Comscore Tracker

Berani Coba 7 Makanan Aneh Khas Indonesia Ini? Enak Lho

Orang-orang bilang rasanya enak...

Indonesia itu negara besar dari Sabang hingga Merauke dengan berbagai macam jenis kuliner yang ada. Beberapa makanan khas Indonesia ini baik dari bentuk, bahan yang digunakan ataupun cara penyajiannya menggunakan bahan yang aneh. Walaupun begitu, para penikmat kuliner ini banyak lho dan mereka bilang rasanya juga enak. Kamu berani coba? Berikut ini makanan aneh asli Indonesia.

1. Rempeyek Laron.

Berani Coba 7 Makanan Aneh Khas Indonesia Ini? Enak Lhowww.perutgendut.com

Saat awal-awal musim hujan, kamu pernah melihat orang menaruh baskom berisi air di bawah lampu? Nah baskom berisi air itu digunakan untuk menangkap laron-laron yang sedang berkeliaran mengelilingi lampu. Terus laron itu buat apa? Nah asal kamu tahu, laron yang terkumpul tadinya itu bisa digunakan untuk membuat rempeyek. Untuk membuatnya juga mudah. Sama seperti rempeyek biasa hanya saja berisi tambahan bahan ekstra yaitu laron tadi. Mau coba? Lumayan lho buat menghemat biaya beli lauk harian.

2. Belalang Goreng.

Berani Coba 7 Makanan Aneh Khas Indonesia Ini? Enak Lhotapakgeni.blogspot.co.id

Kalau di kota mungkin sudah susah untuk bisa menemukan belalang. Tapi lain lagi ceritanya di sekitaran Gunung Kidul, Yogyakarta. Di sini selain bisa menemukan belalang yang masih hidup, kamu juga bisa menemukan yang sudah dimasak lho. Biasanya belalang-belalang ini digoreng kering. Orang bilang sih rasanya crunchy-crunchy seperti kripik gitu.

3. Kelelawar Panggang.

Berani Coba 7 Makanan Aneh Khas Indonesia Ini? Enak Lhodaftarwisatajogja.blogspot.co.id

Kebayang gak gimana rasanya makan kelelawar? Kayaknya menangkap hewan satu ini saja susah deh. Apalagi buat dijadikan sebagai hidangan dengan cita rasa tersendiri. Tapi jika kamu bisa menangkap yang satu ini, boleh deh dicoba buat dipanggang. Cuman karena baunya amis, daging kelelawar harus direndam dengan santan terlebih dahulu ya.

4. Tikus Panggang

Berani Coba 7 Makanan Aneh Khas Indonesia Ini? Enak Lhohttp://onewebid.blogspot.co.id

Ada yang rumahnya banyak tikus? Mau dicoba dijadikan tikus panggang? Mending jangan deh. Tikus panggang yang dihidangkan di sini bukan tikus rumahan ataupun tikus got yang biasa kamu lihat. Karena kalau tikus rumahan ataupun tikus got telah terkontaminasi sama banyak penyakit. Sedangkan daging tikus panggang yang bisa kamu temukan di daerah Sulawesi Utara, yakni Manado ini, menggunakan tikus hutan dan sawah yang masih alami dan tidak tercemar.

Makanan ini biasanya dihidangkan bersama bumbu spesial dan mentega yang membuatnya gurih layaknya daging ayam.

5. Ulat Sagu.

Berani Coba 7 Makanan Aneh Khas Indonesia Ini? Enak Lhowww.superadventure.co.id

Ulat sagu merupakan makanan khas masyarakat Papua khususnya suku Kamoro. Ulat sagu ini bisa ditemukan pada pohon sagu yang sudah mati. Selain terdapat pada pohon sagu, binatang lunak ini juga dapat ditemukan pada pohon kelapa yang sudah mati. Biasanya ulat sagu ini dimakan mentah-mentah dan dipercaya mengandung vitamin yang tinggi. Mau mencicipi?

6. Jus Cacing Tanah.

Berani Coba 7 Makanan Aneh Khas Indonesia Ini? Enak Lhowww.omtani.com

Cacing tanah konon katanya mengandung protein yang tinggi. Hanya saja cara penyajiannya tidak langsung dimakan mentah-mentah, melainkan bisa dengan cara dijus. Jika kamu pernah terserang penyakit tifus, mungkin secara tidak langsung kamu pernah makan hewan yang satu ini. Cacing tanah ini diolah dengan cara dikeringkan terlebih dahulu lalu dijadikan serbuk dan dibuat menjadi jus. Kalau tahu jus yang kamu minum itu dari cacing tanah, masih mau meminumnya?

7. Lawar.

Berani Coba 7 Makanan Aneh Khas Indonesia Ini? Enak Lhotripnwrite.blogspot.co.id

Makanan yang satu ini merupakan makanan khas orang Bali. Biasanya disajikan dan dibuat pada saat upacara agama. Lawar merupakan hidangan campuran antara sayuran buah nangka dan daging babi yang diisi bumbu olahan Bali.

Lawar sendiri biasanya menggunakan daging dan sayuran yang dimasak hanya setengah matang sebelum selanjutnya dicampurkan dengan darah babi segar sebagai pewarna merah dari hidangan ini.

Sudah pada ngiler belum? Semua makanan ini rasanya enak semua lho. Sebelum kamu mencoba kuliner luar negeri, mending coba beberapa makanan khas Indonesia ini dulu deh!

wayan Photo Writer wayan

Ingin berbagi dan mengetahui banyak hal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya