Comscore Tracker

5 Bahaya Konsumsi Miras Oplosan buat Tubuh, Bisa Sebabkan Kematian Lho

Minum air putih lebih sehat....

Meski telah dibatasi peredarannya oleh pemerintah, miras alias minuman keras masih bisa didapatkan didapatkan dengan mudah. Demi merasakan efek serupa alkohol murni dengan harga terjangkau, beberapa masyarakat mengoplos miras rela mengoplos miras.

Padahal, kebanyakan miras oplosan mengandung metanol yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Metanol dioksidasi tubuh menjadi formaldehid (formalin) yang kemudian dimetabolisme menjadi asam format.

Kandungan asam format tersebut menyebabkan berbagai efek bahaya pada tubuh. Beberapa efek berbahaya miras oplosan antara lain sebagai berikut:

1. Keracunan

5 Bahaya Konsumsi Miras Oplosan buat Tubuh, Bisa Sebabkan Kematian Lhoalodokter.com

Keracunan merupakan salah satu efek buruk yang terjadi akibat mengonsumsi minuman keras oplosan. Seseorang yang keracunan bisa mengalami gangguan sistem pernapasan, gangguan denyut jantung, maupun perubahan suhu tubuh secara drastis. Kalau keracunan ini tidak segera ditangani, bisa menyebabkan kematian.

2. Terkena pankreatitis akut

5 Bahaya Konsumsi Miras Oplosan buat Tubuh, Bisa Sebabkan Kematian Lhorebelcircus.com

Mengonsumsi miras oplosan bisa menyebabkan peradangan di dalam pankreas. Peradangan tersebut menghasilkan rasa nyeri hebat di perut bagian atas. Kalau tidak segera ditangani, bisa terjadi kerusakan permanen pada jaringan pankreas.

3. Gangguan penglihatan

5 Bahaya Konsumsi Miras Oplosan buat Tubuh, Bisa Sebabkan Kematian Lhounsplash.com/Hermes Rivera

Metanol yang terkandung dalam miras oplosan memiliki efek racun pada saraf penglihatan. Sering mengonsumsi miras oplosan bisa menyebabkan gangguan mata yang sulit diobati. Bahkan, gangguan ini bisa bersifat permanen pada penderitanya.

Baca Juga: 7 Makanan Ini Berbahaya jika Dikonsumsi dengan Keju, meskipun Enak Sih

4. Sirosis hati

5 Bahaya Konsumsi Miras Oplosan buat Tubuh, Bisa Sebabkan Kematian Lhohellosehat.com

Sirosis hati merupakan kondisi terjadinya kerusakan pada hati akibat terbentuknya jaringan parut. Jaringan tersebut menghambat aliran darah yang melewati hati. Akibatnya kinerja hati menjadi terganggu.

Konsumsi miras oplosan menyebabkan sirosis hati. Dampaknya, fungsi hati akan terhenti dan menyebabkan kematian.

5. Penyusutan otak

5 Bahaya Konsumsi Miras Oplosan buat Tubuh, Bisa Sebabkan Kematian Lhounsplash.com/Nik Shuliahin

Kebiasaan mengonsumsi miras oplosan juga mempengaruhi kinerja otak, lho. Kemampuan berpikir, mengingat, serta belajar menjadi terganggu.

Seseorang yang baru mengonsumsi miras dalam jumlah banyak tentu akan kesulitan mengontrol gerakan tubuhnya. Misalnya mereka akan berjalan sempoyongan dan kehilangan kontrol atas tubuhnya.

Kebiasaan mengonsumsi alkohol tentu berdampak buruk bagi tubuh, apalagi miras oplosan mengandung bahan berbahaya. Sebaiknya hindari mengonsumsinya ya, daripada terjadi sesuatu yang tidak diinginkan!

Baca Juga: 6 Bahaya Minum Minuman Bersoda, Tubuh Bisa Rusak Lho!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya