Comscore Tracker

5 Serba-Serbi Sate Kere, Sate Khas Solo yang Unik dan Legendaris

Sate populer dan unik yang ada sejak zaman penjajahan

Sate menjadi kuliner yang banyak ditemui di Indonesia, beberapa daerah memiliki sate khas-nya sendiri, seperti sate ponorogo, sate madura, sate padang, sate lilit, sate buntel, dan lainnya.

Di Solo terdapat satu sate yang berbeda dari daerah lain yaitu sate kere. Sate ini tidak hanya terdiri dari daging, tapi ada juga jeroan dan tempe gembusnya. Penganan satu ini cukup populer di Solo dan sekitarnya, dan menjadi salah satu destinasi kuliner jika berkunjung ke Solo. Nah, seperti apa serba-serbi dari sate kere khas Solo ini. Simak artikel berikut ya!

1. Asal usul sate kere adalah dari kreativitas rakyat Solo saat masa pendudukan Belanda  

5 Serba-Serbi Sate Kere, Sate Khas Solo yang Unik dan LegendarisSate kere yang terbuat dari jeroan sapi. (instagram.com/solodelicious)

Kere dalam Bahasa Jawa artinya miskin atau tidak punya uang. Hal ini didasarkan pada zaman pendudukan Belanda, rakyat pribumi ingin menyantap sate, namun tidak mampu untuk membeli daging, karena daging adalah makanan mewah yang hanya disantap oleh kaum priyayi dan bangsa kolonial.

Dari situ, kreativitas warga pribumi Solo muncul, mereka menciptakan sate dengan bahan yang mereka miliki. Akhirnya, lahirlah sate kere dengan bahan tempe gembus, yang terbuat dari ampas pembuatan tahu, atau jeroan sapi, sebagai pengganti daging. Sate tersebut disiram dengan bumbu kacang. Sekarang ini sate kere bisa dinikmati oleh semua kalangan.

2. Isian sate kere tidak hanya menggunakan daging-dagingan 

5 Serba-Serbi Sate Kere, Sate Khas Solo yang Unik dan LegendarisSate kere khas Solo yang berisi tempe gembus dan jeroan sapi. (instagram.com/dhikanov)

Seperti asal-usulnya, sate kere terdiri dari tempe gembus dan aneka jeroan. Jeroan yang dipakai sate kere bisa beraneka macam, seperti hati, babat, usus, atau paru, ada juga ditambahkan dengan potongan daging agar lebih nikmat. 

Tempe gembus dimasak bersama dengan bumbu bacem terlebih dahulu, sebelum dibakar. Seperti halnya sate pada umumnya, sate kere disajikan dengan bumbu kacang yang pedas manis dan gurih. 

Baca Juga: 6 Aneka Kuliner Olahan Daging dari Kota Solo, Lezat dan Bikin Nagih!

3. Untuk membuat sate kere, tempe gembus dimasak dulu agar memberi cita rasa lezat

5 Serba-Serbi Sate Kere, Sate Khas Solo yang Unik dan LegendarisSate kere terdiri dari tempe gembus dan jeroan sapi. (instagram.com/kyirfano)

Pertama, jeroan sapi yang akan dijadikan sate direbus terlebih dahulu hingga empuk. Setelah itu baru dipotong-potong dan dimasukkan. Sementara itu, tempe gembus dipotong-potong dadu lalu dimasak dengan bumbu bacem.

Bumbu bacem terdiri dari kemiri, ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, gula, garam, jahe, gula merah, dan asam jawa. Bumbu bacem yang telah dihaluskan tersebut ditumis hingga harum kemudian masukkan daun salam, serai, dan daun jeruk lalu diaduk lagi.

Setelah itu masukkan potongan tempe, beri santan, dan masak hingga matang, bumbu meresap, dan mengental. Setelah itu, tempe yang sudah berbumbu tersebut ditusuk dengan tusuk sate, dan siap untuk dibakar. Setelah semua komponen sate dibakar, sate disajikan bersama dengan bumbu kacang yang nikmat.

4. Sate kere bisa dimakan langsung atau didampingi makanan lain  

5 Serba-Serbi Sate Kere, Sate Khas Solo yang Unik dan LegendarisSate kere biasanya disajikan bersama lontong, irisan bawang, dan cabai. (instagram.com/yohanesnataluky)

Sate kere bisa disajikan sebagai camilan atau bisa disajikan sebagai lauk-pauk. Satu porsi sate kere komplit terdiri dari potongan lontong, sate kere yang disiram bumbu kacang, kemudian diberi taburan irisan bawang merah dan cabai.

Bumbu bacem yang digunakan untuk memasak tempe gembus membuat cita rasa sate kere manis dan gurih, ditambah dengan gurih dan kenyalnya jeroan-jeroan sapi. Komponen satu berpadu dengan manis-gurihnya sambal kacang dan segarnya irisan cabai dan bawang merah. Lebih kenyang lagi bila disantap dengan lontong.

5. Warung makan sate kere di Solo bisa menjadi destinasi wisata kuliner 

5 Serba-Serbi Sate Kere, Sate Khas Solo yang Unik dan LegendarisSate kere dari Warung Sate Kere Mbak Tug. (instagram.com/amazingindonesiafood)

Sate kere menjadi kuliner yang cukup populer di Solo, mulai dari kaki lima hingga rumah makan. Beberapa tempat makan yang bisa kalian kunjungi di Solo untuk menyantap sate kere, seperti:

  • Warung Sate Kere Yu Rebi (Jalan Kebangkitan Kios 1-2, Sriwedari, Laweyan, Solo)
  • Warung Sate Kere Mbak Tug (Jalan Arifin Nomor 63, Jebres, Solo)
  • Warung Sate Kere Mbah Ranu  (Jalan Popda 1, Banjarsari, Nusukan, Solo)
  • Warung Sate Kere Mbah Yem (Jalan Sukereno, Serengan, Solo).

Satu porsi sate kere komplit dengan lontong, bawang merah, dan cabai, bisa dibanderol dengan harga sepuluh ribu hingga tiga puluh ribu. Satu piring penuh kenikmatan!

Nah, itulah lima serba-serbi sate kere khas Solo. Jika suatu hari dapat berkunjung ke Solo, jangan lupa untuk mencicipi lezatnya sate kere, ya!

Baca Juga: 5 Kuliner Solo yang Mulai Dilupakan oleh Penikmatnya, padahal Enak!

Wanudya A Photo Verified Writer Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya