Comscore Tracker

Unik, Ini 5 Makanan Khas untuk Festival Hari Kematian di Meksiko

Memiliki arti dan bentuk yang sesuai dengan makna festival

"Hari Kematian" atau "Dia de Los Muertos" adalah festival yang dirayakan untuk mengenang keluarga yang sudah meninggal di Meksiko. Festival ini dirayakan pada tanggal 1 hingga 2 November setiap tahunnya. 

Pada acara festival ini berlangsung, masyarakat Meksiko biasanya akan menghias rumah mereka masing dan memasak berbagai macam makanan khas untuk hari tersebut. Makanan - makanan ini biasanya akan dimakan oleh masyarakat Meksiko sendiri dan juga dipersembahkan di pemakaman.

1. Roti pan de muertos

Unik, Ini 5 Makanan Khas untuk Festival Hari Kematian di Meksikobakemag.com

Pan de muertos adalah roti yang selalu disiapkan untuk dihidangkan dan disantap saat festival Hari Kematian. Roti ini merupakan satu bagian penting dari festival dan harus ada selama festival berlangsung. Hal ini karena roti ini seperti lambang dari kerabat yang sudah meninggal.

Roti ini biasanya berbentuk bulat yang terbuat dari manisan jeruk. Pada bagian atas roti dibentuk menyerupai tulang dan diberi taburan gula atau biji wijen. Meskipun roti ini umumnya menjadi makanan untuk hari kematian, tetapi roti ini juga sudah dijual di toko roti pada hari biasa karena banyak disukai oleh orang Meksiko sendiri ataupun turis.

2. Tamales

Unik, Ini 5 Makanan Khas untuk Festival Hari Kematian di Meksikothespruceeats.com

Tamales berasal dari kata "tamalli" dari suku Aztec yang berarti "dibungkus". Tamales merupakan tradisional Meksiko yang terbuat dari adonan tepung jagung dan beberapa jenis isian yang dibungkus dengan kulit jagung atau daun pisang, dan kemudian dikukus. 

Tamales merupakan hidangan yang disantap saat melewati malam pada saat perayaan Hari Kematian. Makanan ini biasanya dimakan beramai - ramai, dan dimasak dengan jumlah yang banyak sekaligus di dalam pemanggangan bawah tanah. 

Baca Juga: Ah Mi Amor! 8 Fakta Unik Hari Kematian di Meksiko, Dia de Los Muertos

3. Calaveras

Unik, Ini 5 Makanan Khas untuk Festival Hari Kematian di Meksikooprahmag.com

Makanan khas untuk festival Hari Kematian selanjutnya adalah calaveras atau sugar skulls. Calaveras memiliki arti tengkorak gula. Makanan ini berbentuk menyerupai tengkorak kepala manusia. Makanan ini merupakan simbol hidup dan mati, yang biasanya diletakkan di atas altar. 

Calaveras terbuat dari pasta gula yang diukir menjadi bentuk menyerupai tengkorak, dan diberi warna - warna yang cukup terang. Setiap warna yang digunakan pada makanan ini memiliki arti masing - masing. Warna merah memiliki arti darah, ungu berarti nyeri, kuning berarti alam, dan warna oranye untuk melambangkan matahari.

4. Calabaza en tacha

Unik, Ini 5 Makanan Khas untuk Festival Hari Kematian di Meksikogoya.com

Calabaza en tacha atau manisan labu khas Meksiko, yang merupakan makanan pencuci mulut pada saat perayaan Hari Kematian. Makanan ini terbuat dari labu yang sudah tua, dan dimasak hingga lembut dengan menambahkan gula merah dan kayu manis. Makanan ini juga biasanya disajikan dengan tambahan es krim atau krim yang nikmat. Makanan ini juga selalu diletakkan di atas altar pada saat festival Hari Kematian berlangsung.

5. Salad fiambre

Unik, Ini 5 Makanan Khas untuk Festival Hari Kematian di Meksikogrowingupbilingual.com

Salah satu tradisi kegiatan keluarga selama perayaan Hari Kematian adalah membuat salad fiambre. Salad ini dibuat dalam jumlah yang banyak, yang berisi berbagai macam keju, potongan daging dingin, dan acar sayuran. 

Semua bahan untuk membuat salad ini dibagikan pada keluarga yang berkumpul untuk mengunjungi pemakaman kerabat yang sudah meninggal. Saat di pemakaman semua bahan untuk membuat salad akan dicampur menjadi satu.

Setelah membaca artikel di atas, sekarang kamu sudah tahu makanan khas yang dihidangkan ketika festival Hari Kematian di Meksiko berlangsung. Jadi di antara semuanya, kamu tertarik ingin mencoba yang nih?

Baca Juga: 9 Saus Salsa Khas Meksiko Bercita Rasa Autentik, Wajib Kamu Coba!

yesica verawaty sitinjak Photo Verified Writer yesica verawaty sitinjak

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya