yang memang berkualitas bagus agar mendapat hasil baking yang sempurna. 

Selain itu, takaran bahan juga perlu diperhatikan. Sebab, perhitungan bahan sangat menentukan hasil baking. Kalau kamu salah memperkirakan takarannya bisa jadi hasil kue malah gagal atau hasilnya kurang maksimal. 

2. Baking powder sudah tidak aktif

5 Kesalahan Baking Ini Bikin Kue Kempes saat Keluar Oven, Catat!ilustrasi baking powder (freepik.com/partystock)

Baking powder sebagai bahan utama untuk mengembangkan kue perlu diperhatikan kualitasnya. Jangan sampai kamu menggunakan baking powder yang sudah rusak, sebab akan membuat kue susah mengembang. 

Jika kamu menggunakan baking powder yang sudah terbuka, cek dulu apakah masih bisa digunakan. Caranya adalah dengan memasukkan baking powder ke dalam segelas air hangat. Jika masih dalam kondisi bagus, maka akan muncul gelembung udara. Namun, jika gelembung yang muncul sedikit lebih baik jangan digunakan, ya. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Resep untuk Baking, Yuk Bikin Kue!

3. Waktu mengaduk adonan terlalu lama

5 Kesalahan Baking Ini Bikin Kue Kempes saat Keluar Oven, Catat!ilustrasi mengaduk adonan dengan mixer (pexels.com/SHVETS production)

Kamu mungin kadang berpikir mengaduk adonan lebih lama bisa membuat semua bahan tercampur rata, bukan? Eits, anggapan seperti ini ternyata salah, lho. Lalu, Kira-kira berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengaduk adonan agar hasil baking bagus? 

Sebetulnya tidak ada waktu pasti seberapa lama waktu yang diperlukan untuk mengaduk adonan. Sebab, hal ini bergantung pada penggunaan alat dan kondisi bahan yang digunakan. Untuk itu, ikuti panduan dari buku resep yang kamu gunakan dengan teliti. Jangan sampai asal mengaduk adonan sehingga hasilnya pun malah gagal. 

4. Salah saat mengatur suhu oven

5 Kesalahan Baking Ini Bikin Kue Kempes saat Keluar Oven, Catat!ilustrasi mengatur suhu oven (freepik.com/fabrikasimf)

Selanjutnya, memperhatikan suhu oven sangatlah penting untuk hasil kue yang bagus. Teknik memanggang yang salah bisa menjadi salah satu faktor yang membuat kue susah mengembang.

Untuk itu, jangan mengatur suhu terlalu tinggi saat memanggang kue, apalagi kue chiffon atau sponge cake. Hal ini akan membuat kue lebih cepat mengembang dan warnanya berubah kecoklatan. 

Alhasil, saat dikeluarkan dari oven, maka kue pun langsung susut dan kempes. Hal ini terjadi akibat bagian dalamnya masih lemah dan belum cukup kokoh untuk menopang ronga-rongga yang terbentuk. 

5. Tidak mengecek kematangan kue secara berkala

5 Kesalahan Baking Ini Bikin Kue Kempes saat Keluar Oven, Catat!ilustrasi memanggang kue dalam oven (freepik.com/unihuizifotografi)

Terkait kesalahan saat mengatur suhu oven yang terlalu panas sehingga membuat kue cepat mengembang, untuk itu kamu perlu mengecek kematangan secara berkala. Lakukan tes tusuk terlebih dahulu saat ingin mengeluarkan kue, jika tidak ada adonan yang menempel berarti kue sudah matang sempurna. 

Selain itu, hindari juga terlalu sering membuka pintu oven. Jika ingin mengecek kematangan kue, usahakan paling tidak membuka oven ketika sudah memasuki setengah dari waktu pemanggangan kue. Sebab, saat dibuka terlalu sering suhu oven bisa turun 10-25 derajat Celsius sehingga mengakibatkan proses pemanggangan kue gagal. 

Itulah 5 kesalahan yang menjadi faktor utama kue susah mengembang setelah dipanggang. Usahakan untuk menghindari kesalahan diatas agar hasil kue buatanmu bagus, ya. 

Baca Juga: 5 Perbedaan Baking Powder & Baking Soda, Jangan Salah Lagi

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya