Comscore Tracker

5 Aneka Olahan Sambal Tumpang dari Berbagai Daerah, Enak dan Maknyus!

Sambal tumpang yang pedas gurih, mantap!

Sambal tumpang merupakan salah satu sambal yang terkenal di berbagai daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sambal tumpang terbuat dari campuran tempe semangit atau tempe bosok (tempe yang sudah lama) dicampur dengan tempe baru, kemudian diramu dengan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, lengkuas, santan, gula, garam, dan lainnya.

Cita rasa sambal tumpang sangat khas dari tempe semangitnya, ditambah rasa gurih-pedas dari rempah-rempah, menambah kenikmatan sambal tumpang. Nah, di berbagai daerah sambal tumpang dapat diolah secara berbeda-beda, lho. Seperti apa lima olahan sambal tumpang di berbagai daerah? Yuk, simak artikel ini!

1. Pecel tumpang khas Kediri 

5 Aneka Olahan Sambal Tumpang dari Berbagai Daerah, Enak dan Maknyus!instagram.com/e_ndro

Jika sedang melancong ke Kediri dan sekitarnya, tak lengkap rasanya jika belum makan kuliner khas Kediri yang bernama pecel tumpang. Pecel tumpang merupakan nasi pecel yang ditambah sambal tumpang. Seporsi pecel tumpang terdiri dari nasi putih, aneka rebusan sayuran seperti sawi, kangkung, kacang panjang, kenikir, dan taoge, lalu ditambah daun kemangi segar. Nasi dan sayur-sayuran tersebut disiram sambal pecel yang manis pedas, lalu disiram juga dengan sambal tumpang.

Sensasi manis pedas sambal pecel berpadu dengan gurihnya sambal tumpang, dan ditambah dengan tekstur nasi dan sayuran yang memanjakan lidah, satu piring penuh kebahagian. Jika kalian berencana ke Kediri, jangan pernah lewatkan makan lezat satu ini.

2. Bubur tumpang khas Solo 

5 Aneka Olahan Sambal Tumpang dari Berbagai Daerah, Enak dan Maknyus!instagram.com/makananpecinta

Beralih ke Jawa Tengah, di Kota Solo dan sekitarnya, pasti familier dengan bubur tumpang. Bubur gurih yang terbuat dari beras, diberi rebusan sayuran seperti bayam, kacang panjang, dan taoge, lalu disiram dengan sambal tumpang yang berkuah, nikmat untuk dimakan apalagi jika masih pagi. Bubur tumpang biasanya disajikan dengan berbagai lauk seperti tempe, tahu, satai telur puyuh, rempeyek dan kerupuk gendar. Rasa yang nikmat, mantap, dan maknyus!

Baca Juga: Resep Mudah Membuat Sambal Tumpang Khas Kediri, Rasanya Sedap!

3. Nasi tumpang khas Boyolali 

5 Aneka Olahan Sambal Tumpang dari Berbagai Daerah, Enak dan Maknyus!instagram.com/ thoric.idn

Bergeser ke tetangga Kota Solo, yaitu Boyolali, di sini bubur tumpang juga terkenal, tapi ada olahan tumpang lain yang tak kalah lezatnya, yaitu nasi tumpang. Nasi tumpang tak jauh berbeda dari bubur tumpang, hanya saja olahan berasnya berbeda, yang satu bubur, yang satunya nasi. Selain di Boyolali, nasi tumpang juga bisa ditemui di daerah sekitarnya seperti Solo, Sukoharjo, dan Karanganyar.

Nasi tumpang terdiri, dari nasi yang diberi aneka rebusan dan disiram sambal tumpang yang gurih pedas. Sambal tumpang pada nasi tumpang, tidak terlalu berkuah bila dibandingkan bubur tumpang.

Mau nasi tumpang atau bubur tumpang, keduanya direkomendasikan untuk dinikmati, apalagi jika untuk sarapan dan disantap saat keadaan panas.

4. Tumpang koyor khas Salatiga 

5 Aneka Olahan Sambal Tumpang dari Berbagai Daerah, Enak dan Maknyus!instagram.com/ikkeputria

Masih di provinsi Jawa Tengah, Salatiga juga punya olahan tumpang sendiri, namanya adalah tumpang koyor. Tumpang koyor adalah sambal tumpang yang dipadukan dengan koyor sapi. Jadi, pada sambal tumpangnya selain tempe semangit ada juga campuran daging sapi dengan lemak sandung lamur.

Kuah dari tumpang koyor cenderung kental. Perpaduan keduanya tentu menambah cita rasa gurih dan sedap yang semakin mantap. Sambal tumpang koyor ini bisa langsung dinikmati dengan nasi putih hangat atau bubur beras, lalu ditambah sayuran rebus, mi, dan lauk pauk lain. Lezat!

5. Sambal tumpang tahu telur

5 Aneka Olahan Sambal Tumpang dari Berbagai Daerah, Enak dan Maknyus!instagram.com/twietamie

Jika biasanya sambal tumpang dibuat dari campuran tempe semangit dan tempe baru yang kemudian diramu dengan berbagai bumbu, ada lagi kreasi lain dari sambal tumpang, yaitu sambal tumpang tahu telur. Seperti namanya, tahu telur rebus dimasak bersamaan dengan sambal tumpang. Sambal tumpang seperti ini bisa dijumpai di berbagai daerah di provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sambal tumpang ini lebih mantap lagi jika disajikan dengan krecek dan nasi hangat. Wah, jadi ingin mencoba!

Ternyata dari berbagai daerah juga punya olahan sambal tumpang tersendiri ya. Walaupun bahannya dari tempe basi, tapi jangan remehkan nikmatnya sambal tumpang. Dari lima hidangan di atas, ada yang sudah kalian coba?

Baca Juga: Resep Tahu Telur Sambal Tumpang Khas Jawa, Pedasnya Bikin Nambah Terus

Wanudya A Photo Verified Writer Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya